Berapa Biaya Buat Garasi Mobil Beserta Tips Membuatnya

jasa kaca mobil

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli mobil atau kendaraan lain dalam waktu dekat, pastikan untuk menyiapkan garasi mobil yang layak untuk kendaraan Anda. Sebab, garasi adalah salah satu fitur rumah yang sangat penting, tetapi terkadang diabaikan. Mulai dari penyimpanan sepeda anak-anak, dekorasi musiman, ataupun barang-barang penyimpanan lainnya dapat memanfaatkan garasi untuk penyimpanan ataupun ruang kerja.

Saat ini ada banyak cara membuat garasi mobil sederhana yang bisa Anda lakukan. Namun, tahukah Anda berapa biaya buat garasi mobil di rumah? Membangun garasi dari awal membutuhkan banyak pengetahuan dan perencanaan.

Berapa Biaya Buat Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah?

Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa hal mengenai cara membuat garasi mobil murah dan biaya pembuatan yang dibutuhkan.

  • Carport dari Baja Ringan

Salah satu cara membuat garasi mobil dari baja ringan adalah dengan menggunakan kanopi yang berbahan dasar baja ringan untuk menghasilkan look yang minimalis bagi rumah Anda. 

Penggunaan kanopi baja ringan, tidak hanya melindungi kendaraan Anda dari sinar matahari dan hujan, namun juga sekaligus memberikan pencahayaan yang lebih baik untuk rumah Anda. Selain itu, penggunaan kanopi baja ringan juga dinilai memiliki daya tahan pada cuaca ekstrem, termasuk karat dan rayap.

Pembuatan carport dengan kanopi baja ringan, memakan biaya yang cukup terjangkau, sehingga cocok untuk yang memiliki budget terbatas. Umumnya, biaya yang akan dikeluarkan dalam pembuatan kanopi baja ringan yaitu berkisar antara Rp.335 ribu hingga Rp.550 ribu per meter, tergantung dari jenis rangka baja ringan yang digunakan.

Baca juga: Jenis dan Harga Pintu Rolling Door

  • Carport Sederhana dari Kayu

Pembuatan carport umumnya terbuat dari baja ringan, besi, ataupun polycarbonate, tetapi kini kamu bisa membuat garasi mobil sederhana dari kayu, loh! Selain unik, material kayu ini dapat memberikan kesan yang hangat dan estetik pada bangunan rumah Anda. Anda bisa menambahkan tanaman rambat pada bagian atas kanopi kayu agar lebih terkesan alami.

Inspirasi model yang bisa Anda ikuti adalah dengan menggabungkannya dengan kaca ataupun rangka besi. Penggunaan material kayu, memberikan beberapa keunggulan seperti proses pemasangan kanopi yang mudah, memiliki nilai estetika, serta memberikan kesan yang alami pada bangunan rumah. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk memiliki kanopi dengan material kayu adalah Rp.350 ribu hingga Rp.500 ribu per meter.

  • Berapa Biaya Buat Garasi Mobil dari Beton?

Salah satu inspirasi lainnya yang bisa Anda tiru adalah dengan membuat carport dari Beton. Pemilihan material untuk carport dinilai sangat berpengaruh untuk tampilan fasad rumah Anda. Meskipun biaya pembuatan carport beton dinilai cukup mahal, namun ternyata material ini memiliki ketahanan yang sangat lama hingga bertahun-tahun.

Anda bisa merancang model carport beton secara minimalis dengan membuat desain dak beton polos tanpa penambahan material lain. 

Inspirasi model lainnya adalah dengan menggabungkan antara dak beton dengan polikarbonat atau dengan menambahkan kaca pada bagian atasnya. Untuk biaya dak beton carport, harga yang perlu dikeluarkan berkisar antara Rp.820 ribu hingga Rp.1,2 juta per meter, lagi – lagi tergantung dari jenis beton yang digunakan.

Itulah penjelasan mengenai berapa biaya buat garasi mobil yang lengkap dengan inspirasi yang mungkin dapat bermanfaat untuk Anda. 

Apabila Anda sedang mencari jasa pembuatan carport yang berpengalaman dan terbaik di bidangnya, mungkin Anda bisa mengunjungi Suwun.co.id atau mengunduh aplikasi Suwun di Play Store dan App Store untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mudah.

Artikel yang Direkomendasikan