Biaya Las AC Bocor dan Cara Manual Mengatasinya

Apakah AC Bocor Bisa Diperbaiki?

Jenis kerusakan yang biasa dialami oleh AC adalah ketika terjadi kebocoran pada AC sehingga bisa berakibat pada kurang maksimalnya kinerja. Kebocoran umumnya terjadi pada bagian freon. Satu solusi yang bisa diambil untuk mengatasinya adalah dengan melakukan las AC yang bocor, berikut ulasan tentang biaya las AC bocor.

Biaya Las AC Bocor dan Ciri AC Alami Kebocoran

Banyak orang yang awam tentang kinerja AC sehingga terkadang bisa dengan mudah ditipu oleh tukang service AC untuk memperbaiki bagian yang sebenarnya tidak rusak hanya untuk keuntungan pribadi saja. Berikut beberapa ciri AC mengalami kebocoran:

  • AC bekerja dengan tidak normal sehingga tekanan udara menjadi lebih rendah dan AC terasa kurang dingin
  • Dari AC keluar hembusan udara panas atau cenderung hangat yang biasanya menjadi pertanda terjadinya kebocoran pada freon AC
  • AC membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan ruangan
  • AC tak bisa bekerja dengan baik namun tagihan listrik justru membengkak. Hal itu bisa terjadi karena kebocoran sehingga AC membutuhkan energi lebih besar
  • Bunga es terlihat menempel di bagian pipa AC

Jika AC yang Anda gunakan terlihat menunjukkan beberapa gejala di atas, sebaiknya lakukan pengecekan serta perawatan pada komponen AC khususnya bagian freon yang dilakukan oleh jasa service AC ahli dan berpengalaman dengan biaya las AC bocor yang terjangkau.

ac-bocor

Jika kemudian terdeteksi adanya kebocoran maka tindakan selanjutnya adalah mengatasi penyebab kebocoran pada AC. Untuk tindakan perbaikan AC bocor bisa dilakukan dengan biaya jasa las AC bocor yang terjangkau dan biasanya disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dihadapi.

Berikut rincian biaya saat melakukan perbaikan pada AC yang bocor.

  1. Harga las AC bocor ringan tarifnya sekitar Rp.75.000,-
  2. Harga perbaikan AC bocor sedang tarifnya sekitar Rp.100.000,-
  3. Harga perbaikan AC bocor dengan skala berat tarifnya Rp.150.000,-
  4. Biaya las sambungan pipa freon per titik tarifnya Rp.100.000,-
  5. Biaya las perbaikan kebocoran pipa freon dan isi, tarifnya Rp.500.000,-
  6. Biaya pengecekan AC untuk mendeteksi penyebab kerusakan atau kebocoran, tarifnya Rp.75.000,-

Biaya tersebut di atas belum termasuk biaya penggantian suku cadang yang digunakan, biaya perawatan lainnya hingga biaya pengecekan AC secara keseluruhan.

AC yang bocor perlu dilakukan las sambungan pipa karena biasanya kebocoran terjadi pada pipa AC yang terlalu pendek yang menyebabkan tekanan kerja menjadi semakin tinggi. Pipa AC yang terlalu pendek bisa diperpanjang dengan menggunakan alat las.

Cara berikutnya adalah dengan mengatasi kebocoran dengan melakukan las kebocoran pipa freon sekaligus dengan mengisi freon. Pipa AC yang bocor harus dilas terlebih dahulu sehingga tak bocor lagi. Karena bocor biasanya menyebabkan freon terbuang sehingga Anda harus kembali melakukan pengisian freon.

Baca juga: Jasa Cuci AC Kantor Lengkap Biayanya

Cara dan Biaya Las AC Bocor Serta Cara Manual Atasi Kebocoran

Jika AC di rumah Anda sering mengalami kebocoran, tentunya akan sangat merepotkan dan menghabiskan banyak biaya las AC bocor terdekat untuk memperbaikinya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebelum memanggil jasa service AC, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Dengan mengganti filter atau saringan AC yang kotor. Anda bisa menemukan tutorial melepas filter atau saringan AC di platform Youtube
  • Coba bersihkan selang AC, mungkin saja salurannya tersumbat debu atau kotoran
  • Perbaiki komponen kompresor AC (cara yang terakhir mungkin akan butuh bantuan dari pihak service AC yang berpengalaman

Lalu apakah AC yang bocor boleh dinyalakan dan digunakan? Jika Anda tahu perangkat AC mengalami kebocoran, sebaiknya tidak dinyalakan karena proses menyalakan AC bisa membuat komponen lainnya ikut rusak dan akan memperparah kerusakan yang ada serta membuat biaya las AC bocor menjadi lebih mahal.

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan layanan jasa service AC yang bagus dan terpercaya, langsung saja kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan rekomendasi jasa service yang dibutuhkan.

Anda bisa juga mencari layanan atau jasa yang dibutuhkan melalui aplikasi Suwun sehingga bisa memudahkan untuk mendapatkan layanan jasa sesuai dengan yang dibutuhkan hanya dengan menggunakan smartphone.

Artikel yang Direkomendasikan