Ide Unik Warna Cat untuk Anak Tangga

warna-cat-tangga

Anak tangga tentu sangat penting bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat. Hanya saja, terkadang perlakuan anak tangga sedikit dilupakan, terutama dari segi tampilan. Terlebih, warna cat untuk anak tangga seringkali hanya terbatas pada warna hitam, putih, atau coklat tanpa adanya pemanis tertentu.

Inspirasi Warna Cat untuk Anak Tangga yang Unik

Anak tangga yang tampilannya menarik tentu akan membuat tampilan rumah menjadi semakin cantik. Menariknya, kita biasanya tidak memerlukan banyak cat sehingga dana yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit dengan beragam ide menarik. Berikut beberapa ide anak tangga yang bisa Anda aplikasikan.

1. Beri sentuhan warna cerah

Sebagai transisi antara satu ruang dengan ruangan lain yang letaknya lebih tinggi atau lebih rendah, biasanya kita akan senantiasa menggunakan anak tangga. Adapun bagian yang seringkali terabaikan ini bisa diberi sentuhan warna-warna cerah yang kontras dengan ubin untuk menarik perhatian.

Jika ubin ruangan berwarna dominan putih, Anda dapat menggunakan warna cerah seperti kuning atau merah untuk contoh cat untuk tangga. Memang kedua warna tersebut terkesan ‘menabrak’, namun inilah uniknya karena bagian tangga ini akan menjadi pusat perhatian bagi siapa pun yang melihatnya.

2. Dicat dengan kata-kata pemanis

Ingin tampilan yang lebih berbeda namun tetap unik? Coba cat bagian anak tangga yang ada di rumah Anda dengan kata-kata motivasi atau kata-kata lain yang menjadikan tampilan semakin manis seperti nama-nama bulan, urutan angka, bahkan penulisan kalori yang dibakar saat naik tangga.

Warna-warna anak tangga seperti ini sejatinya banyak diaplikasikan pada area umum, namun bukan berarti tidak cocok jika ingin digunakan pada hunian rumah. Malahan, cat seperti ini akan menambah suasana rumah menjadi lebih semarak dengan ide yang lebih menarik.

Baca Juga: Tips Membuat Rumah Minimalis yang Bisa Ditiru

3. Pola warna cat untuk anak tangga

Mencampurkan motif dan warna menggunakan pola tentu menjadi salah satu pilihan variasi yang bisa diaplikasikan untuk anak tangga. Anda bahkan bisa menggunakan bermacam-macam motif supaya terlihat lebih semarak.

4. Menggunakan warna-warna ombre

Warna-warna ombre akan terlihat segar jika diaplikasikan pada sejumlah anak tangga. Warna-warna ombre atau gradasi ini diaplikasikan dari dua warna monokromatik yang berbeda. Kreativitas dari kombinasi warna akan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Supaya lebih cepat, Anda juga dapat menggunakan beberapa cat yang mempunyai variasi warna yang cenderung mirip. Misalnya warna merah yang divariasikan dengan pink, merah muda, fuschia, dan sebagainya. Namun, pastikan memilih warna cat yang baik untuk tangga supaya aman bagi keluarga.

5. Menambah sentuhan keramik

Sentuhan sejumlah keramik juga bisa menjadi salah satu opsi untuk menghilangkan kesan monoton pada tangga. Bisa dipasang teratur seperti halnya pemasangan keramik pada umumnya, atau bisa juga dengan teknik mozaik. Meski demikian, ada baiknya tidak menggunakan terlalu banyak motif supaya tidak terkesan berantakan.

6. Bereksperimen dengan tampilan bercorak garis

Memberi corak garis pada anak tangga juga dapat menjadi pilihan. Namun, ide ini bukan perkara yang mudah karena harus disesuaikan dengan interior ruangan. meski demikian, hasilnya bisa sangat menarik karena mencolok dibanding ide-ide yang lain.

Artikel yang Direkomendasikan