Cara Menghidupkan HP yang Mati Total, Dijamin Berhasil!

cara-menghidupkan-hp-yang-mati

Hampir mayoritas orang saat ini memiliki HP yang digunakan untuk beragam kebutuhan seperti untuk bekerja, sekolah hingga menjalankan bisnis. HP adalah perangkat elektronik yang bisa mengalami kerusakan sehingga harus diperbaiki dengan benar, salah satunya ketika mati total. Lalu bagaimana cara menghidupkan HP yang mati total dengan mudah dan dijamin berhasil?

Penyebab HP Mengalami Mati Total

Banyak orang bingung ketika HP yang digunakannya mati total dan tak bisa dinyalakan. Ada beberapa penyebab yang membuat HP mati total sehingga memerlukan penanganan khusus. Berikut penyebab telepon genggam mati total sehingga Anda membutuhkan cara menghidupkan HP yang mati total.

a. HP basah terkena air

Kondisi mati total bisa terjadi ketika HP baru saja masuk ke dalam air dan membuat mesinnya terkena air. Jika mesin basah dalam kondisi cukup lama maka bisa berdampak pada operasional HP secara keseluruhan, seperti mesin error atau kondisinya mati total. Anda harus mengeringkan mesin HP secara maksimal sebelum melakukan cara menghidupkan HP yang mati.

b. HP sering loading lambat

Apakah HP sering mengalami loading yang lambat atau ngelag? Waspadalah karena itu bisa menjadi satu pertanda akan terjadi kondisi mati total. Penyebabnya adalah mesin HP tak bisa menanggung beban ketika memproses data yang terlalu besar dan tak sesuai kemampuannya.

c. Kesalahan ketika melakukan modifikasi

Kondisi mati total juga bisa terjadi ketika pemilik HP melakukan modifikasi atau dikenal dengan root namun tak sesuai dengan spesifikasi. Atau bisa juga prosedur modifikasi dilakukan dengan tidak benar sehingga terjadi eror yang menyebabkan terjadinya kondisi mati total.

Baca juga: Cara Merawat Smartphone agar Tidak Cepat Rusak

Cara Menghidupkan HP yang Mati

Jika HP tiba-tiba mengalami kondisi mati total, jangan panik. Anda bisa melakukan beberapa solusi berikut ini sehingga bisa melakukan cara menghidupkan HP mati kembali menyala.

1. Cek baterai

Hal pertama adalah dengan mengecek kondisi baterai HP. Cek dengan seksama untuk mengetahui kemungkinan HP mati total karena kehabisan baterai. Jika hal itu terjadi, maka isi ulang daya baterai hingga mencapai sekitar 30% baru kemudian lakukan cara menghidupkan HP mati.

2. Gunakan tombol power

Langkah berikutnya adalah menggunakan tombol power, jika sudah melakukan langkah pertama namun tak berhasil. Anda bisa menahan tombol power kurang selama 5-7 detik, kemudian tunggu hingga HP otomatis restart. Lalu adakah cara menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power?

3. Cek HP dengan komputer

Anda juga bisa mengecek kondisi HP dengan menggunakan komputer, caranya cukup mudah yaitu menyambungkan HP dengan komputer menggunakan kabel data atau USB. Tunggu sekitar 10-15 menit kemudian cabut kabel USB.

Biarkan sekitar 10 menit baru sambungkan lagi ke komputer. Tunggu hingga 30 menit, jika terlihat ada indikator pengisian daya maka artinya Anda tinggal menunggu baterai terisi penuh.

4. Cara menghidupkan HP yang mati dengan melakukan factory reset

Jika semua cara menghidupkan HP mati di atas belum membuatnya kembali menyala, maka lakukan langkah terakhir yaitu factory reset. Sebelumnya perlu diingat bahwa cara ini bisa berisiko kehilangan semua data yang tersimpan.

Untuk itu disarankan untuk membuat backup data sebelum melakukannya. Pastikan baterai terisi penuh sebelum Anda melakukan factory reset.

Itulah beberapa cara menghidupkan HP yang mati total yang berhasil sukses. Penting untuk mengetahui apa penyebab dari HP mati total sebelum Anda melakukan langkah perbaikan. Selamat mencoba.

Jika Anda masih kesulitan untuk menyalakan HP yang mati total, kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan jasa service hp terbaik. Unduh aplikasi Suwun di ponsel untuk nikmati fitur canggihnya.

Artikel yang Direkomendasikan