Cara Mengatasi Wastafel Mampet yang Sangat Efektif dan Efisien

Peralatan rumah tangga haruslah dijaga dan dirawat dengan baik. Hal tersebut karena apabila terjadi masalah atau kerusakan pada peralatan di rumah, pasti aktivitas di rumah akan terhambat dan terganggu. Salah satu peralatan yang cukup penting adalah wastafel.

Dalam keseharian Anda pasti membutuhkan wastafel. Nah alat yang digunakan setiap saat ini membuatnya terkadang sering mengalami masalah seperti mampet akibat kebiasaan yang Anda lakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Lalu bagaimana cara mengatasi wastafel mampet?

Apabila wastafel bermasalah, beberapa dari Anda pasti akan memanggil tenaga ahli untuk mengatasinya karena memang terkadang susah diatasi. Nah jika hal itu terjadi, Anda tidak perlu panik dan khawatir karena Anda dapat mencoba cara-cara tepat di bawah ini agar wastafel Anda terhindar dari bahaya mampet.

Simak Cara Mengatasi Wastafel Mampet yang Ampuh

Cara pertama memakai alat sedot

Cara yang pertama adalah cara yang paling sederhana. Tanpa menggunakan bahan apapun, Anda dapat mencoba mengangkat kotoran yang menyebabkan mampet ini menggunakan alat yang cukup praktis. Alat ini banyak dipakai dan dipilih kebanyakan orang apabila terjadi mampet pada saluran peralatan yang ada di rumah Anda.

Selanjutnya dapat memakai air panas

Selanjutnya merupakan cara mengatasi wastafel mampet karena lemak yang paling sederhana, hanya dengan menggunakan air panas endapan atau berbagai kotoran yang menyumbat wastafel Anda akan hilang. Anda hanya perlu menyiramkan air panas ke saluran wastafel tersebut lalu Anda dapat memeriksanya secara berkala. Cara ini juga sangat efektif Anda pakai bila wastafel yang Anda miliki berbahan dasar aluminium.

Menggunakan cuka

Cara mengatasi saluran wastafel mampet selanjutnya, Anda dapat memakai cuka dengan bantuan baking soda. Jadi pertama Anda dapat menuang baking soda sedikit demi sedikit ke saluran air lalu Anda dapat memasukkan beberapa tetes cuka ke dalam saluran air juga. Setelah itu tutup saluran air dengan kain dan tunggu beberapa saat sampai kira-kira tercampur.

Jika sudah, Anda dapat menyiramkan air ke dalam saluran air dan mengeceknya apakah wastafel sudah lancar atau belum. Apabila belum, Anda dapat mengulangi langkah tadi hingga benar-benar lancar. Air yang digunakan agar lebih efektif dapat menggunakan air panas atau hangat.

Baca Juga: Alat Pembersih Wastafel Mampet Sederhana

Cara mengatasi wastafel dengan memakai baking soda

Mirip seperti cara sebelumnya, hanya saja untuk cara ini baking soda yang digunakan cukup banyak hingga kira-kira satu cangkir. Setelah itu tanpa dituang cuka, langsung Anda tuangkan air panas dalam jumlah banyak juga sekitar dua cangkir. Lalu tunggu beberapa saat hingga cara ini bereaksi.

Biasanya baking soda akan menimbulkan adanya buih yang keluar dan lama kelamaan akan hilang. Jika sudah hilang Anda dapat menyiramnya kembali dengan air panas.

Menggunakan minuman bersoda

Cara mengatasi saluran air wastafel mampet yang terakhir adalah yang paling praktis, Anda dapat menuangkan minuman soda apapun ke saluran air dan tunggu beberapa saat kira-kira 2 jam. Setelah itu dapat Anda bilas dengan menyiram air ke saluran air.

Itulah cara mengatasi wastafel mampet yang dapat Anda coba sebagai langkah tepat. Jika Anda tidak ingin ribet, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan jasa yang mengatasi wastafel mampet dengan mengunjungi Suwun.co.id.

Jadi tunggu apalagi Anda juga bisa download aplikasi Suwun untuk informasi lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan