Kerajinan Bahan Keras Dari Kayu yang Mudah Dibuat

Kerajinan yang ada di Indonesia terdiri dari berbagai bahan baik itu alami maupun buatan. Salah satunya adalah kerajinan bahan keras, kerajinan yang satu ini menggunakan bahan dasar yang mempunyai sifat keras, kuat, tahan lama, padat, tidak mudah terurai serta tidak berubah bentuk. Kerajinan bahan keras dari kayu adalah salah satu di antara kerajinan ini

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kerajinan bahan keras dari bahan ini, mulai dari kerajinan ukir kayu hingga kerajinan produk pakai. Dalam pembuatannya kerajinan bahan keras ini bisa dibuat dengan teknik tempel, potong-sambung, teknik bubut hingga teknik lukis. Ingin tahu informasi selanjutnya, simak penjelasannya berikut ini.

Contoh Kerajinan Bahan Keras Dari Kayu dan Material Lainnya

Sebelum membahas apa saja contoh dari kerajinan bahan keras yang dihasilkan dari kayu, logam, kaca ataupun plastik, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis dari bahan keras itu sendiri. 

Seperti yang disebutkan tadi jenis bahan keras terdiri dari dua tipe yaitu alami dan buatan. Jenis bahan keras alam terbuat dari kayu, bambu, rotan, batu dan lain sebagainya sedangkan untuk bahan keras buatan terdiri dari kaca, logam, kaleng dan lain sebagainya.

Kerajinan bahan keras dari kayu

Contoh kerajinan bahan keras dari kayu yaitu meja, kursi, lemari dan perabotan furnitur lainnya. Di sisi lain kerajinan seperti hiasan dinding, miniatur juga bisa dibuat dari kayu loh. Gambar kerajinan bahan keras dari kayu bisa Anda temukan di berbagai pasar lokal yang menyediakan produk kerajinan bahan keras dari kayu.

Dari bahan kaca

Kerajinan dari bahan yang satu ini sangat beragam juga mulai dari lukisan, cermin, kaca pintu dan lain sebagainya. Bahan ini juga biasa digunakan untuk membuat botol, gelas ataupun piring.

Dari bahan logam

Kerajinan dari logam juga sudah banyak ditemukan mulai dari perhiasan atau aksesoris dari bahan emas, perak, besi, kuningan dan logam lainnya. Bahkan tidak hanya itu, Anda juga pasti menemukan kerajinan seperti gelas, teko, kaleng yang terbuat dari logam.

Dari bahan plastik

Jenis kerajinan yang satu ini bisa diambil dari limbah ya, tidak harus dari plastik yang baru. Anda bisa membuat vas bunga dari botol plastik bekas yang dilukis agar menambah nilai artistik.

Itulah beberapa contoh dari kerajinan bahan keras, selanjutnya apakah Anda tahu apa saja prinsip kerajinan bahan keras itu?

Baca juga: Kerajinan dari Limbah Organik Kreatif dan Inovatif

Keunikan yang dimiliki

Salah satu prinsipnya yaitu ada pada keunikan yang dimiliki. Keunikan dari bahan keras itu sendiri bisa dibuat dari bahan limbah yang tentu saja bisa bermanfaat dalam melestarikan alam.

Memiliki keragaman muatan nilai

Selanjutnya sebuah produk kerajinan yang dihasilkan oleh manusia termasuk kerajinan bahan keras dari kayu tentu memiliki keragaman muatan nilai tersendiri. Oleh karena itu prinsip yang dimiliki kerajinan ini tentu saja mengandung pesan atau arti tersendiri.

Aspek rancangannya

Prinsip kerajinan bahan keras ini juga mengacu pada perencanaan yang dilakukan sebelum menghasilkan produk kerajinan. Jadi prinsip selanjutnya yaitu ada pada aspek rancangan yang terdiri dari beberapa faktor atau bahan acuan.

Itulah beberapa informasi tentang kerajinan bahan keras termasuk kerajinan bahan keras dari kayu. Jika Anda mencari tenaga profesional yang membuat kerajinan dari bahan keras ini, Anda bisa mencarinya di Suwun.co.id. Suwun juga bisa ditemukan berupa aplikasi Suwun yang diunduh di Play Store, Anda bisa temukan berbagai tenaga kerajinan yang menghasilkan berbagai produk menarik.

Artikel yang Direkomendasikan