Cara Membersihkan Rumah setelah Isolasi Mandiri Covid-19

jasa-bersih-bersih-rumah

Baru sembut dari isolasi mandiri COVID-19? Ini cara membersihkan rumah dengan tepat!

Penularan virus corona (Covid-19) masih sangat tinggi. Orang-orang yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan maupun orang tanpa gejala (OTG) melakukan isolasi mandiri atau isoman di rumah.

Nah, selama isoman Covid-19, kebersihan dan higienitas di dalam ruangan maupun benda-benda yang ada di rumah harus diperhatikan secermat mungkin. Bersihkan ruangan secara teratur dan gunakan produk disinfektan.

Setelah Anda dinyatakan negatif Covid-19 dan periode isoman berakhir, Anda juga masih harus membersihkan rumah secara menyeluruh. Ini tentu saja untuk menghindari risiko penularan virus bagi anggota keluarga yang sehat.

Cara Bersihkan Rumah Usai Isolasi Mandiri

Virus dapat bertahan hidup selama berjam-jam bahkan berhari-hari di permukaan benda. Oleh karena itu, untuk mencegah penghuni atau orang lainnya di rumah terinfeksi Covid-19 ke depannya, maka penting dan perlu dilakukan pembersihan rumah secara menyeluruh.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah usai isoman. Ini dia tipsnya!

1. Memakai masker dan sarung tangan

Hal pertama yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan ketika membersihkan rumah yang habis dipakai isoman, yakni dengan memakai masker dan sarung tangan.

Masker medis sangat dibutuhkan untuk melindungi diri dari masuknya virus ke tubuh kita. Sementara sarung tangan pun dibutuhkan agar droplet dan debu tidak langsung mengenai tangan kita.

2. Buka Jendela dan Nyalakan Kipas

Langkah selanjutnya dalam membersihkan rumah usai isoman adalah dengan membuka jendela dan menyalakan kipas angin. Hal ini perlu langsung dilakukan setelah pasien sembuh dan meninggalkan ruang isolasi mandiri.

Tunggulah selama 24 jam untuk membiarkan sinar matahari masuk dan terjadinya perputaran udara dalam ruangan isolasi dan udara luar ruangan.

3. Memisahkan perabot dan barang yang digunakan

Segera singkirkan perabot dan barang-barang pribadi yang dipakai oleh anggota keluarga yang isoman.

Ini mulai dari pakaian kotor, peralatan makan, sprei, sarung bantal, sarung guling serta benda-benda lainnya yang dipakai atau disentuh selama menjalani isoman.

Keluarkan dari ruangan dan letakkan di area aman yang tidak akan dijangkau oleh anggota keluarga lainnya. Tentukan barang apa yang akan dicuci, barang apa yang akan dibersihkan menggunakan cairan pembersih atau disinfektan, dan barang apa yang akan dibuang.

4. Gunakan Cairan Pembersih atau Disinfektan

Setelah mengeluarkan barang-barang pribadi, selanjutnya membersihkan area dan furnitur yang memiliki permukaan keras. Mulai menyapu, mengepel lantai, membersihkan rangka tempat tidur, membersihkan meja, kursi, sofa, kabinet serta bagian rak TV.

Bersihkan juga sudut dan benda-benda yang lebih kecil seperti gagang pintu, teralis jendela, bagian dalam rak dan laci, bahkan area-area tersembunyi yang jarang terjamah.

Bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus, seperti untuk mengepel lantai, membersihkan cermin, kaca jendela, dan lain-lain. Untuk proteksi ekstra, juga bisa menggunakan disinfektan untuk perabotan agar bisa dipastikan semuanya bersih dari virus.

5. Jangan lupa bersihkan Juga Alat Elektronik

Jangan lupa untuk meminta orang yang selesai menjalankan isoman membersihkan telepon genggamnya. Hal ini untuk menghindari ia terkena virus yang sudah menempel di gadget atau gawainya tersebut.

Bersihkan perlengkapan elektronik ini dengan memakai disinfektan, tetapi lebih baik memakai cairan pembersih khusus elektronik tanpa alkohol. Cairan pembersih beralkohol dapat meningkatkan risiko peralatan elektronik untuk rusak.

6. Buang yang Tidak Perlu

Jangan sampai ada virus yang tertinggal di rumah, jika memang ada barang yang perlu dibuang, jangan merasa sayang untuk membuangnya, ya!

Jika memang perlu membakar atau membuang pakaian yang dipakai saat isoman, silakan isoman.

Berbagai barang seperti sikat gigi pasien, sponge yang digunakan untuk mencuci alat makan bekas pasien pun bisa dibuang. Hal itu penting dilakukan agar kita bisa memastikan virus Covid-19 sudah tak hinggap di rumah.

8. Lakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan rumah

Supaya bisa memastikan rumah terbebas dari virus, lakukan penyemprotan disinfektan atau disinfeksi di seluruh ruangan rumah. Mudahnya saat ini sudah banyak layanan penyemprotan disinfektan yang bisa juga disewa di rumah.

Itulah langkah-langkah untuk membersihkan rumah setelah dipakai isolasi mandiri. Jangan sampai lengah dan membiarkan virus Covid-19 hadir di rumah, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diterapkan di rumah.

Booking jasa Disinfektan Rumah atau Kantor melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan