Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah

Menggunakan perangkat seperti laptop untuk melakukan pekerjaan saat ini awam ditemukan. Kemudahan dalam mengaplikasikan serta mudah untuk dibawa ke mana-mana menjadi salah satu aspek paling utama. Tak heran Anda dan mungkin banyak orang sekarang bergantung pada laptop.

Seringnya penggunaan laptop ini secara tidak langsung akan berdampak negatif apabila laptop terjangkit virus. Selain pekerjaan tersendat, Anda harus mengeluarkan biaya untuk menghilangkan virus tersebut.

Kendala laptop terkena virus akan semakin bertambah apabila dalam penggunaannya Anda kerap terkoneksi jaringan internet. Namun, dengan bertambah canggihnya teknologi dewasa ini, Anda dapat menemukan berbagai cara menghilangkan virus di laptop.

8 Cara Menghilangkan Virus di laptop

Secara tidak langsung, adanya laptop yang terjangkit virus mengganggu performa dan juga kinerja Anda dalam melakukan rutinitas keseharian. Untuk Anda yang ingin mencegah atau mungkin ingin laptop Anda bersih dari serangan virus dan malware, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

1. Cara menghilangkan virus di laptop dengan memasang software Antivirus

Langkah pertama yang bisa Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan virus di laptop adalah dengan memasang software Antivirus. Saat ini ada banyak sekali Antivirus yang bisa Anda pilih dan install untuk menjaga keamanan laptop Anda dari serangan virus.

2. Menonaktifkan koneksi internet Anda

Selanjutnya, cara menghilangkan virus iklan di laptop adalah dengan cara menonaktifkan jaringan koneksi internet Anda. Sebagai informasi, untuk menghilangkan virus, agar system laptop Anda aman sebaiknya matikan terlebih dahulu koneksi Anda.

3. Masuk Safe Mode

Untuk menghapus virus dari dalam system laptop Anda, lakukan restart dan masuk menuju ke Safe Mode. Berikut adalah tata caranya.

  • Restart ulang laptop Anda.
  • Ketika layar laptop mulai menyala tekan F8.
  • Pilih Advanced Boot Options.
  • Lalu masuk ke menu Safe Mode with Networking.
  • Kemudian pilih Tetap terputus dari internet.

4. Menghapus temporary files

Cara menghilangkan virus Kaspersky di laptop berikutnya adalah dengan menghapus temporary files. Langkah-langkah mudahnya dapat Anda ikuti lewat ulasan berikut.

  • Masuk ke Start.
  • Lakukan pencarian menu Temporary Files.
  • Kemudian pilih Free up disc space by deleting unnecessary files.
  • Pada bagian Files to delete, pilih Temporary internet files dan klik OK.
  • Klik Delete files.

5. Lakukan pemindaian virus

Step selanjutnya adalah melakukan pemindaian virus pada laptop Anda. Caranya mudah, yakni hanya perlu masuk ke dalam software Antivirus yang sudah Anda install dan pilih quick scan. Tunggu hingga proses pemindaian virus pada laptop Anda selesai.

Baca juga: Service Laptop, Keunggulan dan Tips Memilih Jasa Service

6. Reboot ulang laptop

Setelah Anda memastikan virus telah hilang dari laptop Anda, Anda dapat me-reboot ulang laptop Anda melalui safe mode. Setelah melakukan reboot ulang, bisa dipastikan virus yang menjangkiti laptop Anda akan hilang sepenuhnya.

7. Perbaharui perangkat lunak

Untuk memastikan keamanan laptop Anda, Anda dapat melakukan pembaharuan perangkat lunak laptop Anda. Dengan perangkat lunak yang up to date, system dapat memperbaharui perangkat lama sebelumnya yang telah terkontaminasi virus.

8. Update OS Windows laptop Anda

Cara terakhir, Anda dapat mengupdate OS Windows Anda. Dengan memiliki sistem operasi yang selalu update, ini dapat menghindarkan laptop Anda dari serangan virus dan malware.

Solusi dan Cara Menghilangkan Virus di Laptop tanpa Ribet

Nah, itulah informasi mengenai cara menghilangkan virus hidden di laptop. Jika Anda masih belum bisa menghilangkan virus di laptop Anda, alangkah baiknya jika Anda menggunakan jasa servis laptop profesional yang memang sudah ahli di bidangnya. Anda dapat mengunjungi Suwun.co.id dan mencari jasa servis laptop terdekat di kota Anda.

Selain dengan mengunjungi situsnya, Anda dapat pula mengakses via handphone melalui aplikasi Suwun. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis melalui App Store maupun Play Store yang tersedia. Yuk gunakan jasa servis laptop profesional yang ada di Suwun!

Artikel yang Direkomendasikan