Daftar Harga Besi di Pekanbaru 2022

harga-besi-pekanbaru

Pembangunan di daerah Pekanbaru tahun 2022 cukup pesat sehingga ketersediaan material bangunan juga cukup lengkap. Salah satu material yang sering digunakan sebagai konstruksi bangunan yaitu besi beton. Anda perlu mengetahui fungsi dan kelebihannya terlebih dahulu serta daftar harga besi di Pekanbaru sebelum membangun rumah. Apalagi setiap jenis dan ukuran besi memiliki harga yang berbeda-beda.

Fungsi Besi Beton Pada Konstruksi Bangunan

Meskipun hanya dengan beton saja bangunan sudah cukup kuat akan tekanan, tetapi masih cukup lemah dalam hal tarikan sehingga diperlukan besi beton. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari besi beton.

  • Sebagai Penguat Primer

Dalam hal ini, besi beton berperan sebagai penguat primer untuk memberikan ketahanan dan mendukung beban desain bangunan. Karena fungsinya yang sangat penting, pembangunan di Pekanbaru selalu menggunakan material ini. Untuk daftar harga besi di Pekanbaru berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

  • Sebagai Penguat Sekunder

Selain itu, besi ini juga berfungsi sebagai daya tahan bangunan kita memberikan sentuhan estetika. Dengan menggunakan besi maka bangunan tidak mudah retak karena berbagai risiko.

  • Batang Pengikat Baja Eksternal

Besi beton juga berfungsi sebagai batang pengikat baja eksternal sehingga dapat memperkuat dan membatasi struktur pemasangan bata. Selain itu material ini juga sering digunakan sebagai sarana konservasi bangunan.

Jenis dan Daftar Harga Besi di Pekanbaru

Pada konstruksi bangunan, biasanya panjang besi beton yang digunakan yaitu 12 mm. Untuk diameter yang paling umum digunakan yakni 8 mm dan 10 mm. Daftar harga besi di Pekanbaru juga bervariasi, kira-kira mulai dari 83.000 rupiah per-batang untuk yang ukuran 10 mm. Sedangkan untuk ukuran 12mm harganya mulai dari 120.000 per-batang.

Pengelompokan besi beton dibedakan menjadi dua jenis yaitu besi beton polos dan ulir.

1. Besi Beton Polos

Perlu diketahui bahwa besi beton polos merupakan besi tulangan beton dengan penampang bundar yang permukaannya rata tidak berulir. Biasanya besi ini mempunyai permukaan yang licin dan mulus dengan bentuk penampang bundar.

Besi beton polos umumnya dimanfaatkan untuk mengikat dan membungkus batang besi ulir pada satu konstruksi beton.

2. Besi Beton Ulir

Sedangkan besi beton ulir merupakan besi tulangan beton dengan permukaan yang tidak rata karena terdapat ulir melintang serta memanjang. Ulir tersebut berfungsi untuk menahan gerakan yang membujur dari batang ke beton. Pemasangan besi beton ulir cenderung lebih sulit karena kurang lentur.

Untuk daftar harga besi di Pekanbaru untuk jenis besi beton polos dan ulir juga berbeda-beda. Hal ini juga tergantung dengan ukurannya.

Baca Juga: 4 Warna Pagar Rumah Elegan

Keunggulan Dari Penggunaan Besi Beton

Dalam konstruksi bangunan penggunaan besi beton memiliki banyak sekali keunggulan. Dalam proses perencanaan anggaran pembangunan juga perlu mengetahui berapa biaya besi di Pekanbaru mengingat fungsi dan keunggulan material ini sangat penting.

Adapun keunggulan dari besi beton antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kekuatan tekanan lebih tinggi dibandingkan material lain.
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan api serta cocok untuk bangunan yang bersentuhan langsung dengan air.
  • Strukturnya sangat kokoh.
  • Tidak butuh biaya pemeliharaan yang tinggi.
  • Mempunyai usia yang relatif panjang.
  • Memiliki nilai ekonomis untuk pembangunan dinding basement, pondasi tapak, dan tiang tumpuan jembatan.

Mengingat pentingnya material ini dalam konstruksi bangunan, penting bagi Anda untuk mengetahui daftar harga besi di Pekanbaru sehingga dapat menyiapkan anggaran dengan baik.

Daftar Harga Besi di Pekanbaru dan Jasa Kontraktor Bangunan Terbaik

Anda juga perlu menggunakan jasa kontraktor yang tepat untuk membangun rumah impian.

Kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan jasa kontraktor bangunan sesuai kebutuhan sehingga proses pembangunan rumah menjadi lancar. Ada banyak pilihan jasa kontraktor berpengalaman dan terpercaya yang direkomendasikan untuk Anda. Download juga Aplikasi Suwun di Play Store dan App Store untuk berbagai fitur lengkap lainnya.

Artikel yang Direkomendasikan