Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

cara-memperbaiki-mesin-cuci-tidak-berputar

Seiring waktu, mesin cuci yang sering kita pakai akan mengalami berbagai masalah. Mulai dari mesin cuci yang tidak berputar sebagaimana mestinya, sampai dengan mesin yang mati mendadak. Tentunya, Anda tidak perlu panik jika mesin cuci mendadak mati. Sebab, ada sejumlah cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Tentunya ada beberapa penyebab yang membuat mesin cuci menjadi bermasalah, seperti komponen yang rusak, sensor mesin yang bermasalah, hingga adanya kendala pada kabel maupun motor mesin. Untuk mengetahui secara lebih detail, berikut beberapa di antaranya.

1. Kerusakan pada kabel listrik

Kabel listrik menjadi salah satu komponen pada mesin cuci yang rentan rusak. Kerusakan yang terjadi tentu bisa membuat mesin cuci menjadi mati mendadak dan bahkan tidak dapat beroperasi secara maksimal. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengecek dan memperbaiki kabel mesin cuci yang mengalami kerusakan tersebut.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah kabel apa yang bermasalah. Jika ada kabel yang putus maupun berjumbai, ada baiknya Anda segera mengganti kabel tersebut. Begitu pula kalau ada kabel yang mengelupas, sebaiknya dilakukan cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung tidak berputar supaya tidak berisiko tinggi ke depannya.

Anda juga perlu memeriksa stopkontak, sebab ada kemungkinan kerusakan bukan hanya terjadi pada mesin cuci, melainkan juga pada stopkontak. Jika semua komponen sudah diperiksa dan tidak ada masalah, namun mesin cuci masih belum dapat berputar, maka Anda bisa memanggil tukang service.

2. Adanya kebocoran pada mesin cuci

Mesin cuci yang mengalami kebocoran juga kerap menyebabkan mesin cuci menjadi mati mendadak. Padahal, masalah seperti ini kerap terjadi pada mesin cuci merk apapun. Tentunya, mesin cuci yang bocor juga akan mengganggu operasional penggunaan mesin cuci tersebut.

Apabila mengalami kebocoran, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Mulai dari yang pertama, mengganti selang pengisian dan pembuangan air karena bisa jadi, selang tersebut kendor ataupun bocor. Anda juga bisa memeriksa bantalan mesin dan menggantinya jika sudah terlihat rusak.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

3. Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar karena berdengung

Salah satu alasan lain yang membuat mesin cuci menjadi tidak berputar dan akhirnya mati adalah suara dengungan akibat muatan dalam tabung yang terlalu banyak. Meski demikian, tidak jarang pula terdapat beberapa kendala lain pada mesin yang juga disebabkan oleh kerusakan internal.

Jika suara dengungan tersebut terjadi karena muatan dalam tabung yang berlebihan, tentunya Anda perlu mengurangi beberapa pakaian yang sudah dimasukkan sebelumnya. Kendati cara ini akan membuat waktu pencucian lebih lama, namun setidaknya akan membuat mesin cuci tetap awet, bukan?

4. As mesin cuci yang macet

Penyebab lain yang membuat mesin cuci menjadi tidak berputar adalah as pada mesin yang macet. As ini macet bisa jadi karena ada permasalahan pada dinamo mesin yang kotor. Untuk mengatasinya, tentu saja perlu dibersihkan secara berkala sehingga tidak mengalami hambatan lagi.

Itulah beberapa cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Apabila kesulitan, Anda bisa segera menghubungi jasa teknisi yang ada di Suwun.co.id melalui website maupun aplikasi dari ponsel Anda.

Download aplikasi Suwun di Play Store ataupun App Store, pilih jasa yang sesuai dengan domisili dan kebutuhan Anda, selamat mencoba!

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april