Tips Memilih Jenis Kayu Terbaik Untuk Kusen

jenis-kayu-terbaik

Pintu merupakan elemen penting dari sebuah rumah. Pintu memiliki fungsi sebagai akses keluar masuk rumah maupun batas privasi antar ruangan. Biasanya pintu terdiri atas kusen dan juga lembaran pintu yang terbuat dari kayu.

Agar kusen dan pintu menjadi awet, sangatlah penting menggunakan jenis kayu terbaik untuk kusen dalam membuatnya. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan dalam memilih kayu untuk kusen.

Cara Memilih Jenis Kayu Terbaik untuk Kusen

Bahan Baku untuk Kusen

Banyak kusen yang dijual di pasaran dengan berbagai jenis kayu. Banyak pilihan bahan tentunya banyak juga pilihan harga yang ditawarkan mulai dari yang murah sampai yang mahal. Namun, jangan hanya tergiur soal harga semata, tapi lihatlah kualitas dari bahannya.

Beberapa pilihan kayu yang lumrah digunakan dalam membuat kusen antara lain kayu besi, kayu merbau, kayu jati, kayu meranti, dan kayu damar. Semua pilihan tersebut bergantung dengan keinginan dan kebutuhan kita. Jika menginginkan kayu yang kokoh dan awet, maka kayu jati dan merbau dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tentunya kayu dari kedua jenis itu memiliki harga yang cukup mahal mengingat tingkat keawetannya. Bahkan secara alamiah kayu tersebut memiliki ketahanan dari jamur serta rayap.

Memilih Tekstur Kayu

Cara memilih jenis kayu terbaik untuk kusen rumah yang berikutnya adalah dengan melihat serat dan teksturnya. Jika kayu tersebut kuat dan kokoh, biasanya memiliki warna merah kecoklatan. Selain itu jika terkena air akan terjadi perubahan tekstur.

Kayu yang bagus untuk dijadikan kusen akan mengeluarkan cairan getah dengan warna merah saat tersiram air.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Modern Terbaik

Hindari Memilih Kayu Belang

Secara kasat mata kita dapat melihat kualitas kayu, selain melihat tekstur kita juga dapat melihat apakah kayu tersebut terdapat belang putih atau tidak. Jika iya, sebaiknya jangan pilih kayu tersebut menjadi bahan baku kusen sebab itu pertanda kayu akan mudah termakan rayap. Biasanya kayu tersebut merupakan bagian kayu pinggiran yang tidak direkomendasikan untuk membuat kusen.

Jika memaksakan memakai kayu dengan ciri-ciri semacam ini, maka dapat dipastikan kusen Anda tidak akan awet atau bertahan lama.

Belilah Bahan Sesuai Anggaran

Memilih bahan baku untuk membuat kusen tak akan lepas dari anggaran yang tersedia. Meskipun bukan jadi pertimbangan utama, namun belilah barang yang berkualitas maksimal sesuai budget yang tersedia. Sebab tidak menutup kemungkinan terdapat selisih harga antara satu penjual dan penjual yang lain.

Cek harga sebelum membeli baik secara online maupun non online agar mendapatkan harga terbaik sesuai dengan anggaran Anda. Banyak pula jenis variasi dari bahan kusen yang tentunya akan berpengaruh pada harganya.

Sesuaikan dengan Konsep Rumah dan Interiornya

Memilih kayu untuk bahan kusen tentunya melihat konsep bangunan secara keseluruhan. Jika rumahnya megah dan mewah, tidak mungkin menggunakan jenis kayu yang abal-abal. Pastikan pula bentuk serta konsep dari kusen pintu rumah Anda sesuai dengan tema besar di setiap ruangannya.

Misalnya Anda mengusung tema jawa klasik, maka akan ada penyesuaian kusen menggunakan ukiran-ukiran khas jawa. Anda juga dapat memainkan warna pada kusen agar sesuai dengan sekelilingnya.

Demikian tips yang dapat Anda terapkan ketika memilih jenis kayu terbaik untuk kusen.

Memilih Jenis Kayu Terbaik untuk Kusen dengan Jasa Profesional

Jika Anda sedang mencari jasa renovasi rumah maupun pembuatan dan pemasangan kusen yang profesional, maka pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah dengan klik Suwun.co.id.

Anda akan menemukan banyak jasa yang dapat memenuhi kebutuhan Anda di situs Suwun. Segera cek websitenya dan download aplikasi Suwun sekarang.

Artikel yang Direkomendasikan