Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu dengan Mudah

Tahapan finishing di dalam pembuatan furniture kayu yaitu pengecatan. Finishing tadi bertujuan supaya tampilannya terlihat lebih mengkilap dan estetik tentunya. Namun bau dari cat jadi sering menyengat serta mengganggu pernafasan.

Tentunya cara menghilangkan bau cat kayu diperlukan supaya Anda tidak terganggu. Sehingga Anda bisa memakai furniture tadi dengan lebih nyaman.

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu Untuk di Rumah

Bau cat setelah finishing memang cukup mengganggu sehingga bisa berakibat pada rasa pusing yang ditimbulkan. Untuk mengatasi hal tersebut supaya tidak terjadi maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Menggunakan Cat Kualitas Terbaik

Semakin berkualitas cat yang dipilih maka bau menyengat yang muncul dapat diminimalisir. Pilih cat yang memang aman bahkan jika terhirup oleh balita sekalipun. Maka usahakan memilih merek terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Pengecatan di Luar Ruangan

Cara menghilangkan bau cat kayu pada lemari yaitu melakukan pengecatan pada luar ruangan. Pengecatan di luar ruangan tidak hanya membuat prosesnya cepat kering namun membuat bau menyengat tidak menyebar di dalam ruangan sehingga Anda bisa bernafas lega.

  • Memberikan Kopi Bubuk di Ruangan

Pemberian kopi bubuk merupakan cara menghilangkan bau cat kayu dalam ruangan yang memang tidak asing lagi dilakukan. Cukup letakan bubuk kopi pada beberapa bagian sudut ruangan dan tidak hanya menghilangkan bau tidak sedap namun juga bisa mengharumkan ruangan.

  • Buka Jendela Ataupun Pintu

Memang pengecatan di luar ruangan akan memberikan banyak keuntungan namun tidak semua bisa melakukannya karena keterbatasan ruang. Untuk meminimalisir bau tersebut maka buka jendela ataupun pintu yang mana ini merupakan cara menghilangkan bau cat kayu di kamar yang efektif.

Baca juga: Cat Rumah Kayu Minimalis yang Natural dan Elegan

  • Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu dengan Kipas Angin

Kipas angin juga memberikan manfaat untuk membuat bau yang ada di dalam ruangan menjadi cepat hilang. Ini bisa diterapkan terutama untuk ruangan dengan mempunyai ventilasi cukup, kipas akan membantu mengeluarkan bau cat ke luar ruangan.

  • Memakai Bawang

Cara menghilangkan bau cat kayu pada sangkar burung ataupun perabotan lain dengan mudah yaitu memakai bawang. Bawang memang terkenal mempunyai bau menyengat yang dapat meresap bau lain yang ada di sekitarnya dan ini juga termasuk cara menghilangkan bau cat kayu dengan cepat.

Iriskan bawang lalu campur memakai air dan tempatkan saja pada sudut ruangan agar hasilnya maksimal. Air tadi berguna untuk meredam rasa perih yang dihasilkan oleh bawang.

  • Memanfaatkan Arang

Arang juga berguna menyerap bau menyengat dari cat kayu. Walaupun memang untuk daya serapnya tidak sebagus kopi namun arang bisa digunakan sebagai pilihan lain untuk menghilangkan bau dengan perlahan.

Kelebihan dari cara menghilangkan bau cat kayu ini adalah arang tidak memiliki bau yang menyengat seperti bawang sehingga akan aman digunakan. Namun ingat untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak supaya lebih aman dan tidak dikonsumsi oleh anak.

Jadi itulah cara menghilangkan bau cat kayu yang bisa dilakukan dengan berbagai peralatan serta bahan yang mudah untuk ditemukan.

Setelah mengetahui cara menghilangkan bau dan ingin segera membuat lemari sendiri? Maka mencari jasa pembuatan lemari di Suwun.co.id adalah solusinya. Nantinya Anda bisa menemukan banyak jasa dan tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Namun untuk cara lebih mudahnya maka Anda bisa unduh aplikasi Suwun di Play Store ataupun App Store. Nantinya Anda dapat menikmati fitur dengan lebih lengkap dan lebih mudah digunakan.

Artikel yang Direkomendasikan