Cara Pasang Antena TV di Rumah Secara Tepat

TV merupakan alat elektronik yang wajib ada di sebuah rumah, ya TV bukanlah barang yang mewah lagi karena setiap rumah sepertinya sudah memiliki alat yang satu ini. Lalu bagaimana cara pasang antena TV yang benar? Ingin tahu informasinya simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Seiring berkembangnya waktu, sudah banyak platform streaming yang menarik para penonton layar kaca. Kenyataannya pengguna antena TV di Indonesia masih ramai dan tetap laris manis.

Inilah Cara Pasang Antena TV yang Baik dan Benar

Pilih antena yang tepat

Dalam pemasangan antena TV yang pertama tentu saja Anda harus memilih terlebih dahulu jenis antena yang benar. Jenis antena TV itu sendiri terdiri dari dua tipe yaitu antena untuk TV digital dan TV analog. Jadi sebelum menentukannya Anda harus mengetahui kualitas, kelebihan serta kekurangan dari masing-masing jenis antena tersebut.

Tentukan posisi yang tepat untuk memasang

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan tempat yang tepat untuk cara pasang antena TV. Pemasangannya harus ada pada posisi yang tinggi supaya bisa menangkap sinyal yang baik, bila posisinya rendah maka penerimaan gelombang bisa terganggu.

Cara pasang antena TV yang tepat ada pada pemasangan penyangganya

Tidak hanya pada pemilihan tempatnya saja, penyangga antena juga penting diperhatikan. Jadi agar antena tidak jatuh dan tetap kokoh, diperlukan penyangga bisa terbuat dari kayu atau besi.

Pakai kabel antena serta konektor yang bagus

Cara selanjutnya Anda juga harus menggunakan kabel atau konektor yang bagus ya. Hal ini akan sangat mempengaruhi bagi Anda yang tinggal di tempat yang menerima sinyal TV kurang bagus serta penggunaan TV tabung. Oleh karena itu cara pasang antena digital ke TV tabung ini perlu diperhatikan.

Pasang kabel konektor ke TV

Jangan lupa untuk memasang kabel konektor ke TV supaya Anda dapat menghubungkan jack pada lubang konektor yang ada di belakang TV. Cara ini bisa dilakukan pada cara pasang antena digital TV LED. Pastikan juga bahwa sambungan tersebut tidak longgar karena jika tidak pas, kualitas gambar yang muncul di TV nanti tidak akan bagus.

Baca juga: Penyebab TV Gambar Tidak Jernih

Atur arah antena

Jika posisi dan penyangga dipasang sudah tepat, selanjutnya Anda juga harus mengatur arah antena. Hal tersebut karena dalam menerima sinyal terkadang tidak datang begitu saja namun antenamu harus sedikit digerakkan dan diarahkan sampai menangkap sinyal.

Gunakan antena outdoor

Sebenarnya perlu diketahui bahwa jenis antena juga ada dua yaitu antena indoor dan outdoor. Cara pasang antena TV digital indoor maupun outdoor hampir sama, selain itu juga sama-sama bisa menangkap sinyal hanya saja bagi Anda yang memiliki rumah jauh dari jangkauan pemancar disarankan untuk memasang antena outdoor agar bisa menerima gelombang sinyal dengan baik.

Gunakan booster

Cara selanjutnya agar sinyal bisa ditangkap lebih baik dan lebih cepat, Anda bisa menggunakan booster. Itulah beberapa cara pasang kabel antena TV.

Itulah beberapa cara pasang antena TV yang bisa dilakukan, jika Anda merasa kesulitan dalam memasangnya Anda bisa memanggil tukang service TV atau tenaga ahli pemasangan antena TV.

Nah untuk mencarinya Anda bisa mengunjungi Suwun.co.id atau download aplikasi Suwun, platform ini menghadirkan para tenaga profesional yang akan membantu Anda dalam pemasangan antena dan mengetahui cara pasang soket antena TV tembok.

Artikel yang Direkomendasikan