Cara Pasang Plafon Gypsum yang Baik dan Benar

Plafon gypsum adalah salah satu jenis plafon favorit yang digunakan untuk menutup bagian atas ruangan. Selain digunakan sebagai penutup plafon gypsum juga memberikan banyak pilihan desain yang menarik.

Cara pasang plafon gypsum juga tergolong mudah dan tidak rumit. Berikut langkah-langkah pemasangan plafon gypsum yang benar.

Penjelasan Cara Pasang Plafon Gypsum yang Baik dan Benar

  1. Cara Memasang Plafon Gypsum dengan Hitungan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat perhitungan, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

  • Hitung Garis Ketinggian Langit-Langit

Anda perlu menghitung berapa banyak ketinggian langit-langit, ini dilakukan agar pemasangan gypsum tepat nantinya.

  • Hitung Ukuran Panjang Hollow

Hollow juga sangat penting dalam pemasangan gypsum. Jadi Anda harus mengerti berapa ukuran yang dibutuhkan dan berapa jumlah yang dibutuhkan.

  • Hitung Rangka Penggantung

Agar saat pemasangan tidak kepanjangan atau kependekan, Anda bisa mengukur terlebih dahulu rangga yang akan digunakan.

  1. Cara Pasang Plafon Gypsum dengan Pemasangan

Ada beberapa langkah pemasangan yang dilakukan agar plafon gypsum rapi, berikut beberapa di antaranya.

  • Pemasangan Wall Angle

Pemasangan wall angle ini bertujuan untuk menopang plafon gypsum. Pastikan wall angle yang digunakan lurus agar enak dipandang nantinya.

  • Pemasangan Bentangan Hollow

Untuk cara pasang plafon gypsum rangka hollow Anda harus memasang hollow tengah terlebih dahulu, lalu Anda bisa memasangkan bentangan hollow lainnya di atas. Untuk penggunaannya Anda bisa mengatasinya dengan kawat. Pastikan rongga yang diberikan berjarak 80 cm saja.

Baca juga: 5 Model Plafon Rumah Modern dan Mewah

  • Pemasangan Rangka Penggantung

Cara pasang rangka plafon gypsum hanya dengan membuat gantungan dan menghubungkan rangka hollow atas bawah ke langit-langit. Anda juga bisa menggunakan kawat untuk menggantung.

Selain itu cara pasang plafon gypsum rangka kayu juga hampir sama pemasangannya. Anda hanya perlu mengaitkannya dan menyusun secara kokoh dan rapat agar tidak mudah terjatuh.

  • Pemasangan Lis Plafon

Cara pasang lis plafon gypsum yang benar dengan memastikan ukuran lis sudah sesuai dan pemasangan lis plafon pojok menggunakan lem atau paku agar tertempel. Untuk penggunaan yang bertahan lama lebih baik menggunakan paku untuk pemasangannya.

  • Finishing

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara pemasangan di atas Anda bisa melakukan finishing agar gypsum terlihat rapi. Caranya cukup mudah hanya dengan melakukan pendempulan dan pengecatan untuk menghilangkan tampilan sambungan pada plafon.

  1. Cara Menghitung Biaya Pasang Plafon Gypsum

Bagi Anda yang belum mengetahui gambaran berapa biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan plafon gypsum berikut kami jelaskan cara menghitungnya

  • Biaya Pasang Per Meter

Biaya cara pasang plafon gypsum tergantung dari jenis, model dan merek. Untuk jenis plafon gypsum sendiri harga setiap meternya sebesar Rp 150.000 sampai dengan Rp 185.000 per meter persegi. Anda bisa menyelesaikannya sendiri tergantung bahan yang Anda gunakan.

  • Biaya Pasang Plafon Gypsum

Cara menghitungnya Anda hanya perlu menjumlah harga komponen dengan ongkos tukang. Anda bisa menambahkan berapa banyak lembar gypsum yang dibutuhkan, berapa banyak rangka hollow yang dibutuhkan, sekrup gypsum, lis gypsum, dan kompon gypsum.

Anda juga bisa menambahkan paku, kain kasa penutup sambungan gypsum dan kemudian di akhir bisa ditambahkan ongkos tukang pemasangan gypsum. Untuk mempermudah pembayaran Anda bisa membuat RAB sebelum melakukan pemasangan plafon.

Nah itulah beberapa cara pasang plafon gypsum yang bisa Anda lakukan. Untuk mempermudah pekerjaan Anda bisa mencari jasa tukang pasang gypsum di Suwun.co.id yang memberikan informasi layanan jasa tukang sesuai kebutuhan Anda dengan lengkap.

Suwun juga menyediakan aplikasi yang dapat didownload dengan mudah. Download aplikasi Suwun via Play Store ataupun App Store untuk menikmati fitur lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan