Apa Penyebab Kulkas Mengembun?

penyebab-kulkas-mengembun

Penyebab kulkas mengembun dan cara mengatasinya.

Kulkas merupakan perangkat elektronik rumah tangga dengan nilai investasi yang besar dan menjadi kebutuhan mutlak dalam menyimpan berbagai jenis bahan makanan dan minuman.

Jika Anda membeli kulkas dengan model yang berkualitas tinggi sekalipun, umumnya kulkas tersebut bisa bertahan antara 10-15 tahun. Namun pada akhirnya semua kulkas akan mencapai akhir dari masa penggunaannya.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengenal tanda-tanda peringatan dari kulkas yang telah sekarat. Termasuk diantaranya penyebab kulkas mengembun. Anda pun bisa mempersiapkan diri untuk segera melakukan penggantian.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa tanda bahwa sudah saatnya untuk Anda mengganti kulkas yang dimiliki.

Beberapa Tanda Penyebab Kulkas Mengembun

1. Bagian belakang dari kulkas terasa panas

Dikarenakan letak motornya, bagian belakang dari kulkas umumnya memang terasa lebih hangat dibandingkan bagian depan maupun samping. Namun bila permukaan bagian belakang memancarkan panas dengan jumlah besar, kemungkinan motor bekerja terlalu panas.

Pertimbangkan menghubungi profesional untuk memperbaiki kulkas dengan usia kurang dari enam atau delapan tahun, khususnya bila masih dalam masa garansi. Anda pun bisa mengetahui penyebab pintu kulkas mengembun.

Akan tetapi bila kulkas berusia lebih tua, kemungkinan hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menggantinya. Mengingat untuk memperbaiki motor yang mengalami kerusakan juga bisa menghabiskan dana cukup besar, maka akan lebih baik bila Anda segera membeli kulkas baru.

2. Makanan rusak sebelum tanggal kadaluarsa

Tak ada orang yang mau berurusan dengan keju berjamur atau susu asam saat dikonsumsi. Kulkas usang yang memiliki daya di bawah standar bisa membuat makanan menjadi busuk sebelum tanggal kadaluarsa.

Sesuai standar keamanan pangan, bahan makanan yang mudah rusak harus disimpan dengan suhu 5 derajat celcius atau lebih dingin. Oleh karena itu, pertama cek knop pengatur suhu kulkas untuk memastikan pengaturannya sudah benar.

Bila tak ada yang salah dengan knop tersebut, mungkin kulkas milik Anda sudah waktunya harus diganti. Anda pun harus membeli kulkas dengan model terbaru.

Baca Juga: 5 Tips Cari Jasa Service Kulkas BSD

3. Kulkas tampak berembun

Kelebihan pengembunan atau kondensasi memperlihatkan bahwa kulkas Anda mempunyai kemampuan pendinginan yang tak memadai. Tentu Anda harus mencari cara mengatasi pintu kulkas mengembun.

Bila kelembaban hanya muncul pada bagian luar, cek segel pintu kulkas yang posisinya paling pinggir. Anda bisa mengganti sendiri segel yang rusak dengan mudah.

Bila segelnya tampak bagus, atau bila embun juga muncul pada bagian dalam kulkas, berarti suhu internal alat tak cukup dingin guna mencegah makanan menjadi busuk. Mungkin juga sudah saatnya untuk diganti.

4. Kulkas berbunyi keras

Kebanyakan kulkas berbunyi mendengung lembut, namun bila kulkas Anda belum lama ini mulai berdengung keras, kemungkinan motor kesulitan untuk bekerja optimal. Anda bisa mencoba cabut kulkas dan menghubungkan kembali pada stop kontak. Bila dengungan tak berhenti, kemungkinan kulkas Anda sekarat.

5. Terlalu tenang

Kulkas yang benar-benar tenang, ditambah makanan hangat, memperlihatkan kondisi kerusakan kompresor. Cabut kulkas dan colok kembali, kemudian periksa panel listrik rumah guna memastikan pemutus tak membalik.

Penyebab Kulkas Mengembun Pada Freezer

Freezer umumnya menghasilkan sedikit embun beku, yang bisa diatasi dengan mematikan freezer untuk membiarkan embun beku mencair.

Namun bila Anda seringkali harus memahat tumpukan es setiap mengambil makanan beku, berarti kulkas Anda tak efisien dan telah ketinggalan zaman.

Bila masalah penyebab kulkas mengembun tetap berlanjut, sudah waktunya menghubungi ahlinya, salah satunya melalui marketplace jasa se-Indonesia, Suwun. Yuk download aplikasi Suwun hanya di Suwun.co.id.

Artikel yang Direkomendasikan