Macam Macam Batu Alam dan Harganya Untuk Memperindah Rumah

Rumah yang indah bisa membuat penghuninya merasa lebih nyaman, salah satu cara agar membuat hunian Anda lebih indah yaitu dengan memanfaatkan batu-batu alam. Ada cukup banyak macam macam batu alam dan harganya juga bervariasi, batu alam dengan kualitas baik itu sendiri sering menjadi bahan material yang dipakai sebagai komponen pembangunan rumah.

Apa Itu Macam Macam Batu Alam dan Harganya?

Perlu Anda ketahui kalau tidak setiap batu alam bisa digunakan menjadi bahan bangunan. Batu alam untuk pembangunan umumnya yang mempunyai karakteristik kuat sehingga harganya memang cukup tinggi. Karakteristik seperti keindahan, dan keunikan corak batu menjadi penilaian penting lain dalam penggunaan batu alam untuk bangunan.

Untuk kesan lebih unik dan menarik pada dinding hunian, memakai batu alam merupakan pilihan yang sangat tepat. Dengan batu alam yang dipakai di lantai bisa juga memberikan kesan lebih mewah sekaligus menyegarkan.

Agar bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih maksimal, Anda perlu memahami seperti apa saja batu alam tersebut yang bagus dipakai untuk bahan dekorasi hunian.

Aneka Macam Macam Batu Alam dan Harganya

Batu alam mempunyai karakteristik dan pola bervariasi antara satu jenis batu dengan batu lainnya. Tergantung dari bagaimana cara pembentukan, termasuk dari apa unsur penyusunnya. Berikut ini ada beberapa jenis batu yang biasa digunakan sebagai bahan desain bangunan:

1.  Batu Andesit

Salah satunya adalah Andesit, batuan alam ini paling keras dan bisa dipakai untuk pembuatan lantai bangunan. Asal batu Andesit yaitu dari gunung berapi, dan andesit mempunyai porositas yang kecil, kelebihan lain yaitu andesit bisa tahan cuaca dengan baik dan tidak mudah untuk ditumbuhi lumut.

Kelebihan-kelebihan tersebut menjadikan andesit sering digunakan menjadi material yang mampu memperindah bangunan. Sementara harga andesit per meter cukup bervariasi, hal ini tergantung dari ketebalan, presisi ukuran dan keseragaman motif andesit tersebut.

Kita bisa melihat di pasaran ada ragam jenis batu alam beserta kisaran harga andesit yaitu 60.000 rupiah per meternya.

2.  Batu Marmer

Batuan alami marmer paling sering menjadi andalan untuk penutup lantai rumah atau menjadi lapisan finishing lantai bangunan. Marmer memiliki kecenderungan rata dan mengkilap pada tampilannya.

Marmer memiliki karakteristik kuat, tahan dipakai dalam waktu lama, perawatan marmer juga mudah. Untuk macam macam batu alam dan harganya marmer tiap meter persegi bisa dibilang cukup mahal, harga marmer bisa mencapai 1.000.000 rupiah untuk tiap meter perseginya.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Batu Alam yang Memukau

3.  Batu Palimanan

Asal batu ini dari Palimanan, Cirebon, warnanya cenderung terang, batu ini berpori juga di keseluruhan bagiannya. Sebaiknya Anda melakukan coating segera di bagian permukaan batu kalau pemasangan sudah dilakukan agar mencegah tumbuh lumut di permukaan.

Harga batu palimanan untuk per meternya di kisaran 95.000 rupiah.

4.  Batu Candi

Batu ini sering dipakai dari dulu untuk pembangunan candi. Permukaan batu ini agak kasar, warnanya cenderung abu-abu tapi bisa kehitaman juga. Walau sering dipakai untuk candi tradisional, banyak orang memanfaatkan batuan satu ini sebagai jenis batu alam untuk dekorasi rumah atau gedung dengan konsep semi modern. Kisaran harga batu candi yaitu 90.000 rupiah per meternya.

5.  Batu Paras

Batu alam ini biasa dipakai untuk dekorasi depan bangunan. Ada jenis paras Yogya dan ada Taro dari Bali, motif maupun yang cukup bervariasi. Kisaran harganya yaitu 95 ribu rupiah tiap meternya. Itulah macam macam batu alam dan harganya.

Memasang batu alam baik itu di dinding, pilar atau lantai tergolong sulit, supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa konstruksi atau jasa tukang dari Suwun.co.id. Anda juga bisa menemukan jasa konstruksi maupun jasa tukang dengan mudah di aplikasi Suwun.

Artikel yang Direkomendasikan