Ukuran Hebel dan Keunggulannya

hebel

Produk material bangunan hebel terbuat dari berbagai campuran bahan meliputi semen, air, batu kapur, pasir silika, gypsum hingga aluminium bubuk. 

Setelah semua bahan tersebut dicampur, selanjutnya hebel akan diproses lanjut dengan cara dipanaskan pada tekanan tinggi dengan menggunakan alat autoclave. Ukuran hebel atau bata ringan ini tersedia dalam berbagai ukuran sehingga bisa dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan interior maupun eksterior.

Ukuran Hebel dan Keunggulannya

Secara umum, hebel tersedia dalam 2 jenis ukuran yaitu ukuran standar dan ukuran jumbo. Hebel banyak dijual dengan ukuran per meter persegi atau per kubik. Di pasaran sendiri sudah tersedia berbagai jenis ukuran bata ringan atau hebel sehingga bisa dipilih untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Adapun rincian ukuran hebel yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran produk hebel dengan ketebalan 7,5 cm memiliki panjang 60 cm dan lebar 20 cm
  2. Ukuran produk hebel dengan ketebalan 10 cm memiliki panjang 60 cm dan lebar 20 cm
  3. Ukuran produk hebel dengan ketebalan 12,5 cm  memiliki panjang 60 cm dan lebar 20 cm
  4. Ukuran produk hebel dengan ketebalan 15 cm memiliki panjang 60 cm dan lebar 20 cm
  5. Ukuran produk hebel dengan ketebalan 20 cm memiliki panjang 60 cm  dan lebar 20 cm

Ukuran hebel yang paling banyak digunakan adalah yang memiliki ketebalan 7,5 cm dan 10 cm. Untuk menghitung kebutuhan jumlah hebel dilakukan perhitungan, untuk kebutuhan hebel per kubik dengan ukuran standar ketebalan 7,5 dibutuhkan 111 buah hebel. Sedangkan untuk hebel dengan ketebalan 10 cm dibutuhkan sejumlah hebel sebanyak 83 potong.

Baca Juga: Tips Cari Tukang Bangunan Harian

Dengan Ukuran Hebel yang Tepat, Keunggulannya Apa Saja?

Keunggulan penggunaan hebel untuk konstruksi bangunan rumah diantaranya adalah:

  • Bobot dan ukuran hebel yang lebih ringan daripada bobot beton konvensional karena memiliki struktur yang berpori
  • Hebel diketahui memiliki kekuatan yang setara dengan beton konvensional
  • Hebel bisa digunakan untuk konstruksi bangunan yang lebih kedap suara, tahan gempa, air dan api
  • Pemasangan produk hebel juga lebih mudah dan cepat untuk dilakukan karena memiliki ukuran yang presisi serta standar

Sekian ulasan singkat tentang ukuran hebel dan keunggulannya untuk digunakan pada konstruksi berbagai jenis bangunan. Pastikan untuk menggunakan hebel berkualitas terbaik sehingga bisa memperoleh kualitas bangunan sesuai harapan. Anda bisa mempercayakan pemilihan hebel berkualitas dengan menggunakan jasa tukang bangunan yang terpercaya.

Mau order jasa tukang bangunan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan