Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

kompresor-kulkas-rusak

Pintu kulkas tidak bisa menutup rapat termasuk salah satu permasalahan yang dialami oleh banyak orang. Kerusakan ini harus segera diperbaiki karena bisa berbahaya bagi performa kulkas. Sebelum memanggil tukang service, Anda bisa coba dulu beberapa cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat berikut ini.

Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat dengan Benar

1. Memperbaiki posisi rak atau laci di dalam kulkas

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika pintu kulkas tidak bisa menutup rapat adalah memeriksa bagian dalamnya. Mungkin ada rak yang tidak sejajar atau laci yang masih terbuka sehingga pintu kulkas tidak dapat menutup dengan rapat.

Kembalikan posisi rak atau laci kulkas dan coba tutup lagi pintunya apakah sudah bisa menutup rapat atau belum. Apabila ada buah, sayur, atau botol minuman yang mengganjal, ubah posisi barang-barang tersebut agar pintu kulkas dapat ditutup dengan benar.

Cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak bisa menutup rapat ini tentu sangat mudah dan Anda bisa melakukannya sendiri. Silahkan tata ulang bagian dalam kulkas tersebut hingga pintu kulkas dapat menutup dengan posisi yang benar-benar rapat. Hal ini penting karena suhu di dalam kulkas perlu diisolasi dari udara luar dengan menutup pintu kulkas yang benar dan rapat.

Baca Juga: Jasa Pasang Pintu Kayu dan Alumunium

2. Cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat dengan memindahkan makanan dan minuman

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi pintu kulkas yang tidak dapat menutup rapat adalah dengan memindahkan barang-barang yang disimpan di bagian pintu kulkas. Anda mungkin banyak menaruh makanan atau minuman pada pintu kulkas yang membuat pintu tidak bisa menutup rapat.

Silahkan kurangi beban pada pintu kulkas tersebut dengan memindahkan barang-barang ke rak kulkas yang masih tersisa. Dengan mengurangi beban pada pintu kulkas, pintu dapat kembali ditutup rapat dengan mudah.

3. Membersihkan karet pintu kulkas

Apabila Anda sudah memperbaiki posisi barang-barang di dalam kulkas tetapi pintu tetap tidak bisa menutup rapat, mungkin ada masalah lain yang menjadi penyebabnya. Silahkan Anda cek dulu bagian karet pada pintu kulkas.

Periksa karet pintu kulkas yang mungkin sudah kotor sehingga mengganjal pintu untuk menutup rapat. Cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak bisa tertutup rapat karena karet kotor ini hanya perlu dibersihkan saja.

Anda dapat menggunakan air dan sabun hangat untuk membersihkan karet pintu kulkas. Jangan lupa bersihkan juga bagian dalam lipatannya agar semua kotoran, debu, dan minyak terangkat. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan bagian karet pintu kulkas.

Jika semuanya sudah dibersihkan, keringkan menggunakan lap microfiber atau kain bersih lainnya. Pastikan seluruh bagiannya sudah dibersihkan dan kemudian Anda bisa coba tutup kembali pintu kulkas sudah bisa tertutup rapat atau belum. Apabila tidak berhasil, mungkin karet pintu kulkas sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki pintu kulkas yang tidak rapat yang mudah untuk dilakukan tanpa Anda memanggil tukang service. Coba satu-satu hingga pintu kulkas Anda dapat kembali menutup rapat. Namun jika cara di atas tidak berhasil, maka solusinya adalah memanggil jasa service kulkas.

Pintu kulkas Anda rusak dan butuh tukang service? Tenang, Anda bisa mencarinya di Suwun.co.id untuk berbagai layanan jasa terbaik termasuk jasa service kulkas. Anda bisa memasukkan pilihan jasa yang dibutuhkan di kolom pencarian. Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan