Apa Saja Campuran Cat Tembok yang Bisa Ditiru?

campuran-cat-tembok

Ketika dulu sekolah, mewarnai gambar adalah suatu hal yang paling menyenangkan bagi kebanyakan orang. Jika diaplikasikan dalam kehidupannya, mengecat tembok nyatanya tidak mudah seperti yang dibayangkan. Karena untuk mendapatkan hasil warna cat dinding yang baik diperlukan beberapa teknik untuk membuat campuran cat tembok biar awet.

Mengecat dinding juga pastinya diperlukan ketelitian yang cukup tinggi, karena agar enak dipandang, Anda harus melakukan pekerjaan ini dengan hati-hati dan konsisten agar warna yang dihasilkan seragam dengan lapisan warna yang sama.

Prosedur Membuat Campuran Cat Tembok Biar Awet

Jadi jika Anda menginginkan hasil aplikasi cat dinding yang apik Anda bisa meminta bantuan dari tukang cat atau tukang bangunan profesional. Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri, Anda bisa melakukan cara di bawah ini agar hasil cat dinding Anda sangat bagus.

Mengelap dinding sampai bersih

Hal pertama ketika Anda akan mengecat dinding adalah dengan membersihkan dinding tersebut terlebih dahulu. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel seperti sarang laba-laba atau debu yang kira-kira menempel. Hal tersebut karena, adanya kotoran ini bisa membuat tampilan warna cat menjadi kusam.

Selain itu pastinya akan membuat warna cat menjadi tidak tahan lama. Seperti yang diketahui coba saja Anda mengecat dinding menggunakan warna putih dan masih terdapat kotoran dinding, pasti dinding Anda bukannya berwarna putih bersih namun berwarna kusam kecoklatan. Selain itu juga jika tidak dibersihkan akan membuat dinding menjadi tidak mengkilap dan terlihat ada retakan.

Menutup dinding yang berlubang

Selanjutnya untuk mempercantik tampilan dinding juga Anda harus menutup dinding yang berlubang. Ketika Anda mencopot paku yang menempel di dinding pasti akan membuat adanya lubang di dinding yang tidak menarik sehingga lubang menjadi tidak rata. Nah agar cat tembok Anda bisa tahan lama maka Anda bisa menutup atau menambal dinding yang berlubang terlebih dahulu.

Baca Juga: Jenis Cat dan Satuan Cat Tembok Hunian

Dinding harus dalam keadaan kering secara menyeluruh

Cara campur cat tembok agar awet selain dinding harus bersih, pastikan juga bahwa dinding Anda kering. Karena jika dinding yang akan dicat masih basah bisa memicu pertumbuhan jamur yang akan membuat ketahanan cat menjadi tidak awet.

Campuran cat tembok biar awet adalah tidak adanya campuran lem putih

Campuran yang Anda pilih juga harus sesuai dengan aturannya saja, disarankan untuk tidak mencampurnya dengan lem putih. Hal tersebut karena penggunaan lem putih ini bisa menurunkan kualitas dari cat sehingga tidak awet.

Menggunakan cat dasar

Tips campur cat tembok supaya awet selanjutnya adalah harus menggunakan cat dasar. Jadi melapisi dengan cat dasar ini sangat penting karena juga akan mempercantik warna cat dan tampak lebih glossy.

Melakukan finishing secara merata

Prosedur terakhir agar pengecatan mendapat hasil yang sempurna adalah Anda harus melakukan finishing secara merata. Karena jika Anda memilih tipe cat glossy maka akan terlihat jelas pantulannya jika ada cahaya. Nah jika Anda tidak melakukan finishing secara acak maka pantulan tersebut juga terlihat tidak rapi dan kurang bagus.

Itulah prosedur untuk memilih campuran cat tembok biar awet yang bisa Anda aplikasikan saat Anda akan mengecat.

Jika Anda ingin mencari rekomendasi untuk tips-tips yang lain atau mencari jasa layanan mengecat dinding yang profesional dan terpercaya, Anda bisa kunjungi Suwun.co.id.

Suwun juga menyediakan aplikasi untuk memudahkan pencarian jasa yang Anda butuhkan. Download aplikasi Suwun hanya di Google Playstore maupun App Store!

Artikel yang Direkomendasikan