7 Persiapan Fogging di Rumah agar Aman

jasa-fogging

Persiapan fogging perlu dilakukan sebelum jasa pest control atau jasa fogging datang. Hal ini untuk menghindari banyaknya asap di dalam rumah.

Pergantian musim memang sangat memungkinkan terjangkitnya berbagai penyakit. Salah satu yang kerap muncul adalah demam berdarah. Biasanya begitu ada warga yang terserang penyakit, kompleks rumah Anda pun langsung mengadakan fogging untuk memberantas nyamuk.

Fogging sendiri masih cukup ramai diperdebatkan. Ada yang mengatakan cara ini tak efektif karena tidak membunuh jentiknya dan asap fogging cenderung beracun.

Namun, tak ada salahnya Anda membiarkan proses fogging dilakukan di dalam rumah, karena biasanya nyamuk justru lebih senang bersembunyi di dalam rumah, terutama di kolong tempat tidur dan di antara pakaian yang digantung.

Selain itu, asap fogging juga cenderung mengandung insektisida yang berbahaya bagi manusia jika terlalu banyak terhirup. Sebelum fogging dilakukan, perhatikan hal-hal di bawah ini bila melakukan fogging di dalam rumah.

Baca Juga: Cara Membersihkan Rumah setelah ISOMAN

1. Siapkan Masker Penutup Hidung dan Mulut

Terlalu banyak menghirup gas dan asap fighting akan menimbulkan efek samping keracunan. Yang ditandai dengan gejala batuk, mual, muntah sesak napas dan hilangnya kesadaran.

Sehingga Anda wajib menyiapkan masker penutup hidung dan mulut untuk seluruh anggota keluarga terutama anak-anak.

2. Memasukkan Baju dalam Tempat Kedap

Masukkan seluruh pakaian ke dalam lemari lalu tutup lemari dengan rapat. Untuk pakaian bayi dan anak, masukkan ke dalam plastik laundry, tutup rapat, lalu barulah Anda masukkan ke dalam lemari, setelahnya kunci lemari Anda.

3. Simpan Makanan dalam Kulkas

Singkirkan makanan dari atas meja dan masukkan ke dalam kulkas atau lemari makanan Anda. Pastikan tak ada celah yang memungkinkan asap masuk ke sela-sela lemari. Jika memang masih ada celah, bungkus makanan dengan alumunium foil sebelum disimpan.

4. Amankan Peralatan Makanan dan Mandi

Persiapan fogging selanjutnya adalah lindungi semua barang yang sering digunakan untuk makan atau membersihkan tubuh, seperti perlengkapan makan dan alat mandi.

Bungkus sendok, garpu dan pisau yang ada di atas meja makan dengan menggunakan plastik atau wadah yang sesuai. Selain itu, sikat gigi dan alat mandi yang tidak memiliki wadah sebaiknya juga Anda simpan plastik.

Agar tidak terkontaminasi asap fogging dan tetap aman digunakan kembali.

5. Ajak Keluarga dan Bawa Hewan Peliharaan Menjauhi Rumah

Sebelum petugas fogging mendekati rumah, sebaiknya ajak seluruh anggota keluarga untuk menjauhi rumah. Agar terhindar dari paparan asap fogging yang mengandung bahan berbahaya.

Buka pintu dan jendela rumah agar asap dapat masuk ke dalam rumah. Dan jangan lupa, awasi kondisi rumah dari kejauhan agar tetap aman. Jangan sampai saat fogging berlangsung Anda dan keluarga malah terjebak di dalam rumah.

Setelah proses fogging di rumah selesai, tunggu sekitar satu jam untuk masuk kembali ke dalam rumah.

6. Buka Ventilasi Rumah Selebar-lebarnya

Setelah fogging, bau asap bisa saja tertinggal di dalam rumah setelah proses tersebut berlangsung. Kerap kali lantai rumah pun akan terasa licin.

Maka itu, agar rumah kembali terasa segar dan bersih, maksimal bukaan pada tiap ventilasi yang ada di rumah Anda. Hal yang pertama, buka jendela serta pintu lebar-lebar agar asap serta bau tersirkulasi dengan udara segar dari luar.

Anda juga bisa melakukan persiapan fogging dengan menggunakan bantuan berupa kipas angin atau blower untuk kembali menyegarkan ruangan.

7. Bersihkan Residu Fogging Nyamuk di Rumah

Selanjutnya, sapu dan pel lantai di rumah. Jika Anda merasa meja kaca, kaca jendela, atau benda lainnya terasa licin, bersihkan bagian tersebut dengan cara mengelapnya dengan kain basah.

Jika pada saat proses fogging Anda serta keluarga berada di sekitar rumah, sebaiknya segera ganti baju lalu mandi hingga bersih sehingga tidak ada sisa asap insektisida yang menempel. Setelah itu, cuci baju yang Anda gunakan saat proses berlangsung secara terpisah dengan baju-baju lainnya.

Keluarkan peralatan yang Anda simpan di dalam plastik. Jika tak yakin peralatan tersebut bersih atau terpapar asap, sebaiknya segera cuci.

persiapan fogging

Nah, itulah 7 hal yang perlu Anda persiapkan bila melakukan fogging di dalam rumah.

Booking jasa Disinfektan dan Jasa Pest Control atau Fogging Rumah atau Kantor melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april