Overheat Adalah: Pengertian dan Cara Pencegahannya

overheat-adalah

Bagi sebagian orang, laptop atau komputer menjadi perangkat elektronik yang penting serta paling sering digunakan. Namun dibalik penggunaannya banyak yang tidak tahu cara merawat atau menangani laptop yang bermasalah. Jika tidak dirawat atau ditangani dengan benar, bisa membuat laptop menjadi panas atau overheat adalah suhu komputer melebihi batas normal.

Overheat Adalah: Definisi dan Cara Mencegahnya

Seperti yang diketahui mencegah lebih baik dibanding memperbaiki. Hal ini berlaku juga pada komputer. Salah satu masalah yang sering dialami adalah adanya overheat pada komputer yang mana hal ini dinilai cukup mengganggu. Apalagi jika overheat ini sampai membuat komputer menjadi hang atau bahkan sampai mati.

Parahnya lagi, masalah ini juga bisa membuat komponen komputer menjadi rusak hingga membuat Anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikannya.

– Pengertian overheat adalah

Overheat dalam bahasa Indonesia berarti kelebihan panas. Kaitannya dengan komputer, pengertian overheat yaitu keadaan dimana komputer memiliki suhu melebihi batas normal.

Komponen yang paling sering mengalami overheat adalah prosesor. Dampaknya apabila komputer mengalami overheat yaitu akan lebih cepat panas ketika baru saja digunakan maupun akan cepat mati sendiri juga padahal tidak dimatikan.

Baca juga: Harga Jasa Service Komputer Panggilan

– Cara mencegahnya

Sedikit tips yang bisa dibagikan di sini untuk mencegah masalah overheat yaitu pertama Anda bisa membersihkan komputer secara rutin. Proses ini ternyata berpengaruh terhadap kinerja komponen komputer. Jadi perlu diingat bahwa komponen komputer seperti CPU atau komponen lainnya juga perlu dibersihkan ya.

Contohnya Anda bisa membersihkan CPU seminggu sekali atau membersihkan bagian kipas pendingin sebulan sekali. Selain dibersihkan Anda juga harus lebih aware terhadap pemilihan jenis kipas yang digunakan.

Untuk menghindari masalah overheat maka disarankan untuk menggunakan jenis kipas pendingin yang memiliki kualitas terbaik. Meski sedikit mahal namun hal ini bisa menghindari risiko terjadinya overheat yang dapat merugikan Anda.

Selain itu cara lain mencegah terjadinya overheat adalah meletakkan komputer pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik. Hal ini ternyata berpengaruh juga terhadap kinerja komponen.

Mau order jasa service komputer secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan