Cara Pasang Jet Pump yang Benar dan Mandiri

cara-pasang-jet-pump-yang-benar

Pompa air atau biasa kita kenal dengan jet pump merupakan salah satu alat yang vital keberadaannya di dalam sebuah rumah atau bangunan. Pasalnya setiap orang memang membutuhkan air untuk kehidupan sehari-hari. Lantas bagaimana cara pasang jet pump yang benar yang sesuai dengan prosedur?

Informasi ini berisi tips pasang jet pump di rumah secara mandiri, tentunya sudah sesuai prosedur yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa memasangnya sendiri tanpa harus menggunakan jasa orang lain.

Perhatikan Saran Ini Sebelum Cara Pasang Jet Pump yang Benar

Sebelum memasang jet pump, pastikan kembali jika Anda sudah memilih jet pump yang memang sudah sesuai dengan kebutuhan. Kriteria dalam memilih jet pump bisa digambarkan berikut ini, misalnya Anda mempunyai sumur dengan kedalaman 15 m, maka harus membeli jet pump dengan daya hisap 30 m.

Namun, jika Anda mempunyai sumur yang tidak terlalu dalam, maka Anda tidak perlu menggunakan jet pump dengan daya hisap yang besar. Hal tersebut dilakukan dengan mengingat daya listrik yang digunakan akan semakin besar jika daya hisap jet pump semakin besar.

Cara Pasang Jet Pump yang Benar Sesuai Prosedur

Setelah itu, Anda bisa mengikuti prosedur yang tepat dalam pemasangan jet pump, antara lain :

Siapkan semua alat dan bahan

Tentunya untuk memulai pemasangan, kita harus sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang berkaitan dari pemasangan ini, yaitu :

  • Gergaji besi
  • Alat pompa air
  • Pipa PVC dengan ukuran 1inch dan ¾ inch
  • Mata jet pump
  • Sambungan pipa
  • Tusen klep
  • Lem khusus pipa
  • Sock atau penghubung pipa
  • Seal tape
  • Shock drat atau penghubung pipa

Baca Juga: Service Water Heater Terbaik

Hubungkan tusen klep dengan saringan

Selanjutnya Anda perlu menghubungkan tusen dengan saringan. Dalam penyambungan ini rawan terjadi kebocoran, sehingga perlu ditambahkan seal tape.

Pakai sock drat luar atau SDL

Gunakan SDL saat menyambungkan tusen klep. SDL nantinya akan disambungkan dengan pipa. Kemudian akan disambungkan dengan SDL dan akhirnya digabungkan dengan mata jet pada bagian bawah.

Sambungkan sock drat lain pada mata jet

Cara memasang jet pump dengan tepat adalah masih menggunakan sock drat yang lain untuk disambungkan pada mata jet.

Gabungkan SDL dengan Pompa Air

SDL perlu digabungkan dengan pompa air, kemudian pipa dorong disambungkan ke pipa hisap. Setelahnya berikan lem atau seal tape guna melekat sempurna.

Gabungkan pipa dengan sock drat

Pipa ukuran 1,25 digabungkan dengan sock drat. Kemudian coba test untuk melihat kebocoran.

Masukan pipa ke dalam sumur

Setelah rangkaian selesai, masukan pipa ke dalam sumur. Jika kurang panjang, maka Anda bisa sambungkan sesuai ukuran kedalaman.

Gabungkan pipa hisap dengan pipa dorong

Kemudian pastikan pipa hisap dan dorong saling terhubung dengan sambungan pipa PVC bengkok. Kemudian pipa keluar disambungkan dengan keran.

Jika Anda menggunakan prosedur cara pasang jet pump yang benar, dijamin jet pump sudah siap digunakan untuk memenuhi kelangsungan hidup terkait kebutuhan air. Pemasangan jet pump juga tidak sembarang, perlu pertimbangan dan presisi sehingga bisa dapatkan hasil yang baik.

Namun ingin cara praktis dan masih merasakan kesulitan dalam memasang, maka Anda bisa gunakan jasa pasang jet pump dengan cara klik Suwun.co.id. Situs ini yang akan membantu Anda menemukan jasa yang pas dan cocok dari segi harga dan jarak bahkan terjamin untuk kualitas jasanya.

Anda juga dapat langsung download aplikasi Suwun di App Store maupun Play Store dengan sangat mudah!

Artikel yang Direkomendasikan