Jenis dan Satuan Cat Tembok untuk Hunian

cat-tembok

Cat tembok dibutuhkan sebagai finishing untuk memperindah bangunan rumah. Sebelum menggunakan cat, sebaiknya ketahui dulu satuan cat tembok dan jenis-jenis cat yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Berikut beberapa jenis cat yang digunakan untuk bangunan rumah dan satuannya yang beredar di pasaran.

Satuan Cat Tembok dan Jenis-jenis Cat yang Umum Digunakan untuk Rumah

Sebelum menginjak ke harga satuan cat tembok, alangkah baiknya kita mengetahui jenis-jenis cat terlebih dahulu.

1. Jenis-jenis cat

Tidak hanya warnanya saja yang perlu dipertimbangkan, tetapi juga jenis cat yang akan digunakan. Berikut jenis cat tembok rumah dan kualitas yang ditawarkannya.

Cat tembok interior

Jenis cat ini digunakan untuk bagian dalam bangunan rumah. Cat tembok interior memiliki hasil akhir yang berbeda-beda, seperti gloss, matte, eggshell, dan satin. Ruang kamar cocok menggunakan cat dengan hasil akhir matte.

Ruang keluarga akan lebih cantik dicat dengan hasil akhir satin. Sedangkan untuk dinding dapur dapat menggunakan cat tembok dengan hasil akhir semi gloss atau high gloss. Cat tembok interior harganya mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 1.000.000.

Cat tembok eksterior

Cat tembok eksterior memiliki fungsi tambahan selain mempercantik tembok juga untuk melindungi tembok dari lingkungan luar. Oleh sebab itu, cat tembok eksterior biasanya tersedia dengan fungsi anti panas, anti hujan, anti bocor, dan lainnya yang dapat melindungi warna cat agar tahan terhadap perubahan cuaca.

Jenis cat tembok yang mengandung anti klorida biasanya lebih bagus untuk melindungi tembok rumah dari asam air hujan. Jika ingin menutup tembok hingga ke pori-pori, cat dengan bahan silikon bisa menjadi pilihan yang tepat. Harga satuan cat tembok eksterior kurang lebih Rp 50.000 sampai harga Rp 1.200.000.

2. Satuan cat tembok

Kebutuhan cat untuk memperindah tembok tergantung luas dari permukaan yang akan dicat. Anda bisa memilih cat dengan ukuran kemasan yang sesuai dengan kebutuhan. Biar tidak kurang atau berlebih, sebaiknya perhatikan daya sebar cat dan luas permukaan tembok Anda.

Daya sebar cat biasanya dicantumkan pada kemasannya, contoh cat tembok 5 kg dengan keterangan 10 m2 berarti dapat melapisi tembok seluas 10 meter persegi dengan tiga kali pelapisan. Sedangkan satuan untuk cat tembok pada kemasan cat biasanya tersedia dalam beberapa pilihan berikut.

· 1 pail cat dengan isi 20kg hingga 25kg.

·  1 galon cat dengan isi 2,5kg hingga 5kg.

·  Cat tembok 1kg.

·  1 liter cat tembok.

3. Daftar harga cat tembok

Cat tembok di pasaran dibanderol dengan harga yang beragam tergantung merek, jenis, dan kemasan cat. Bagi Anda yang penasaran berapa harga satuan cat tembok, berikut estimasi harganya.

·  Avitex 1kg sekitar Rp 25.000.

·  Vinilex 1 kg sekitar Rp 39.000.

·  Mowilex 1 liter sekitar Rp 69.000.

·  Jotun Metallic Golden Glow 1 liter sekitar Rp 185.000.

Semakin besar kemasannya tentu harganya lebih mahal. Anda bisa mengecek dan membandingkan harga cat terbaru di toko bangunan terdekat.

Itulah beberapa satuan cat tembok dengan estimasi harganya di pasaran. Pilih warna yang bagus sesuai selera atau sesuai tema rumah agar estetik dipandang. Jangan lupa untuk melakukan proses pengecatan dengan benar agar hasilnya maksimal.

Susah mencari tukang cat di sekitar tempat Anda? Silahkan cari saja di https://suwun.co.id/ yang menyediakan beragam layanan jasa terbaik untuk kebutuhan Anda mengecat rumah. Download aplikasi Suwun di Google Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan menemukan layanan jasa panggilan dan mungkin Anda tertarik menawarkan jasa di platform ini.

Artikel yang Direkomendasikan