Rincian Biaya Jasa Pemasangan Kanopi

biaya-pemasangan-kanopi

Kanopi saat ini sudah banyak dipakai, baik untuk rumah tangga maupun untuk perkantoran. Komponen bangunan ini seringkali digunakan sebagai pelindung atap bahkan bisa melindungi bagian lain di luar rumah seperti carport. Hal ini tentu juga didukung dari sifat bahannya yang kuat dan tahan lama.

Kendati demikian, tidak sedikit pemilik rumah yang tidak mengetahui secara detail berapa biaya yang dibutuhkan untuk jasa pemasangan kanopi tersebut. Oleh karena itu, berikut coba kami sampaikan beberapa rincian biaya pemasangannya.

Jenis dan Rincian Biaya Jasa Pemasangan Kanopi

Sebelum memutuskan untuk memasang kanopi, ada baiknya jika Anda mengetahui jika setidaknya terdapat 3 cara yang bisa digunakan untuk hal tersebut. Mulai dari pemasangan secara mandiri, pemasangan dengan tenaga profesional, hingga menggunakan sistem borongan.

1. Pemasangan secara mandiri

Jika Anda memiliki kemampuan dan alat-alat yang lengkap, melakukan pemasangan kanopi secara mandiri tentu bukan menjadi suatu hal yang sulit. Tentu saja, kelebihan dari sistem ini adalah menghemat biaya yang sebelumnya bisa diperlukan untuk membayar tenaga jasa pemasangan kanopi baja ringan.

Sayangnya, pemasangan secara mandiri ini akan tetap mempunyai risiko yang lebih tinggi, terutama jika Anda tidak terbiasa. Bisa saja komponen-komponen kanopi yang terpasang tidak sesuai tempatnya dengan hasil yang kurang maksimal. Belum lagi dengan risiko keselamatan jika tidak berhati-hati.

2. Menggunakan jasa pemasangan kanopi profesional

Penggunaan jasa profesional untuk melakukan pemasangan kanopi dari baja ringan dapat menjadi salah satu pilihan jika Anda kesulitan untuk melakukan pemasangan sendiri. Meski demikian, umumnya biaya pemasangan kanopi oleh tenaga profesional bisa dilakukan dengan biaya mulai dari Rp200.000 per meter atau lebih rendah tergantung kesepakatan.

Adapun rinciannya biasanya sebagai berikut. Ukuran kanopi yang akan dipasang adalah 3×5 meter atau 15 meter persegi dengan biaya per meter Rp200.000. Maka, harga jasa pemasangan kanopi baja ringan untuk satu buah kanopi berukuran 3×5 meter tersebut adalah Rp200.000 x 15 = Rp3.000.000.

Sebagai catatan, biaya di atas tidak jarang sudah termasuk dengan material yang dibutuhkan dan alat-alat yang disediakan oleh tukang profesional tersebut. Anda mungkin hanya perlu menyiapkan biaya cadangan atau biaya darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah agar Terlihat Luas

3. Sistem borongan untuk pemasangan kanopi

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem borongan di mana biayanya lebih ekonomis dibandingkan dengan langkah sebelumnya. Terlebih, Anda hanya perlu membeli bahannya sendiri dengan rata-rata jasa pemasangan sekitar Rp125.000 sampai dengan Rp150.000 per meter.

Sebagai contoh, jika ingin memasang kanopi berukuran 4×6 meter dengan biaya jasa pemasangan kanopi Pekanbaru Rp150.000, maka biaya kotor yang perlu Anda siapkan adalah Rp150.000 x 24 = Rp3.600.000. Tentunya, biaya ini tidak termasuk dengan biaya material yang Anda butuhkan beserta dengan biaya darurat lain jika diperlukan.

Besaran biaya di atas biasanya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari wilayah tempat jasa tersebut berada, harga material, dan sebagainya. Untuk bisa mendapatkan harga terjangkau dengan kualitas tukang terbaik, Anda dapat menggunakan website dan aplikasi dari Suwun.co.id.

Aplikasi ini memuat berbagai pilihan jasa yang dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai kesulitan Anda, termasuk memanggil tukang terbaik untuk jasa pemasangan kanopi rumah Anda. Segera saja download aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store untuk berbagai fitur lengkap guna memanggil jasa tukang terbaik di kota Anda!

Recommended Articles