Apa Itu Freon AC? Cara Kerja Freon dalam AC

service ac

Dalam sistem Air Conditioner atau AC, tentu Anda acapkali pernah mendengar istilah “freon”. Freon adalah komponen kunci dalam AC yang berperan penting dalam siklus pendinginan. Namun, apa itu freon AC dan bagaimana freon bekerja? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Freon AC?

Freon adalah sejenis bahan kimia yang digunakan sebagai refrigeran dalam sistem pendinginan. Sebelumnya freon yang paling umum digunakan adalah CFC (Chlorofluorocarbon) dan HCFC (Hydrochlorofluorocarbon). Namun, karena dampak buruknya terhadap lapisan ozon, penggunaan CFC dan HCFC telah diatur dan dikurangi oleh Protokol Montreal.

Sebagai pengganti CFC dan HCFC, industri pendinginan beralih ke HFC (Hydrofluorocarbon) yang lebih ramah lingkungan karena tidak menyebabkan penipisan lapisan ozon. Meskipun begitu, HFCs masih memiliki dampak pemanasan global sehingga penggunaannya juga masih diatur.

Baca Juga: Kegunaan Freon pada AC

Apa Itu Freon AC: Cara Kerja Freon

Freon bekerja berdasarkan prinsip dasar termodinamika, proses ini melibatkan beberapa tahapan utama, yaitu:

1. Evaporasi

Tahap pertama, freon berada dalam bentuk cair dan memasuki kompresor dalam sistem AC. Di sini, freon dikompresi menjadi gas panas yang kemudian disalurkan ke kondensor.

2. Kondensasi

Di kondensor, gas panas yang dikompresi tadi bertemu dengan udara luar yang lebih dingin. Akibat perbedaan suhu, gas freon berubah kembali menjadi cairan dan melepaskan panas ke udara luar.

3. Ekspansi

Cairan freon yang sudah dingin kemudian mengalir melalui katup ekspansi yang mengurangi tekanan. Proses ini membuat freon menjadi lebih dingin dan siap untuk memasuki evaporator.

4. Evaporasi Kembali

Di evaporator, freon bertemu dengan udara dalam ruangan yang lebih hangat. Cairan freon menyerap panas dari udara dan menguap menjadi gas kembali, memungkinkan udara dalam ruangan menjadi lebih dingin.

Untuk mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan freon, salah satu langkah yang dapat diambil yaitu memastikan sistem AC diatur dan dirawat dengan baik. Cara tersebut dapat mengurangi kemungkinan kebocoran freon, sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dengan memahami apa itu freon AC dan cara kerja serta dampaknya pada lingkungan, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan oleh sistem pendinginan yang dihabiskan.

Mau order jasa service AC secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan