Jenis-jenis Fondasi Rumah

fondasi rumah

Fungsi fondasi adalah untuk menyalurkan beban lantai dan beban struktur bangunan pada tanah yang ada di bawahnya. Maka pemilihan fondasi yang tepat untuk bangunan sangat penting karena berpengaruh pada kekuatan, stabilitas dan kinerja bangunan secara keseluruhan. Fondasi yang baik mempunyai kemampuan untuk tahan pada terpaan bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan lainnya.

Fondasi Adalah: Jenis-jenis Fondasi Bangunan yang Umum Digunakan

Untuk membangun fondasi bangunan setidaknya harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Seperti misalnya membuat fondasi adalah yang bisa mengikuti gerakan tanah, bisa menahan gangguan unsur kimiawi dan menahan tekanan air yang sangat dinamis. Berikut ini jenis fondasi bangunan beserta macamnya sesuai kebutuhan bangunan :

1. Fondasi Dangkal

Jenis fondasi yang biasanya digunakan untuk bangunan gedung yang mempunyai beban bangunan yang ringan hingga sedang. Fondasi ini juga harus memiliki alas penampang tanah yang memiliki daya dukung yang baik sehingga bangunan tetap berdiri kokoh di atas fondasi. Adapun jenis fondasi adalah terdiri dari beberapa macam fondasi diantaranya :

  • Fondasi tipe plat, berbentuk lempengan beton besar yang menyebar di seluruh area bawah bangunan
  • Fondasi telapak, fondasi dangkal dengan bentuk bulat atau persegi yang dipakai untuk menopang beban tiang atau kolom secara langsung
  • Fondasi footing, fondasi dengan bentuk balok beton sempit dan panjang yang dipakai untuk mendukung tiang penyangga atau dinding bangunan

2. Fondasi Dalam

Jenis fondasi ini digunakan pada saat kondisi tanah di bagian bawah bangunan tak bisa mendukung pondasi dangkal atau beban gedung dinilai sangat berat. Beberapa macam jenis fondasi dalam diantaranya :

  • Fondasi tiang pancang untuk mencapai lapisan dengan daya dukung yang kuat
  • Fondasi tiang bor yang dibuat dengan mengebor tanah
  • Fondasi caisson yang berbentuk struktur berongga
  • Fondasi tiang Franki yang dibuat dengan cara menancapkan alat khusus dengan tekanan tinggi

3. Fondasi Melayang

Jenis fondasi adalah yang banyak digunakan untuk tanah kurang stabil dan lunak. Fondasi ini memiliki bentuk menyebar di atas permukaan tanah dan mengambang.

4. Fondasi Kombinasi

Jenis fondasi yang pembuatannya dilakukan dengan menggabungkan dua atau lebih jenis fondasi agar beban bangunan bisa terdistribusi secara merata.

Itulah beberapa jenis fondasi yang banyak digunakan untuk berbagai jenis bangunan umum maupun pribadi. Fondasi adalah bagian penting dari sebuah bangunan yang harus diperhatikan pemilihannya dengan tepat sekaligus dibuat sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Bentuk Rumah Masa Kini yang Sedang Populer

Fondasi Adalah Bagian yang Vital!

Anda bisa mempercayakan pembuatan fondasi rumah pada tukang bangunan terpercaya sehingga bisa memilih jenis fondasi yang tepat sesuai kebutuhan.

Mau order jasa tukang bangunan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan