Cara Pasang Parket Sendiri dengan Benar

cara-pasang-parket

Pemasangan parket khususnya kayu solid lebih rumit dibandingkan dengan jenis lantai lainnya sehingga biaya pemasangannya pun cukup mahal. Jika Anda berencana untuk lebih hemat, bisa memasangnya sendiri dengan mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Pelajari juga cara pasang parket sendiri yang benar seperti berikut.

Cara Pasang Parket Sendiri dan Peralatan yang Dibutuhkan

1.     Mempersiapkan bahan dan peralatan

Bahan parket kayu solid:

  • Parket kayu
  • Dempul kayu
  • Sanding sealer dan bahan finishing lainnya
  • Lem kayu

Peralatan:

  • Sapu
  • Gergaji
  • Scap
  • Lap
  • Benang
  • Roll cat
  • Paku
  • Amplas

 2.     Mempersiapkan lantai dasar

Lakukan pengukuran ketinggian lantai untuk disesuaikan dengan posisi pintu menggunakan benang. Perlu diingat bahwa ketinggian lantai nantinya akan bertambah setelah dipasang parket. Jadi pastikan ketinggiannya pas untuk nanti lantai parket yang dipasang tidak membuat pintu macet karena terganjal ketinggian lantai.

Kemudian ratakan permukaan lantai yang akan menjadi dasar pemasangan parket. Gunakan sapu untuk membersihkan lantai dari debu atau kotoran seperti remah-remah tembok lainnya. Pastikan lantai dasarnya bersih dan tidak ada cekungan di seluruh permukaan lantai.

3.     Cara pasang parket sendiri

Jika lantai sudah siap, maka saatnya untuk melumuri permukaan lantai dengan lem. Anda bisa memulainya dari bagian tengah kemudian pinggir. Tuang lem secukupnya, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Ratakan lem kayu pada lantai dasar sebelum dipasang parket.

Selanjutnya mulai memasang parket kayu satu persatu dengan memperhatikan sistem penguncian pada setiap lempengan parket. Di bagian sisi parket dapat diberi lem kayu untuk merekatkan satu lempengan dengan lempengan lainnya.

Pemasangan parket yang mudah bisa menggunakan teknik seperti menyusun batu bata dinding. Namun ada lagi metode pemasangan parket seperti mozaik dan herringbone. Pastikan penyusunan parket rapi mengikuti benang yang sudah dipasang.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik di Pasaran

4.     Finishing

Setelah pemasangan parket sudah selesai, maka lanjut ke proses finishing. Proses ini biasanya dilakukan pada hari berikutnya setelah semua lantai tertutup parket untuk menunggu lem benar-benar kering. Mulai dengan mengamplas permukaan lantai parket agar permukaan parket menjadi lebih halus.

Biasanya untuk pengamplasan menggunakan bantuan mesin yang disebut dengan sanding machine. Tips memasang parket di rumah agar hasilnya bagus, Anda harus memperhatikan pola dari serat kayu untuk pengamplasan. Lanjut ke tahap coating kayu yang terdiri dari base coat, main coat, dan top coat.

  • Base coat

Tahap ini dilakukan dengan pendempulan parket untuk menutup pori-pori kayu. Anda bisa melapisinya dengan coat menggunakan roll cat atau kape. Setelah itu, amplas lagi dan ulangi prosesnya hingga pori-pori kayu tertutup sempurna.

  • Main coat

Pada parket kayu yang memiliki pori-pori besar perlu dilapisi dengan main coat menggunakan bahan wood stain. Tunggu sekitar 20 menit dan ulangi proses pelapisan main coat hingga warna kayu bagus atau sesuai selera. Jika ingin warna berbeda dari warna alami kayu, bisa dilanjutkan dengan coloring.

  • Top coat

Terakhir adalah melapisi parket kayu dengan top coat sebagai lapisan pelindung untuk lantai parket. Coat ini warnanya bening dan akan membuat lantai Anda lebih glossy.

Itulah beberapa tahapan yang diperlukan untuk memasang parket. Cara pasang parket sendiri juga dilakukan dengan tahapan-tahapan yang sama seperti di atas. Jika Anda tidak bisa pasang atau tidak memiliki peralatannya, bisa menggunakan jasa pasang parket.

Dimana mendapatkan jasa pasang parket yang bagus? Anda bisa mencarinya di Suwun.co.id dengan mengisi kolom pencarian sesuai layanan jasa yang dibutuhkan. Nanti akan dimunculkan beberapa pilihan yang relevan. Jangan lupa download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan