Apa Itu PK? Cara Menentukan untuk AC

jasa perbaikan ac

Ketika orang sedang berbicara tentang AC (Air Conditioner), istilah “PK” sering kali muncul. Sebenarnya, apa itu PK? Dalam artikel ini akan dibahas secara rinci apa yang dimaksud dengan PK pada AC dan bagaimana memilih PK yang tepat.

Apa itu PK?

“PK” pada AC merupakan singkatan dari “Panjang Kapasitas” atau sering juga disebut sebagai “Daya Pendinginan”. Istilah tersebut yaitu mengacu pada ukuran yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar kapasitas pendinginan dari sebuah unit AC.

Ukuran AC dinyatakan dalam satuan PK (Panjang Kapasitas) yang biasanya memiliki nilai dalam angka seperti 0.5 PK, 1 PK, 1.5 PK, 2 PK, dan seterusnya.

Bagaimana Memilih PK yang Tepat

AC yang sesuai dengan ukuran ruangan akan bekerja lebih efisien karena tidak akan terlalu sering dioperasikan dan tidak membutuhkan energi berlebih untuk mendinginkan ruangan. PK yang sesuai juga memastikan kenyamanan penghuni ruangan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menentukan PK AC yang tepat bagi ruangan Anda.

1. Ukur Luas Ruangan

PK AC yang Anda butuhkan sangat tergantung pada ukuran ruangan yang akan didinginkan. Menggunakan AC dengan PK yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan bisa berarti bahwa kinerjanya nanti akan kurang optimal. Hitung panjang dan lebar ruangan untuk mendapatkan luasnya dalam meter persegi. Setiap luas ruangan 10 m2 membutuhkan sekitar 0.5 PK.

2. Perhitungkan Faktor Lain

Selain ukuran ruangan, pertimbangkan juga faktor-faktor lainnya seperti jumlah orang yang berada di ruangan secara reguler, paparan sinar matahari, dan tingkat isolasi ruangan. Jika PK terlalu rendah, AC mungkin tidak bisa mencapai suhu yang diinginkan. Sementara jika PK terlalu tinggi, AC akan berjalan terlalu sering dan konsumsi energi akan meningkat.

Baca Juga: Tarif Jasa Service AC JABODETABEK Terbaru

3. Konsultasi dengan Ahli

Jika Anda masih merasa bingung, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli atau jasa perihal AC. Mereka bisa memberikan rekomendasi atau saran jenis AC dan besaran PK yang tepat untuk ruangan Anda.

Demikian penjelasan mengenai apa itu PK dan bagaimana menentukan PK AC untuk sebuah ruangan. Dengan memilih PK yang tepat, Anda dapat memastikan kinerja AC sudah optimal dan berperan dalam efisiensi energi.

Mau order jasa service AC secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan