9 Cara Mudah Membuat Denah Rumah

cara-membuat-denah-rumah

Denah merupakan gambar yang menunjukkan suatu tempat ataupun lokasi. Denah ini dibuat agar lokasi ataupun tempat tertentu mudah untuk ditemukan salah satunya yaitu denah rumah. Namun tidak semua orang bisa membuatnya padahal banyak manfaat yang diperoleh salah satunya merealisasikan rumah impian.

Apa Itu Denah Rumah

Denah untuk rumah dikenal juga dengan floor plan yaitu skala diagram pada suatu ruangan ataupun bangunan tampak atas. Denah ini mampu menggambarkan keseluruhan bangunan berbentuk satu lantai ataupun satu ruangan.

Cara Mudah Membuat Denah Rumah

Cara membuat denah rumah tidak terlalu sulit asalkan kalian mengetahui langkah-langkahnya dan bisa dibuat sendiri tentunya. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pembuatan denah sebagai berikut.

1. Kumpulkan inspirasi

Sebelum memulai sebaiknya kumpulkan referensi terlebih dahulu supaya dapat menjadi inspirasi atau gambaran ketika akan membuat denah untuk rumah impian. Setelah itu kalian bisa meniru tata letak serta ukurannya.

2. Buat daftar aktivasi

Daftar aktivasi ini seperti ketika kalian senang memasak maka bisa membuat dapur yang berukuran lebar sehingga nyaman ketika memasak. Tahapan ini perlu penggabungan atau pengeliminasian beberapa fungsi serta aktivasi bila diperlukan.

3. Tentukan model rumah

Model yang dimaksudkan disini adalah jumlah lantai karena bisa berpengaruh pada keseluruhan proses pembuatan sketsa. Jika ingin membuat rumah 1 lantai maka gunakan 1 layout, begitu pula seterusnya.

4. Pelajari standar ukuran denah rumah

Lakukan riset perihal kebutuhan ruangan dimulai pada standar ukuran masing-masing ruangan hingga berbagai kebutuhan dasar lainnya. Lihat juga apakah suatu ruangan memerlukan bukaan ataupun tindak.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis dan Modern

5. Tentukan jumlah ruangan

Tentukan jumlah ruangan serta lantai di rumah. jika sudah memiliki bangunan maka tinggal bagi saja jika belum maka gambarlah denah sesuai dengan ukuran lahan serta lokasinya.

6. Ukur bangunan dan lahan

Setelah bangunan ada maka lakukan pengukuran furniture, pintu, dan dinding supaya lebih akurat namun jika membuat denah rumah di Google Maps pada lahan kosong maka total area pastikan sesuai dengan lokasi yang akan dibangun.

7. Buat korelasi masing-masing ruangan dan zonasi

Hubungkan kebutuhan ruangan lalu berikan zonasi untuk diagram hubungan di antara ruangan. Usahakan masing-masing zona tidak mengalami tumpang tindih agar tidak mengganggu kenyamanan satu dengan lainnya.

8. Pembuatan denah dasar

Pembuatan denah dasar dilakukan dengan cara memainkan tebal serta tipis garis. Walaupun terkesan sederhana namun denah dasar membantu dalam memperoleh gambaran kasar perihal struktur rumah nantinya.

9. Gambar secara spesifik

Gambarlah pintu serta jendela dengan spesifik dan pastikan arahnya telah benar. Agar tidak bingung maka jangan lupa memberikan nama untuk setiap ruangan pada denah. Berikan juga keterangan perihal ukuran dan gambar.

Keterangan seperti simbol material, ketebalan dinding, lambang bukaan jendela dan pintu, serta lainnya. Ukuran perihal dimensi ruangan serta ketinggian lantai juga bisa dilengkapi beserta dengan detailnya supaya kalian tidak kebingungan ketika melihat denah tersebut.

Itulah cara mudah untuk membangun denah rumah, namun akan lebih mudah lagi jika kalian menggunakan jasa konstruksi untuk membantu membuat desain tersebut. tentunya dengan menyerahkan ke ahli akan lebih nyaman dan soal perhitungan akan benar-benar akurat

Jika merasa bingung mendapatkan jasa konstruksi terpercaya maka unduh saja aplikasi Suwun di Play Store. Temukan berbagai macam jenis layanan yang dibutuhkan dengan cepat tentunya, tidak hanya mengunduh aplikasinya namun kalian bisa mengaksesnya melalui websitenya disini.

Artikel yang Direkomendasikan