Cara Memperbaiki Pompa Power Steering Mobil

pompa-power-steering

Pada dasarnya pompa power steering berfungsi meringankan beban dari gaya yang dihasilkan mobil sehingga kemudi bisa terasa lebih ringan. Jika ada kerusakan atau kebocoran yang menyebabkan oli berkurang bisa berdampak pada pompa power steering.

Cara Memperbaiki Pompa Power Steering Mobil agar Berfungsi Normal

Berikut cara memperbaiki pompa power steering mobil agar dapat berfungsi normal.

1.  Memperbaiki pompa power steering mobil yang rusak

Masalah yang sering ditemui pada pompa power steering adalah kerusakan pada bilah pompa. Apabila tidak ada indikasi kebocoran, kemungkinan masalahnya ada pada poros pompa yang sudah aus atau bilah pompa yang rusak.

Ciri-ciri power steering mobil yang rusak yaitu kemudi setir yang terasa berat. Hal ini terjadi karena pompa tidak bisa menghasilkan daya yang maksimal untuk meringankan beban pada setir tersebut. Jadi kemudi setir Anda menjadi lebih berat dari biasanya.

Jika power steering mobil rusak, maka solusinya adalah mengganti komponen yang rusak tersebut. Perlu diganti dengan komponen yang baru agar pompa dapat kembali bekerja dengan maksimal. Periksa juga bagian-bagian lain pada sistem power steering sehingga bisa diganti sekalian jika memang perlu.

2. Cara memperbaiki pompa power steering mobil bocor

Bocornya pompa power steering juga bisa menjadi indikasi kerusakan pada komponen ini. Apabila cairan oli berkurang, dorongan pada piston juga ikut berkurang. Kondisi tersebut dapat menyebabkan power steering menjadi terasa berat dan terdengar bunyi.

Cara kerja hidrolik pada power steering ini sangat bergantung pada oli. Cairan oli memberikan tekanan fluida yang dibutuhkan komponen-komponen pada sistem power steering untuk bisa bekerja. Ketika oli bocor walaupun hanya tetes-tetes, oli pada power steering akan berkurang yang menyebabkan pompa tidak bekerja maksimal.

Apabila ada tetesan oli di lantai, kemungkinan ada masalah pada sirkulasi oli pompa power steering. Tips perbaikan pompa power steering mobil yang bocor yaitu dengan membersihkan jalur oli dan mengecek bagian steering rack atau klem selang.

Baca Juga: Jenis-jenis Refigerant Mobil Terbaik

3. Memperbaiki pompa power steering mobil yang tersumbat

Kerusakan pompa power steering mobil juga bisa ditandai dengan selang power steering yang tersumbat. Ciri-cirinya power steering menjadi berat karena oli yang tersumbat pada bagian tersebut.

Selang power steering berada di bagian yang cukup tersembunyi. Selain itu, keberadaannya yang dikelilingi komponen-komponen power steering lainnya membuat bagian selang sering diabaikan. Selang power steering yang diapit oleh komponen lain mungkin tertekuk sehingga aliran oli di dalamnya tersumbat.

Apabila kondisi ini dibiarkan, dapat menyebabkan masalah lain seperti selang bocor atau bahkan pompa mengalami jebol. Cara mengatasinya yaitu dengan membenarkan posisi selang power steering. Pastikan tidak ada yang tertekuk atau yang menyebabkan selang tersumbat agar oli juga lancar untuk sistem power steering mobil.

Itulah beberapa tanda kerusakan sistem power steering dan cara memperbaiki pompa power steering mobil agar dapat bekerja dengan optimal. Keberadaan pompa power steering ini sangat membantu kemudi agar lebih ringan khususnya pada kendaraan-kendaraan yang masing menggunakan pompa power steering. Bagi Anda yang tidak paham mengenai komponen mobil, sebaiknya perbaikan dilakukan oleh orang yang ahli.

Anda membutuhkan jasa service mobil untuk memperbaiki power steering? Jika iya, silahkan kunjungi Suwun.co.id dan masukan jenis jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan jasa yang relevan dengan pencarian Anda. Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan