Biaya Renovasi Kamar Mandi dan Rinciannya

biaya-renovasi-kamar-mandi

Sebagai salah satu ruangan vital dalam sebuah rumah, kelayakan kamar mandi harus senantiasa diperhatikan. Jika Anda ingin memperbaikinya, tentu diperlukan estimasi biaya renovasi kamar mandi secara menyeluruh.

Detail Biaya Renovasi Kamar Mandi

Ada beberapa bagian dalam kamar mandi yang kerap menjadi objek perbaikan, mulai dari penggantian cat, bak mandi, keramik, dan sebagainya. Berikut detail dan estimasi biaya renovasi dapur dan kamar mandi yang sangat mungkin Anda butuhkan.

1. Kloset

Detail selanjutnya yang Anda perlu siapkan ketika merenovasi kamar mandi yakni kloset. Baik kloset duduk maupun kloset jongkok, semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, tentu saja dengan harga yang berbeda dan variatif.

Sebagai contoh untuk kloset duduk, harganya berkisar ratusan ribu tergantung kualitasnya. Rata-rata, kloset duduk dengan kualitas terbaik dibanderol dengan harga 800-850 ribuan. Berbeda dengan kloset jongkok yang harganya berkisar antara 100-200 ribuan saja.

2. Keramik atau cat dinding

Kebutuhan renovasi kamar mandi umumnya membutuhkan beberapa dus keramik. Tentunya, kebutuhan keramik disesuaikan dengan luas kamar mandi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, kamar mandi sederhana umumnya membutuhkan 5 dus.

Rata-rata, harga satu dus berkisar antara 50-60 ribuan sehingga estimasi biaya perbaikan kamar mandi sederhana untuk pengadaan keramik dapat mencapai 250 sampai 300 ribuan rupiah.

3. Shower dan wastafel

Bagi Anda yang ingin merenovasi kamar mandi dengan gaya modern, Anda dapat menambahkan shower dan wastafel. Untuk shower sendiri, ada yang harganya puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Jika Anda ingin memiliki shower berkualitas baik, Anda dapat membeli shower dengan kisaran harga 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

Selain itu, tambahkan juga wastafel sebagai pelengkap kamar mandi. Apabila ingin melengkapi kamar mandi dengan wastafel, harganya juga tidak jauh berbeda dengan shower, yakni sekitar 500 ribu sampai dengan 1,5 juta rupiah.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi dan Wastafel Minimalis

4. Biaya tukang

Pertimbangan alokasi anggaran yang juga perlu diperhatikan yakni biaya jasa tukang, terlebih untuk perbaikan kamar mandi umumnya akan dikerjakan oleh dua orang pekerja. Jika proses perbaikan berlangsung selama 10 hari dengan biaya tukang Rp100.000 per hari, maka estimasi biaya renovasi kamar mandi 1,5×1,5 untuk jasa 2 orang tukang mencapai 2 juta rupiah.

5. Biaya renovasi kamar mandi tambahan lain

Tentunya, ada biaya tambahan lain yang juga musti diperhatikan, terutama untuk sejumlah perlengkapan seperti cat dinding, gantungan handuk, besi, dan sebagainya. Adapun harga cat dinding kamar mandi yang berkualitas umumnya dijual seharga 100-145 ribu di sejumlah marketplace.

Pikirkan juga apakah akan ada tambahan semen, pipa, maupun batu bata yang akan digunakan untuk membangun ulang kamar mandi Anda. Adapun estimasi untuk semen hingga batu bata ini berkisar antara 1-2 juta rupiah.

Secara umum, maka total rincian biaya renovasi kamar mandi sederhana dari daftar kebutuhan di atas bisa mencapai 7-10 jutaan rupiah. Hal ini tentu tergantung dari kebutuhan dan harga masing-masing perlengkapan.

Itulah beberapa detail biaya renovasi yang umumnya dibutuhkan untuk kamar mandi. Apabila Anda kesulitan menemukan jasa renovasi kamar mandi terbaik di sekitar Anda, silakan kunjungi Suwun.co.id, kemudian masukkan jenis layanan yang Anda butuhkan.

Selain melalui website, Anda juga bisa mencari jasa yang lain dengan biaya perbaikan kamar mandi yang terjangkau melalui aplikasi atau langsung hubungi melalui WhatsApp disini! Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap!

Artikel yang Direkomendasikan