Bad Sector Adalah: Pengertian dan Apa Saja Penyebabnya

bad-sector-adalah

Masalah yang terjadi pada komputer cukup beragam. Salah satu masalah yang mungkin terjadi pada komputer yang berusia usang adalah bad sector. Bad sector adalah istilah yang sering dipakai teknisi dalam menyebutkan kerusakan pada komputer lebih tepatnya pada harddisk.

Bad Sector Adalah? Apa Penyebabnya?

Bagi kebanyakan orang, istilah yang satu ini mungkin terdengar aneh. Namun Anda akan sering mendengar hal ini ketika komputer Anda mengalami masalah. Lalu sebenarnya apa itu bad sector?

Pengertian bad sector adalah

Bad sector yaitu permasalahan yang terjadi karena adanya kerusakan pada harddisk. Contoh masalah yang terjadi yaitu terputusnya transfer data saat sedang menyalin pada sebuah perangkat, atau terjadi benturan pada perangkat harddisk. Salah satu penyebab mengapa harddisk mengalami kerusakan karena matinya daya listrik saat komputer sedang berjalan secara mendadak.

Jika hal ini terjadi ternyata akibatnya cukup fatal. Beberapa hal yang mungkin terjadi yaitu adanya kerusakan file sistem operasi yang mana hal ini bisa mengakibatkan komputer tidak dapat masuk pada sistem. Hal yang mungkin dilakukan adalah memperbaiki atau menginstall ulang sistem operasi pada komputer.

Baca juga: Harga Jasa Service Komputer Panggilan

– Penyebab terjadinya bad sector

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa penyebab terjadi masalah ini bisa beraneka ragam. Penyebab yang pertama bisa terjadi karena daya magnet yang melemah. Dengan melemahnya daya magnet maka kemampuan harddisk dalam menyimpan file akan menjadi turun bahkan lebih parahnya sampai tidak dapat menyimpan file lagi.

Penyebab selanjutnya bisa karena benturan maupun guncangan. Anda mungkin pernah mengalami ketidaksengajaan laptop Anda terjatuh atau terbentur. Dari segi fisiknya mungkin terlihat biasa saja atau sedikit lecet. Hal yang sebenarnya terjadi komponen di dalamnya bisa jadi mengalami kerusakan akibat dari guncangan tadi.

Maka penting sekali memang berhati-hati dalam membawa alat elektronik apapun termasuk laptop. Penyebab selanjutnya bad sector adalah adanya listrik yang tidak stabil ketika Anda sedang menyalakan komputer ataupun laptop.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda cermati hal-hal yang bisa menyebabkan bad sector. Semoga bermanfaat.

Mau order jasa service komputer secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan