Jasa Perawatan AC Mobil Biar Awet dan Selalu Dingin

jasa-bersihin-ac

Jasa perawatan AC bisa dilakukan dengan mudah agar awet dan dingin.

Salah satu fitur andalan pada sebuah mobil ialah penyejuk udara alias air conditioner (AC). Fitur ini biasanya selalu digunakan para pemilik mobil demi kenyamanan berkendara. Karena sering dipergunakan, sudah selayaknya perangkat ini dirawat dengan baik agar bekerja maksimal dan komponennya lebih awet. Perawatan intensif dan pengecekan rutin terhadap AC sebaiknya Anda lakukan di bengkel.

Tidak sedikit orang yang merasa AC mobil mereka bermasalah. Contohnya saja adalah AC yang mengeluarkan bau apek atau kurang sedap dan yang paling sering adalah AC yang kurang dingin. Masalah-masalah tersebut tentu akan cukup mengganggu. Apalagi jika kondisi cuaca yang memaksa kita butuh akan AC mobil yang baik.

Berikut ini beberapa cara merawat AC yang bisa Anda lakukan sendiri maupun menggunakan jasa perawatan AC.

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Kondisi kabin mobil yang kotor atau berdebu sangat tidak baik untuk kebersihan AC mobil. Kotoran tersebut dapat mempengaruhi kebersihan AC mobil Anda juga. Maka selalu pastikan bahwa bagian kabin dan jok mobil selalu bersih dari debu.

2. Hindari Membuka Kaca Ketika AC Menyala

Jangan biasakan untuk membuka kaca mobil ketika AC mobil sedang bekerja. Hal ini dapat membuat kinerja AC bertambah berat. Selain itu, debu dan kotoran juga lebih mudah masuk dan merusak AC ketika kaca jendela mobil dalam kondisi terbuka.

3. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Asap dari rokok yang dinyalakan akan terhisap ke dalam blower, lalu setelah asap yang dihisap oleh blower akan menempel pada evaporator. Sehingga yang terjadi adalah evaporator akan kotor.

Memang hal tersebut tidak langsung membuat evaporator menjadi rusak. Tetapi alangkah baiknya tidak merokok saat AC menyala. Untuk menghindari kotoran yang diakibatkan oleh asap rokok mengendap pada evaporator. Karena kotoran-kotoran tersebut nantinya akan mengganggu kinerja evaporator, dan pastinya akan berdampak pada kerja AC juga.

4. Bersihkan Kondensor AC

Selalu bersihkan kondensor ketika kamu sedang mencuci mobil. Karena debu, kotoran yang menempel pada kondensor bisa mengakibatkan pengikisan atau kebocoran AC. Kita bisa menyemprotnya ke kondensor AC, yang posisinya berada tepat dibalik terali bagian depan. Dengan kondisi kondensor yang bersih akan membuat hembusan AC mobil menjadi cepat dingin.

5. Bersihkan Filter AC

Bagian lain yang juga harus senantiasa dibersihkan dan dirawat yaitu bagian filter AC. Sebaiknya lakukan penggantian filter kabin secara berkala. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, maka segeralah lakukan penggantian.

6. Gunakan Pengharum yang Sesuai

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua pengharum ruangan cocok untuk mengharumkan mobil. Untuk itu usahakan menggunakan pengharum khusus untuk mobil. Jangan sekali-kali mencoba menggunakan pengharum ruangan pada mobil Anda.

7. Periksa RPM (Rotation Per Minute) mobil

Saat AC mobil sedang dihidupkan, sebaiknya kita memeriksa RPM mobil untuk mengetahui putarannya. Karna putaran RPM yang kurang akan berpengaruh pada tingkat kinerja AC pada mobil kita.

8. Matikan AC sesaat ketika menempuh perjalanan jauh

Nah ada baiknya  kita mematikan AC mobil untuk sesaat ketika kita sedang berkendara menempuh perjalanan jauh. Tujuan sangat sederhana, untuk mengistirahatkan kerja AC supaya tidak mendinginkan seisi kabin mobil terus-terusan serta untuk menghindari pembekuan di saluran AC.

9. Periksa AC secara berkala

Untuk menjaga keawetan atau masa pakai AC mobil kita, luangkan waktu kita untuk memeriksa mobil kita khususnya AC secara berkala maksimal 6 bulan sekali. Kita bisa memeriksanya sendiri dengan cara merasakan hembusan aliran udara yang dikeluarkan AC apakah masih terasa dingin atau tidak, mendengarkan suara masih halus apa tidak. Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa cari jasa perawatan AC terdekat di Suwun.

Demikianlah tips cara merawat AC mobil agar AC selalu dalam kondisi baik. Perawatan secara berkala pada AC mobil dapat memberikan manfaat AC mobil lebih tahan lama juga membuat udara yang keluar dari AC akan lebih dingin, segar dan beraroma sehat.

Booking jasa Spesialis AC Mobil untuk periksa AC Mobil anda melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan