Bahan Material yang Diperlukan untuk Membangun Rumah

bahan-material-untuk-membangun-rumah

Memiliki rumah merupakan impian semua orang khususnya bagi orang yang sudah berumah tangga, akan tetapi banyak yang belum dikasih kesempatan untuk memiliki rumah, untuk mengatasi hal tersebut banyak orang yang memutuskan untuk mulai menabung Bahan material yang diperlukan untuk membangun rumah, dengan begitu keinginan membuat rumah idaman bukanlah suatu impian lagi melainkan menjadi kenyataan.

Beberapa Bahan Material yang Diperlukan untuk Membangun Rumah

Banyak sekali material yang dibutuhkan untuk membuat rumah impian. Berikut ini ialah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah, diantaranya ialah:

1. Batu bata

Bahan material yang diperlukan untuk membangun rumah yang pertama ialah batu bata, batu bata ini termasuk pada komponen utama yang harus ada karena nantinya akan digunakan untuk membuat dinding rumah. Biasanya tipe dari batu bata yang sering digunakan ialah batako dan bata merah.

Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini sudah ada batu bata yang memiliki kualitas lebih unggul dibandingkan dengan bata merah dan batako, yaitu bata enteng. Anda bisa menggunakan bata enteng sebagai pilihan untuk membuat dinding rumah.

2. Semen dan pasir

Semen dan pasir juga merupakan bahan yang harus ada ketika hendak membuat rumah, semen ini biasanya digunakan sebagai bahan perekat material seperti batu, bata, batako dan bahan bangunan lainnya.

Oleh karena itu perlu memilih semen yang memiliki kualitas yang bagus untuk menghasilkan kualitas bangunan yang bagus juga. Sedangkan pasir biasanya digunakan sebagai bahan campuran semen.

3. Baja

Selain batu bata, semen dan pasir, baja juga merupakan komponen utama yang perlu ada ketika membuat rumah. Adapun beberapa fungsi baja untuk membangun rumah ialah untuk menjadikan rangka yang akan membuat dinding menjadi lebih kuat, untuk menahan atap dan masih banyak lagi fungsinya.

Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah Terbaik

4. Paku

Paku sendiri biasanya digunakan untuk menyambungkan material satu dengan yang lainnya sehingga menjadi satu kesatuan yang memiliki fungsi. Paku ini memiliki bentuk yang kecil dan juga terdiri dari beberapa tipe yang mana masing-masing tipe memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dimulai untuk memaku bagian yang tipis seperti triplek sampai dengan balok yang tebal, ukurannya mulai dari 2 cm sampai dengan 12cm.

5. Kayu

Kayu merupakan bahan utama yang wajib disiapkan ketika hendak membuat rumah. Kayu bisa digunakan untuk apa saja, bisa untuk membuat pintu, jendela, penyangga atap dan fungsi utama lainnya sehingga kita perlu memilih kayu yang bagus agar awet atau bisa bertahan lama.

6. Genteng

Seperti beberapa bahan diatas yang memiliki fungsi utama untuk membangun sebuah rumah, genteng juga dibutuhkan sebagai atap bagian luar. Fungsi dari genteng bisa saja digantikan dengan material lain seperti genteng metal dan asbes, hanya saja untuk kedua material tersebut sangat mudah menghantarkan panas, sehingga banyak yang tidak cocok menggunakan asbes dan metal. Anda bisa menyesuaikan material apa yang akan digunakan untuk atap sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

Cari Bahan Material yang Diperlukan untuk Membangun Rumah?

Diatas merupakan sedikit ulasan mengenai material untuk membangun rumah, tapi masih banyak lagi bahan material yang diperlukan untuk membangun rumah. Nah, untuk bisa mendapatkan beberapa material tersebut dengan mudah, gunakan saja jasa professional dengan klik Suwun.co.id.

Suwun menyediakan berbagai jasa yang Anda butuhkan dengan harga yang bersaing! Anda juga bisa download aplikasinya yang bernama aplikasi Suwun di App Store ataupun Google Play Store untuk mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan informasi penting dan bermanfaat mengenai berbagai jasa. Selamat mencoba!

Artikel yang Direkomendasikan