Penyebab dan Cara Atasi Kursor Bergerak Sendiri di Laptop atau di PC

Kursor atau yang sering dikenal dengan pointer adalah salah satu indikator pada layar monitor program yang digunakan sebagai penunjuk atau pemusatan perhatian pengguna. Kursor yang bergerak sendiri adalah masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengguna.

Apalagi masalah ini akan membuat pengguna kesulitan saat mengerjakan tugas. Sebenarnya cara mengatasi kursor bergerak sendiri cukuplah mudah, Anda juga bisa melakukannya sendiri. Berikut beberapa cara mengatasi kursor laptop error bergerak sendiri.

Jika Anda ingin dengan mudah atasi masalah kursor yang bergerak sendiri, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengetahui penyebab kursor bergerak sendiri. Ada banyak penyebab kursor bergerak sendiri. Berikut penyebab dan cara atasi kursor laptop bergerak sendiri.

Penyebab Kursor Bergerak Sendiri

Biasanya kursor yang bergerak sendiri, disebabkan oleh 5 masalah yaitu:

  1. Error pada sistem komputer baik yang disebabkan virus maupun bukan
  2. Ada masalah dengan charger yang rusak
  3. Masalah pada mouse atau touchpad
  4. Keyboard kotor sehingga tertekan sendiri
  5. Baterai laptop bermasalah

Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri

Jika Anda sudah mengetahui penyebab kursor laptop Anda bergerak sendiri. Anda bisa atasi dengan berbagai cara berikut ini, yaitu;

1. Cek Mousepad dan Mouse

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa mouse apakah terjadi kerusakan atau tidak. Biasanya jika konektor USB bermasalah maka kursor laptop Anda juga akan terpengaruh.

2. Periksa Baterai Mouse

Jika kamu menggunakan mouse nirkabel, pastikan baterai mouse masih memiliki daya yang cukup. Jika baterai sudah habis, gantilah dengan baterai yang baru.

3. Cek Charger Laptop

Charger yang rusak juga bisa menyebabkan kursor error. Anda bisa mengganti charger Anda dengan charger original yang bisa di beli di toko komputer.

4. Update Driver Mouse

Pastikan bahwa driver touchpad dan mouse terbaru telah diinstal. Anda bisa melakukannya dengan membuka menu Start dan cari Device Manager lalu pilih Mice and other pointing devices dan klik Update driver. Terakhir pilih opsi Search automatically for drivers dan ikuti prosesnya.

5. Atur Sensitivitas

Caranya dengan klik Control Panel, lalu pilih hardware and sound. Kemudian pilih mouse yang berada pada kolom devices and printers. Terakhir pada pointer option Anda bisa atur kecepatan sesuai keinginan Anda.

Baca juga: Tips Perawatan Mouse Setelah Dari Jasa Service Mouse Gaming

6. Menonaktifkan Trackpad

Cara atasi kursor bergerak sendiri dengan menonaktifkan trackpad cukup mudah. Hanya dengan menggunakan tombol kombinasi di setiap merek yang dimiliki. Berikut daftar tombol kombinasinya:

  • Acer         : Fn+F7
  • Mac          : Fn+F2
  • Lenovo     : Fn+F6
  • Dell          : Fn+F7
  • Asus         : Fn+F3/F7/F9
  • Toshiba     : Fn+F9

6. Lakukan Pembersihan Virus

Anda bisa melakukan pembersihan virus dengan menggunakan perangkat lunak anti-virus.

7. Restart Laptop atau PC

Restart dapat membantu mereset semua perangkat keras dan perangkat lunak dan memperbaiki masalah kursor bergerak sendiri. Lebih baik setelah Anda shut down, PC Anda didiamkan beberapa menit terlebih dahulu sebelum digunakan.

8. Lakukan System Restore

Jika masalah kursor yang bergerak sendiri tidak bisa diatasi dengan cara-cara di atas, cobalah untuk melakukan system restore ke waktu sebelum masalah terjadi. System restore akan mengembalikan komputer ke setting awal sehingga masalah kursor yang bergerak sendiri dapat diatasi.

9. Scan Komputer dengan Antivirus

Kursor yang bergerak sendiri bisa disebabkan oleh virus atau malware pada komputer. Lakukan scan komputer dengan antivirus yang terbaru dan hapus virus atau malware yang ditemukan.

10. Update Windows untuk Atasi Kursor Bergerak Sendiri

Salah satu cara mengatasi kursor bergerak sendiri Windows 10 dengan mengupdate Windows Anda ke Windows 11. Hal ini bertujuan agar device yang Anda punya selalu up-to-date dan tidak lemot.

11. Servis Laptop atau PC

Jika cara-cara di atas masih tidak bisa memperbaiki kursor di laptop Anda. Cara terakhir yang bisa Anda lakukan dengan membawa laptop atau PC Anda untuk diservis. Nantinya laptop Anda akan diperbaiki oleh ahlinya di sana. Selain itu, ada dua poin lainnya yang bisa Anda cek ketika mouse bergerak sendiri.

12. Periksa Button Mouse

Jika tombol mouse sulit ditekan, tandanya perlu diganti. Pasalnya, mouse yang sulit diklik telah mengalami kerusakan. Solusinya, Anda bisa memperbaiki mouse atau membeli mouse baru.

13. Pastikan lampu Mouse aktif dan menyala

Nah itulah cara mengatasi kursor bergerak sendiri yang bisa Anda coba sendiri. Jika Anda membutuhkan layanan jasa untuk memperbaiki kursor yang bergerak sendiri Anda bisa mengunjungi Suwun.co.id.

Anda juga bisa download aplikasi Suwun yang tersedia di Play Store ataupun App Store untuk menikmati beragam fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan