Cara Memperbaiki TV Tabung Layar Mengecil, Mudah!

tv-tabung-layar

Kerusakan TV tabung layar mengecil termasuk salah satu jenis kerusakan yang paling sering terjadi. Biasanya terjadi tiba-tiba saat TV dinyalakan dan gambar yang muncul hanya di bagian tengah atau hanya garis memanjang. Permasalahan ini dapat disebabkan karena kerusakan vertikal maupun horizontal dan berikut cara mengatasi TV tabung rusak.

Apa Penyebab Layar TV Tabung Mengecil?

Sebelum memperbaiki TV tabung yang layarnya mengecil, Anda harus memahami apa yang menjadi penyebabnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa layar TV tabung bisa tiba-tiba mengecil:

  1. Kesalahan pengaturan pada TV
  2. Kabel yang terhubung ke TV tidak terpasang dengan benar
  3. Kerusakan pada kabel yang terhubung ke TV
  4. Kerusakan pada sirkuit elektronik dalam TV
  5. Kerusakan pada tabung televisi

TV Tabung Layar Mengecil dan Cara Memperbaikinya

Tampilan layar TV tabung yang mengalami penyempitan bisa disebabkan karena permasalahan pada bagian osilator vertikal. Berikut beberapa cara untuk memperbaikinya.

1. Mengecek tegangan output IC vertikal dan memperbaikinya

Langkah pertama adalah mengecek kerusakan vertikal yang mungkin menjadi penyebab tabung TV mengecil. Namun sebelumnya Anda perlu mengatur v-size, v-high, dan v-line sebelum membuka casing. Cara bisa melalui menu service di remot TV atau dengan nge trim trimpot.

Ukur tegangan pada B+ suply IC vertikal, kebanyakan TV menggunakan tegangan 25 volt. Apabila ada kerusakan pada IC ini, maka Anda perlu menggantinya dengan komponen yang baru. Lakukan pengetriman trimpot v-high, v-line, dan v-size apabila gambar kurang lebar atau terlalu lebar.

2. Cek kapasitor dan resistor

Jika IC vertikal baik-baik saja, Anda bisa lanjut mengecek pada bagian kapasitor dan resistor. Cukup dengan cek fisik saja seperti pemudaran warna, bagian kepala komponen yang menggembung, atau lapisan kulit yang mengelupas dari komponen.

Apabila ada yang rusak, Anda perlu mengganti dengan komponen yang baru. Kemudian ukur nilai masing-masing resistor menggunakan multi tester, sebaiknya di bawah 10 Ohm. Lakukan dengan teliti karena komponen ini cukup kecil.

Cara memperbaiki TV tabung layar mengecil karena osilator horizontal IC jungle

Permasalahan tampilan layar TV juga bisa disebabkan karena bagian defleksi horizontal yang belum bekerja dengan normal. Kondisi ini bisa terjadi jika osilator horizontal pada bagian IC jungle yang belum bekerja dengan baik. Diperlukan perbaikan seperti mengganti resistor yang putus, memperbaiki komponen pada sirkuit x-ray protektor, atau bisa juga memperbaiki resonator 500kHz (untuk TV model lawas).

Baca Juga: Cara Memperbaki Warna TV Sharp

3. Cek trafo flyback

Trafo flyback yang rusak sering menjadi penyebab gambar TV menyempit. Cara memperbaiki tabung TV mengecil karena body flyback yang sudah berlubang atau menggelembung, adalah mengganti komponen ini.

Selain pengecekan secara fisik, bisa juga dilakukan dengan pengukuran menggunakan Ohm meter untuk memastikan kaki ground flyback dengan anoda cap tidak mengalami kebocoran

4. Mengecek defleksi yoke

Tampilan TV yang hanya muncul garis tengah bisa terjadi karena kerusakan pada defleksi yoke. Tanpa defleksi yoke ini, sebaiknya tidak menyalakan TV terlalu untuk mencegah phosphor tabung layar terbakar. Periksa pada bagian transistor horizontal dan ganti dengan komponen baru jika memang sudah rusak.

5. Cek x-ray protektor

Pada model TV lama, x-ray protektor dapat mematikan osilator horizontal ketika ada tegangan yang over pada anoda. Masalah ini menyebabkan layar TV menjadi menyempit ke tengah atau bahkan tidak muncul gambarnya. Jika ada komponen x-ray protektor yang rusak seperti transistor bocor atau dioda zener bocor, maka perlu diganti.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki TV tabung layar mengecil agar kembali normal. Mungkin cukup membingungkan bagi orang awam. Oleh sebab itu, lebih mudah jika menggunakan jasa tukang service TV yang sudah ahli.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki TV tabung yang layarnya mengecil. Anda dapat mencoba langkah-langkah di atas untuk memperbaiki masalah ini, tetapi jika semua upaya tersebut tidak berhasil, sebaiknya hubungi teknisi terpercaya untuk memperbaiki TV tabung Anda.

Butuh tukang service TV yang bagus? Cari di Suwun.co.id dengan masukan jenis layanan atau jasa yang Anda butuhkan. Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan jasa yang sesuai dengan pencarian yang sudah Anda masukan.

Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap.

Pertanyaan tentang TV Tabung Rusak

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan tentang cara memperbaiki TV tabung layar mengecil:

  1. Apakah semua jenis TV tabung bisa diperbaiki jika layarnya mengecil?
    • Ya, semua jenis TV tabung bisa diperbaiki. Namun, beberapa masalah mungkin memerlukan keahlian teknisi yang lebih tinggi.
  2. Apa yang harus dilakukan jika layar TV tabung hanya mengecil di bagian tertentu?
    • Jika layar TV tabung hanya mengecil di bagian tertentu, kemungkinan besar ada kerusakan pada tabung TV. Anda perlu mengganti tabung TV untuk memperbaiki masalah ini.
  3. Berapa biaya yang diperlukan untuk memperbaiki TV tabung yang layarnya mengecil?
    • Biaya untuk memperbaiki TV tabung yang layarnya mengecil bervariasi tergantung pada masalah yang terjadi. Jika hanya masalah kecil seperti kabel yang terputus, biayanya akan lebih murah daripada jika perlu mengganti tabung TV.
  4. Bisakah saya memperbaiki TV tabung yang layarnya mengecil sendiri?
    • Jika Anda memiliki pengetahuan teknis dan pengalaman memperbaiki TV, Anda bisa mencoba memperbaiki TV tabung yang layarnya mengecil sendiri. Namun, jika Anda tidak yakin, sebaiknya hubungi teknisi terpercaya untuk membantu memperbaiki masalah tersebut.
  5. Apakah TV tabung lebih rentan terhadap masalah daripada TV LED?
    • Ya, TV tabung lebih rentan terhadap masalah daripada TV LED karena teknologi yang digunakan lebih tua dan kurang canggih. Namun, TV tabung masih digunakan oleh beberapa orang karena harga yang lebih terjangkau dan kualitas gambar yang lebih baik.

Artikel yang Direkomendasikan