Cara Pasang Sanyo Shimizu Agar Bisa Bekerja Dengan Baik

Saat ini untuk memenuhi kebutuhan air pada sebuah bangunan rumah tinggal atau kantor banyak yang menggunakan pompa air. Pompa air merupakan salah satu mesin elektronik yang pemasangannya bisa dilakukan secara mandiri. Namun sebelumnya harus mempelajari bagaimana cara pasang sanyo shimizu dan beberapa hal penting di dalamnya sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal sekaligus awet tahan lama.

Untuk cara memasang mesin pompa air dengan benar, Anda harus mengetahui apa saja tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pemasangan pompa air biasanya membutuhkan peralatan yang terdiri dari pipa PVC dengan 2 ukuran yaitu ukuran 1” atau ¾”, tusen klep, water mur, lem pipa, seltip, elbo/knee dan berbagai perlengkapan lainnya yang sekiranya akan dibutuhkan.

Cara Pasang Sanyo Shimizu untuk Sumur Dangkal

Bagaimana cara pasang sanyo shimizu yang akan digunakan untuk menyedot air dari sumur dengan kedalaman dangkal bisa dilakukan dengan mudah menggunakan cara berikut :

  1. Lakukan pemasangan sock drat luar pada bagian in-out pompa dengan memastikan selotip yang dipasang memiliki ketebalan yang cukup untuk mencegah terjadinya kegagalan. Jika gagal, maka pompa air tak akan bisa menghisap air sesuai fungsinya.
  2. Tempatkan pompa air berada dekat dengan lubang pipa casing sumur, lalu pasang tusen klep di bagian ujung pipa. Tusen klep memiliki kegunaan untuk mencegah air yang sudah berhasil dipompa turun kembali ke dalam sumur.
  3. Lakukan penyambungan pipa hisap dengan memasukkan pipa (yang sebelumnya sudah dipasang tusen klep) pada bagian dalam pipa casing sumur bor. Kemudian sambung lagi dengan pipa PVC lainnya hingga 3 atau 4 batang sesuai kebutuhan, yang mana Panjang 1 pipanya bisa mencapai 4 meter.
  4. Pastikan untuk melakukan penyambungan pipa PVC dengan hati-hati dan teliti. Lumuri bagian sambungan pipa dengan lem yang cukup dan merata sehingga tak beresiko terjadinya kebocoran sekecil apapun itu.
  5. Selanjutnya adalah untuk memasang water mur pada bagian atas pipa paralon yang memiliki jalur menuju ke pompa air
  6. Setelah itu baru bisa memasang vlok sock drat bagian luar dengan ukuran 1 x ¾ di bagian lubang hisap pompa air. Jangan lupa untuk memberikan lapisan seal tape pada bagian drat untuk meminimalisir kebocoran.

Baca juga: Penggunaan Air Lancar dengan Service Sanyo Terdekat

Cara Pasang Sanyo Shimizu Bagian Kabel dan Kapasitor Pompa Air Shimizu

Selain memasang mesin pompa air di sumur yang akan dihisap airnya, berikutnya adalah untuk memasang kabel dan kapasitor pada mesin pompa air Shimizu.

  • Cara pasang kabel pompa

Untuk cara pasang kabel sanyo shimizu dilakukan dengan memperhatikan warna kabel yang ada yaitu warna biru dan coklat. Diketahui aliran listrik yang terdapat di bagian dynamo mesin pompa air merupakan arus bolak-balik (AC).

Untuk menyambungnya bisa dilakukan dengan membuka ujung setiap kabel yang akan disambung. Setelah itu sambungkan kedua ujung kabel mesin pompa air dengan cara dililitkan dan bungkus lilitan ujung kabel dengan menggunakan isolasi kabel.

  • Cara pasang kapasitor pompa air

Untuk cara pasang kapasitor sanyo Shimizu juga bisa dilakukan dengan mudah, Langkah yang pertama dengan melepas kapasitor yang ada di mesin pompa air kemudian lihat jalur kabel yang ada di dalamnya dan foto untuk mengantisipasi dari resiko terlupa.

Lepaskan jalur kabel yang terhubung dengan komponen kapasitor dengan cara membuka bagian pelindung kabel berupa isolatip. Lakukan pemasangan kapasitor yang baru dengan menggunakan panduan jalur kabel yang sudah difoto lalu berikan pelindung kabel dengan menggunakan isolatip.

Demikian ulasan singkat tentang bagaimana cara pasang Sanyo Shimizu agar supaya bisa terpasang dan bekerja dengan maksimal. Semoga bermanfaat.

Jika Anda merasa tak bisa melakukan pemasangan mesin pompa air sendiri dan melakukan pemasangan kabel serta kapasitornya, maka bisa menggunakan layanan jasa yang bisa diperoleh via laman situs website Suwun.co.id. Selain tersedia dalam bentuk website, Suwun juga tersedia dalam bentuk aplikasi Suwun yang bisa diunduh dan diinstal langsung di ponsel cerdas Anda untuk kemudahan dalam genggaman tangan.

Artikel yang Direkomendasikan