Berapa Biaya Bongkar AC Rumah? Simak di Sini!

biaya-bongkar-ac

Apakah Anda ingin memperbaiki AC, seperti ganti freon AC dan cuci AC di rumah? Pastikan Anda memilih jasa terpercaya untuk mengerjakannya. Artikel ini akan membahas mengenai biaya bongkar Pasang AC yang perlu Anda ketahui supaya bisa menganggarkan biaya perbaikan AC dengan tepat.

Jenis-Jenis AC

Anda perlu mengetahui mengenai jenis-jenis AC yang biasa digunakan di rumah atau di tempat lainnya. AC saat ini dapat dikatakan sebagai kebutuhan. Setiap rumah memiliki AC untuk menghadapi cuaca yang panas.

Terdapat beberapa jenis AC yang banyak digunakan di rumah, sebagai berikut:

AC Split Wall

AC Split merupakan jenis yang biasa digunakan di rumah. Daya listrik yang diperlukan sekitar 800 watt. Perawatan AC ini juga cukup mudah, sehingga dipilih menjadi salah satu AC yang banyak dipasang di rumah, kantor, dan tempat lainnya.

AC Sentral

AC sentral menjadi salah satu pilihan AC yang banyak dipasang di rumah. Terutama, rumah yang memiliki ruangan yang besar. Cara kerja dari AC ini adalah mengalirkan hawa dingin ke dalam ruangan dengan menggunakan cooling plant yang berasal dari luar ruangan.

AC Inverter

AC Inverter memiliki harga yang sedikit mahal, namun kinerjanya tidak dapat diragukan. AC jenis ini dapat mengatur kinerja kompresor sesuai dengan kebutuhan suhu ruangan. Sehingga, Anda akan mendapatkan suhu ruang yang nyaman untuk beraktivitas.

AC Standing Floor

Jika Anda menginginkan pemasangan AC yang mudah, maka Anda bisa menggunakan AC Standing Floor. Sesuai dengan namanya, AC ini digunakan dalam posisi berdiri. Selain itu, AC ini dapat dipindah-pindahkan penempatannya sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: Mengapa Anda Perlu Jasa Service AC?

Berapa Biaya Bongkar Pasang AC?

Mungkin, Anda mulai bertanya-tanya mengenai kisaran biaya yang dibutuhkan untuk service AC. Biaya untuk bongkar pasang AC dapat diperkirakan sekitar Rp350.000 hingga Rp850.000.Anda perlu tahu hal apa saja yang bisa mempengaruhi biaya jasa bongkar pasang AC, sebagai berikut:

Mungkin, Anda mulai bertanya-tanya mengenai kisaran biaya yang dibutuhkan untuk servis AC. Biaya untuk bongkar pasang AC dapat diperkirakan sekitar Rp350.000 hingga Rp850.000.Anda perlu tahu hal apa saja yang bisa mempengaruhi biaya jasa bongkar pasang AC, sebagai berikut:

Biaya Bongkar Pasang AC Berdasarkan Jenis AC

Anda perlu tahu, bahwa mahal dan murahnya pemasangan dan pembongkaran AC dipengaruhi oleh jenis AC yang akan dibongkar atau dipasang. Misalnya, jasa pemasangan AC 0,5pk-1,5pk memerlukan biaya pemasangan sekitar RP350.000.

Sedangkan, untuk jenis AC Cassette dan AC Standing memerlukan biaya sekitar Rp850.000. Hal ini disesuaikan dengan kerumitan dalam pemasangan.

Biaya pembongkaran AC juga dipengaruhi oleh jenis AC. Misalnya, untuk membongkar AC Split 0,5pk – 2pk membutuhkan biaya sekitar Rp150.000. Sedangkan, biaya sekitar Rp350.000 dibutuhkan untuk membongkar AC jenis Cassette.

Biaya Bongkar Pasang Pendingin Ruangan Berdasarkan Jenis Pekerjaan yang Dilakukan

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan biaya bongkar pasang AC adalah jenis pekerjaan yang dilakukan. Misalnya, Anda melakukan perbaikan AC dan ingin ganti freon AC saja. Maka, biaya yang Anda keluarkan adalah biaya ganti freon saja.

Semakin banyak jenis pekerjaan yang Anda berikan, semakin besar biaya yang mungkin Anda keluarkan. Hal ini dikarenakan material sparepart AC memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga, Anda wajib merawat AC Anda supaya tidak cepat rusak.

Perawatan yang tepat akan memberikan umur yang panjang pada AC Anda. Jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin. 

Demikianlah pembahasan mengenai biaya yang digunakan untuk bongkar pasang AC. Pastikan Anda menyiapkan anggaran yang cukup untuk memasang dan membongkar AC di rumah. Ingat, rawat AC Anda karena biaya perbaikannya cukup mahal. Yuk, cari jasa di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan