Manfaat Kerokan dari Sisi Medis, Apa Saja?

manfaat kerokan

Pergantian musim biasanya ditandai dengan cuaca yang tidak menentu, pada pergantian musim ini menghadirkan suasana yang tidak mengenakan. Hal ini biasanya akan membuat sebagian orang akan merasakan tidak enak badan apalagi yang kondisi tubuhnya sedang tidak fit atau rentan. Kondisi ini biasanya disebut dengan istilah masuk angin.

Perawatan yang akan dilakukan oleh orang Indonesia jika terserang gejala masuk angin adalah kerokan. Kerokan ini dinilai sebagai budaya yang akan dilakukan jika terkena masuk angin, manfaat kerokan dinilai lebih bagus dibandingkan dengan meminum obat oleh beberapa orang. Oleh karena itu banyak yang memilih kerokan dibandingkan dengan melakukan perawatan yang lainnya.

Apa Saja Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan?

Bagi orang Indonesia, melakukan kerokan termasuk hal yang biasa dilakukan. Fungsi kerokan pada umumnya dapat mengatasi gejala masuk angin yang Anda alami. Cara melakukannya pun dinilai mudah, namun terdapat beberapa tips kerokan yang bisa Anda lakukan jika Anda baru pernah melakukan hal ini.

Cara umum yang dilakukan adalah dengan menggaruk bagian permukaan kulit menggunakan benda tumpul atau alat pengerok sambil ditekan sedikit. Nah namun sebelumnya Anda harus membaluri permukaan kulit dengan minyak terlebih dahulu agar Anda tidak akan merasa sakit karena gesekan yang timbul dari alat pengerok tersebut.

  • Meningkatkan sistem imun

Manfaat yang pertama ternyata dengan melakukan kerokan ini bisa meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Kerokan ini ternyata bisa membuat Anda mampu bertahan lebih baik dalam menghadapi infeksi.

  • Meningkatkan hormon endorfin

Selanjutnya dengan kerokan ini ternyata juga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa berperan dalam penghilang rasa sakit secara alami. Hormon ini juga diteliti berkaitan dengan perasaan senang saat melakukan sesuatu.

Jadi dengan kerokan ini dinilai bisa menimbulkan rasa senang, segar dan nyaman. Jadi hormon ini memang sangat berkaitan dengan energi positif yang ada pada diri masing-masing orang.

  • Mengurangi rasa nyeri

Manfaat sakit dan nyeri yang ditimbulkan dari gangguan syaraf juga bisa diobati dengan melakukan kerokan ini.

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Perlu Jasa Pijat Capek di Rumah

  • Meregenerasi sel

Manfaat selanjutnya adalah dapat meregenerasi sel dengan baik.

  • Bisa mengatasi timbulnya sindrom perimenopause

Tahukah Anda, kerokan ini sudah diteliti dan ternyata memiliki manfaat yang berhubungan dengan sindrom perimenopause.

Sindrom ini muncul karena adanya perubahan pada jumlah kadar hormon estrogen yang ada pada darah. Sindrom ini bisa mengakibatkan nyeri pada otot dan tulang, mudah lelah namun susah tidur, sampai proses menstruasi yang tidak teratur.

Nah dengan kerokan ternyata bisa menghindari gejala sindrom perimenopause. Jadi masalah seperti nyeri otot atau tidur yang tidak teratur bisa diatasi dengan kerokan.

Itulah beberapa manfaat dari kerokan, manfaat kerokan ternyata diteliti terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya Anda melakukan kerokan ini dengan meminta bantuan orang terdekat atau memanggil jasa pijat. Manfaat jasa pijat memang dinilai menguntungkan karena dengan bantuan jasa tersebut Anda bisa berelaksasi dan melepas penat yang ada.

Rasakan Manfaat Kerokan dengan Jasa Pijat Professional

Jika Anda sedang mencari jasa pijat namun bingung menentukan jasa pijat mana yang terbaik maka Anda bisa klik Suwun.co.id.

Ada juga aplikasi Suwun yang akan memudahkan Anda menavigasi pencarian jasa pijat yang Anda inginkan. Jika Anda belum mendownloadnya maka Anda bisa download terlebih dahulu di Playstore ataupun App Store. Download aplikasi Suwun sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan