8 Cara Merawat Laptop agar Lebih Tahan Lama

jasa-service-laptop

Cara merawat laptop memang tidak mudah. Yuk, simak tipsnya di sini!

Pandemi yang berkepanjangan ini, laptop menjadi kebutuhan utama bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Karena selama pandemi, laptop berfungsi untuk melakukan segala aktivitas di rumah secara online seperti bekerja dan belajar.

Saat ini laptop sepertinya sudah bukan menjadi barang mahal lagi, kini banyak tersedia dipasaran mulai low end hingga high end. Banyak orang sudah memilikinya baik hanya digunakan untuk gaya hidup, untuk bisnis, maupun untuk alat penunjang kebutuhan sekolah untuk siswa maupun mahasiswa.

Namun sebagian banyak orang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Atau malah mereka jarang sekali memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda jauh dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama.

Tentunya perlu ada perawatan khusus agar laptop anda tetap awet. Berikut cara merawat laptop agar awet.

Cara Merawat Laptop agar Awet

1. Bersihkan keyboard dan lubang port-nya

Laptop punya celah di bagian keyboard dan lubang port. Nah, celah-celah ini rawan diisi oleh debu atau kotoran lainnya. Oleh karena itu, bersihkan lubang ini secara rutin, ya! Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner kecil yang mengambil tenaga dari USB. Kalau sampai rusak, keyboard sulit dibetulkan. Belum lagi, harganya tidak murah.

2. Jangan meletakkan laptop sembarangan

Apabila anda ingin membawa laptop ketika sedang bepergian, sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak mempunyai bantalan khusus untuk laptop. Karena tas khusus laptop dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap laptop, terutama ketika tas berisi laptop tersebut terjatuh.

Meski begitu, jangan meletakan tas berisi laptop di sembarang tempat, apalagi di tempat umum.

3. Lap layar dengan rutin

Jangan lupa, lap layar komputer portabelmu dengan rutin, ya! Jangan tunggu sampai ada noda membandel yang di laptop. Kamu bisa menggunakan lap microfiber. Ini merupakan kain yang biasa digunakan untuk mengelap kacamata.

Dengan cara ini, kamu bisa merawat layar laptop milikmu dengan baik. Monitormu bersih, goresan juga bisa kamu hindari

4. Gunakan Tas yang tepat

Untuk para pelajar dan mahasiswa yang sering menbawa laptop di dalam tas, utamakan tas yang digunakan sudah tepat. Sebaiknya gunakan tas untuk laptop. Agar laptop anda tetap terlindungi.

5. Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0%

Perhatikan kondisi baterai dalam menggunakan laptop. Jangan mengisi ulang baterai laptop dalam kondisi 0%. Sebaiknya charger laptop sebelum mendekati 0%.

Jika anda mengisi ulang baterai laptop dalam kondisi 0%, tentunya akan merusak baterai. Dalam proses charger, sebaiknya laptop dalam kondisi mati dan jangan pergunakan laptop pada saat proses charger.

6. Jangan paksa laptop untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat

Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop kecuali laptop anda memiliki spesifikasi yang memenuhi spec yang sudah ditentukan app dan game tersebut. Karena app dan game berat dibuat untuk komputr. Jika kita memaksas untuk menggunakannya hal tersebut kerja processor, ram vga akan sangat berat dan membuat laptop cepat panas.

7. Jauhkan dari makanan dan minuman

Hindari kerja sambil makan dan minum. Sebab, cipratan atau remahannya bisa mengotori laptopmu. Kalau sedikit-sedikit, kamu tentu tinggal membersihkannya saja. Kalau sampai banyak, hati-hati, laptopmu bisa rusak karenanya.

Tubuhmu sendiri juga bisa merugi gara-gara makan sambil membuka laptop, lho. Gadget yang satu ini tentu penuh bakteri. Ketika bergantian memegang makanan dan laptop, bakteri itu bisa masuk ke tubuh dan membuatmu sakit.

8. Install antivirus dan sering update antivirus

Software antivirus harus terpasang untuk melindungi laptop anda dari serangan virus dan hacker. Dalam pembelian laptop biasanya terdapat software antivirus bawaan. Apabila tidak disertakan software antivirus, maka anda bisa membeli software antivirus di toko retail terpercaya atau di website resminya.

Jangan mendownload antivirus sembarangan. Jika anda mendownload antivirus di sembarang website dan bukan di website resminya, bukan perlindungan yang anda dapatkan, melainkan serangan virus berbahaya yang anda terima.

Selain itu, jangan download sembarang software, terutama di website yang tidak terpercaya. Karena software dan aplikasi yang tidak jelas tersebut akan membuat laptop anda terserang virus. Sebaiknya, update antivirus secara berkala untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap laptop anda.

cara merawat laptop agar awet

Demikian uraian kami tentang cara merawat laptop. Terapkan poin-poinnya agar laptop kerjamu yang satu ini tetap awet, ya!

Booking jasa Service atau Perbaikan Laptop melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan