Bahaya Tungau Kasur dan Cara Mengusirnya

jasa pembersih kasur

Pernah mengalami kulit kemerahan dan gatal setelah bangun tidur? Bisa saja hal tersebut terjadi karena Anda terkena gigitan tungau kasur. Tentunya, bahaya tungau kasur ini harus diwaspadai karena ada berbagai gangguan kesehatan yang dapat terjadi.

Bahaya Tungau Kasur untuk Kesehatan

Tungau Kasur merupakan serangga yang berukuran sangat kecil dan bahkan hampir tidak terlihat oleh mata. Meski demikian, hewan ini terbilang cukup berbahaya karena gigitannya dapat mengakibatkan beragam gangguan kesehatan pada kulit manusia.

Gigitannya bisa menyerang bagian tubuh mana saja, baik leher, tangan, kaki, badan, bahkan wajah sekalipun. Efeknya juga beragam, termasuk menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit yang cukup buruk. Berikut bahaya tungau kasur lain yang juga musti Anda waspadai.

1. Infeksi kulit

Gigitan tungau kasur memang lebih banyak mengakibatkan infeksi pada kulit. Mulai dari impetigo, scabes, ecthyma, hingga selulitis menjadi contoh gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat gigitan tungau kasur. Kulit yang gatal hingga benjol kemerahan bisa menjadi salah satu gejala infeksi tersebut.

2. Gangguan tidur

Selain infeksi dan alergi kulit, tidak jarang bahaya tungau kasur juga berdampak pada kondisi seseorang yang tidak merasa nyaman saat akan beristirahat. Dengan demikian, kondisi ini akan memicu gangguan tidur dan menurunkan kualitas hidup seseorang.

3. Reaksi alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu dampak dari gigitan tungau kasur. Kendati demikian, reaksi alergi yang dialami dapat berbeda tergantung pengidapnya, baik dari tingkat yang ringan hingga parah sekalipun. Bahkan jika semakin parah, bisa saja terjadi hidung berair, mata gatal, bersin, hingga pembengkakan pada area wajah dan kesulitan napas.

Baca Juga: 5 Jenis Serangga Kasur yang Berbahaya

Cara Mengatasi Bahaya Tungau Kasur

Mengingat dampaknya yang cukup berbahaya, tentu saja Anda perlu mencari cara yang tepat untuk mengatasinya. Yang pasti, Anda jangan menggaruk bekas gigitan tungau untuk mengurangi risiko komplikasi yang bisa terjadi.

Anda juga bisa mengurangi rasa gatal dengan menggunakan krim khusus. Akan tetapi jika sudah semakin parah, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter kulit terdekat. Supaya tidak semakin parah, Anda juga harus mengetahui cara mengusir tungau kasur sebagai berikut.

1. Menggunakan bahan-bahan alami

Buat Anda yang lebih suka cara-cara alami, ada beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan secara mudah dan diyakini dapat mengusir tungau kasur dengan mudah. Adapun bahan-bahan alami yang sering dimanfaatkan yakni jus bawang, kulit durian, larutan garam, hingga bunga dan minyak lavender.

Beberapa bahan tersebut umumnya memiliki bau yang cukup menyengat. Hal inilah yang kemudian membuat tungau tidak nyaman, kemudian hilang dalam waktu dekat. Gunakan bahan-bahan tersebut pada bantal, sofa, hingga sprei.

2. Jemur perlengkapan rumah secara rutin

Sejatinya, tungau sangat menyukai tempat yang lembab. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin menjemur barang-barang perlengkapan rumah yang rentan disinggahi dan dijadikan sarang tungau. Jemur kasur, bantal-guling, selimut, karpet, dan peralatan lainnya setidaknya 1-2 minggu sekali.

3. Gunakan pembasmi tungau

Anda juga dapat menggunakan berbagai bahan kimia untuk mengusir bahaya tungau kasur yang dapat diperoleh di berbagai toko kimia. Jika kesulitan atau tidak punya banyak waktu, kunjungi saja Suwun.co.id dan pilih jenis layanan kebersihan yang Anda butuhkan.

Selain melalui web, Suwun juga menyediakan aplikasi dengan fitur yang lengkap. Segera download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan