Penyebab AC Mengeluarkan Es dan Cara Mengatasinya

ac-mengeluarkan-es

Masalah yang sering berkaitan dengan AC cukup banyak, salah satu masalah yang sering terjadi pada dunia AC ialah AC mengeluarkan es yang menandakan bahwa AC tersebut bocor dan harus segera diperbaiki. Disini kan dibahas mengenai beberapa hal yang menyebabkan AC bocor dan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa Penyebab AC Mengeluarkan Es dan Cara Mengatasinya

Jika AC Anda mengeluarkan es maka tidak perlu panik dan khawatir, karena jika AC mengeluarkan es itu menandakan bahwa AC nya mengalami keborosan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab AC mengeluarkan es, diantaranya adalah:

Instalasi kurang tepat

Umumnya AC mengalami kebocoran apabila setelah pemasangan tidak disertai dengan perawatan yang benar atau juga bisa dikarenakan instalasi yang kurang tepat, yang biasanya terjadi karena adanya tingkat kemiringan dari saluran pembuangan yang salah, sehingga mengakibatkan tetesan air dari AC tidak bisa menuju saluran pembuangan akan tetapi malah menetes ke lantai.

Adapun cara mengatasi AC keluar es ialah dengan melakukan instalasi ulang, dengan mengatur kemiringan secara tepat agar air bisa mengalir ke saluran pembuangan dengan baik, alangkah baiknya lagi pemasangan instalasi nya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman sehingga akan meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses pemasangan.

AC mengeluarkan es karena tersumbat nya saluran pembuangan

Proses AC dalam mendinginkan rumah selalu menghasilkan produk yang disebut sebagai kondensat yang berupa tetesan air dingin seperti es, apabila saluran pembuangan nya tersumbat oleh kotoran atau jamur maka mengakibatkan air kondensat tidak bisa dikeluarkan ke pembuangan yang mengakibatkan AC mengalami kebocoran. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini perlu sering membersihkan saluran tersebut.

Baca Juga: 4 Checklist Perawatan AC yang Harus Dilakukan

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan saluran AC ialah:

  • Menyiapkan peralatannya terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk mematikan AC terlebih dahulu
  • Pastikan AC Anda bisa dibersihkan dengan filter
  • Lalu buka casing untuk bisa memperbaiki bagian dalam dan filter
  • Mengecek apakah ada filter yang bermasalah atau tidak, jika filter sudah rusak maka Anda perlu menggantinya dengan filter baru atau filter yang masih bagus.
  • Jika filter masih bagus dan layak pakai maka Anda hanya perlu membersihkan semua kotoran yang ada pada filter tersebut dengan menggunakan sikat.
  • Jika filter masih tetap kotor, Anda bisa merendam filter tersebut dengan menggunakan larutan tersebut untuk mengangkat kotoran yang terdapat di filter
  • Setelah filter bersih maka bersihkan casing AC dan lap hingga benar-benar kering
  • Sesudah kering, nyalakan AC untuk mengecek masih bocor atau tidaknya.

Pipa yang sudah tua

Penyebab lainnya yang membuat AC bocor ialah kondisi pipa yang sudah tua, hal ini termasuk hal yang wajar karena pipa yang tua akan membuat pipa tersebut keropos yang menjadikan AC menjadi bocor dan mengeluarkan es.

Adapun cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan menggantinya dengan pipa baru, akan tetapi kondisi seperti ini juga tidak bisa dibiarkan, kita perlu memanggil teknisi AC untuk memperbaikinya.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan penyebab dari AC mengeluarkan es atau kebocoran dan berbagai cara untuk mengatasi kebocoran tersebut.

Mengatasi Masalah AC Mengeluarkan Es yang Sangat Mudah!

Masih banyak penyebab yang mengakibatkan AC mengalami kebocoran, maka jika Anda membutuhkan jasa untuk reparasi AC supaya benar kembali bisa dengan menghubungi jasa profesional secara dengan klik Suwun.co.id.

Pada situs Suwun tersedia berbagai jasa yang akan memudahkan urusan Anda dan Anda bisa mencarinya dengan mudah. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store untuk informasi lebih lengkap dan kemudahan aksesnya. Selamat mencoba!

Artikel yang Direkomendasikan