Alat Pembersih Wastafel Mampet Sederhana

cara-mengatasi-wastafel

Permasalahan seperti wastafel mampet pastinya sering dialami oleh Anda. Penyebabnya bisa adi karena kotoran yang mengendap dan menumpuk pada saluran pipa pembuangan. Jika sudah seperti itu kondisinya maka jasa pembersih wastafel mampet diperlukan,

Kondisi tersebut diakibatkan oleh endapan odol, makanan, bahkan rambut yang ikut terbuang ke saluran. Namun itu tidak perlu dipusingkan karena ada acara mudah untuk mengatasinya sendiri di rumah.

Pembersih Wastafel Mampet di Rumah

Untuk melakukan pembersihan caranya sangatlah mudah. Anda cukup mempersiapkan beberapa peralatan yang mudah ditemukan serta bahan alami yang ada di rumah. untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

1. Gunakan Plunger

Plunger ini umumnya dikenal dengan istilah penyedot toilet dan Anda tentunya paham betul mengenai alat ini dan tentunya mudah untuk ditemukan.

Alat ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah wastafel mampet. Caranya sangat mudah, isikan wastafel menggunakan air sampai penuh lalu gunakan alat ini di lubang wastafel untuk kemudian menyedot kotoran, nanti air akan meluap dan kotoran ikut terbawa.

Lakukan pengulangan pada teknik ini sampai beberapa kali sampai wastafel tidak mampet. Walaupun Anda harus mengeluarkan tenaga namun cara ini tergolong ampuh mengatasi masalah wastafel mampet.

2. Gunakan Cairan Cuka

Saat toilet mampet maka bisa mencoba salah satu cara lainnya dengan meneteskan cairan cuka di dalam lubang aliran airnya.

Cukup diamkan 20 sampai 30 menit saja, setelah itu siram saluran pipa menggunakan air panas. Setelah itu langsung saja gunakan plunger guna menarik kotoran menyumbat.

Cara lainnya yaitu cukup gunakan cairan cuka dicampur dengan sedikit garam. Kedua bahan tadi adalah kombinasi sempurna untuk cairan pembersih wastafel mampet.

3. Memakai Cairan Sabun Cuci Piring

Sumbatan umumnya disebabkan oleh minyak ataupun lemak yang menumpuk pada saluran pembuangan.

Anda hanya perlu menuangkan campuran dari sabun cuci piring serta air mendidih ke dalam saluran pembuangan air, diamkan beberapa menit baru kemudian bilas.

Supaya masalah ini tidak terulang kembali maka lakukan secara rutin teknik tersebut minimal seminggu sekali. Jika perlu jangan lupa sediakan alat pembersih wastafel mampet di rumah.

Baca Juga: Penyebab Kulkas Mengembun dan Cara Memperbaikinya

4. Memakai Campuran Soda Kue & Garam

Perpaduan antara garam dan soda kue nyatanya bisa dimanfaatkan untuk bahan alami untuk membersihkan saluran wastafel.

Cara pembuatan cairannya tergolong mudah cukup campurkan keduanya dalam satu gelas, lalu tuangkan cairan tadi ke dalam wastafel yang tersumbat. Tunggu hingga 4-5 jam untuk kemudian bilas menggunakan air mendidih.

5. Gunakan Cairan Pembersih Wastafel Mampet

Cara terakhir yaitu mempergunakan produk khusus untuk membersihkan wastafel menggunakan bahan kimia yang tengunya ramah dan aman digunakan.

Anda hanya perlu menuangkan cairan tadi ke dalam saluran yang mampet, untuk kemudian diamkan beberapa saat dan siram menggunakan air panas.

Nantinya bahan kimia akan secara maksimal bekerja menghancurkan timbunan lemak serta kotoran yang ada pada dinding pipa. Cara tersebut juga berguna untuk membunuh kuman yang menyebabkan bau tidak sedap.

Cara diatas sangatlah mudah untuk Anda praktekan sebagai cara pembersih wastafel mampet dengan bahan alami dan peralatan yang sangat sederhana.

Namun Anda juga bisa menggunakan jasa pembersih pipa dari Suwun.co.id yang banyak pilihan layanan di berbagai kota di Indonesia. Service memuaskan dengan harga yang kompetitif membuat jasa layanan ini menjadi salah satu yang perlu Anda pertimbangkan.

Download aplikasi Suwun hanya di App Store dan Google Play Store.

Artikel yang Direkomendasikan