Ini Dia Alat Musik Dari Sunda, Khas Jawa Barat

alat-musik-dari-sunda

Negara Indonesia dikenal memiliki aneka ragam budaya yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah alat musik tradisional atau khas dari sebuah daerah. Artikel kali ini akan membahas tentang alat musik dari Sunda yang khas dari Jawa Barat dan menjadi kebanggaan masyarakatnya.

Alat musik juga menjadi salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia yang penting untuk dilestarikan dengan sebaik-baiknya. Diketahui tanah Sunda menjadi salah satu daerah yang memiliki budaya yang diwariskan turun temurun setiap generasi.

Alat Musik Dari Sunda yang Unik dan Berciri Khas Tersendiri

Ada beberapa alat musik khas Sunda dan hingga kini masih dilestarikan dengan baik, berikut beberapa di antaranya.

1. Rebab

Tahukah Anda bahwa alat musik yang bernama rebab berasal dari Jawa Barat yang mulai dikenal secara luas sekitar abad ke 9 Masehi. Rebab adalah sebuah alat musik khas dari Sunda yang terbuat dari bahan tembaga dengan sekitar dua atau tiga dawai ada di dalamnya dan dimainkan dengan cara digesek seperti biola. Namun kemudian bahan utama pembuat rebab diganti menjadi kayu dan menjadi seperangkat alat musik dari Sunda gamelan.

2. Angklung

Alat musik yang satu ini sudah dikenal hingga penjuru dunia karena ada banyak sekali seniman musik dari Indonesia yang memperkenalkan alat musik angklung dalam pertunjukkan berskala internasional. Bentuk, suara dan cara memainkan alat musik yang terbilang unik membuat angklung pun bisa dengan mudah menarik perhatian wisatawan asing yang datang berkunjung ke Jawa Barat.

Angklung sendiri terbuat dari pipa bambu dengan berbagai macam ukuran kemudian diikatkan ke sebuah bingkai yang terbuat dari bambu dengan cara memainkannya adalah dengan menggoyang-goyangkan angklung hingga membentuk sebuah nada.

Baca juga: 5 Les Piano Jakarta Barat Paling Direkomendasikan

3. Kecapi

Alat musik dari Sunda yang berikutnya adalah kecapi, yaitu sebuah alat yang berbentuk seperti senar gitar dan dimainkan dengan cara dipetik. Alat ini mempunyai peran penting dalam sebuah tembang Sunda yang terdiri dari dua bagian yaitu untuk kecapi induk dan kecapi anak. Biasanya untuk kecapi induk memiliki kegunaan untuk memulai sebuah tembang sekaligus menentukan temponya yang mempunyai sekitar 18 hingga 20 buah dawai.

4. Kohkol

Sekilas alat musik dari daerah Sunda yang satu ini mempunyai bentuk menyerupai kentongan, namun masyarakat Sunda lebih akrab dengan nama Kohkol. Di Sunda, alat ini digunakan untuk perkusi yang juga memiliki fungsi untuk peringatan pada masyarakat jika ada bahaya yang datang seperti pencurian atau untuk mengumpulkan warga dalam kepentingan yang mendesak.

5. Calung

Kemudian alat musik khas Sunda yang terakhir adalah Calung. Sekilas alat musik ini sangat mirip dengan alat musik angklung, namun berbeda dalam cara memainkannya. Untuk alat musik calung dimainkan dengan cara dipukul batang bambu yang disusun sesuai dengan deretan nada yang terdapat pada alat musik calung tersebut. Jenis calung yang saat ini banyak digunakan adalah calung jinjing.

Sekian ulasan tentang peralatan dari Sunda dan manfaat mengenalkan musik tradisional pada anak di masa kini. Semoga bermanfaat.

Temukan beragam jasa kursus musik untuk mengenalkan budaya daerah pada anak melalui pengenalan alat musik tradisional di Suwun.co.id. Unduh dan install aplikasi Suwun di ponsel cerdas Anda untuk bisa menikmati fitur dan layanan lengkapnya dengan pengalaman yang lebih baik

Artikel yang Direkomendasikan