Inilah 5 Jenis Serangga di Kasur yang Berbahaya

serangga-kasur

Seperti yang kita ketahui, ada banyak serangga di sekitar kita, termasuk kasur yang sering kita tempati untuk tidur. Banyaknya serangga di kasur tidak hanya membuat kita merasa kurang nyaman, namun ternyata juga begitu membahayakan kesehatan.

Jenis Serangga di Kasur yang Berbahaya

Ada banyak serangga yang berkeliaran di kasur. Terlebih jika tidak dijaga kebersihannya, maka ada banyak serangga berbahaya yang nampak maupun tidak kasat mata seperti berikut.

1. Kutu kasur

Atau yang juga seringkali disebut dengan tungau. Tungau banyak muncul di kasur yang tidak terjaga kebersihannya. Mirip seperti kutu kepala, tungau dapat bertahan hidup dan berkembang biak dengan memakan sel kulit mati.

Dibandingkan dengan kutu kepala, ukuran tungau ini sangat kecil. Tidaklah mengherankan jika jenis kutu ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti dermatitis atau alergi. Dengan demikian, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan kasur secara rutin untuk membersihkan serangga yang sering ada di kasur.

2. Bed bug (serangga di kasur)

Sesuai namanya, serangga ini banyak hidup di area tempat tidur. Biasanya, bed bugs menyebar dari hewan peliharaan yang kurang terawat. Serangga ini juga sangat berbahaya karena dapat menghisap darah manusia.

Ada beberapa penyebab yang membuat serangga kasur bisa muncul, tidak hanya dari hewan, namun juga dari faktor manusia maupun lingkungan sekitar. Faktor yang berasal dari manusia biasanya berupa serpihan kulit mati yang menjadi makanan serangga tersebut, namun juga ada faktor lingkungan seperti kondisi kamar yang lembab dan kurang bersih.

Secara fisik, serangga penghisap darah di kasur ini berukuran lebih besar dari kutu dengan jangka waktu perkembangbiakan yang lebih cepat. Itulah mengapa, serangga ini sangat berbahaya dan wajib diwaspadai.

3. Flea

Jika melihat dari jenisnya, flea masih satu kerabat dengan serangga berbahaya lainnya seperti bed bugs bahkan tomcat. Cara hidupnya juga tidak jauh berbeda karena dapat menghisap darah binatang maupun manusia. Bahkan flea ini bisa menyebabkan beberapa penyakit karena gigitannya.

Adapun ciri kehadiran flea ini bisa dilihat dari bercak hitam pada permukaan kasur. Bercak hitam ini merupakan kotoran serangga kecil yang telah mengering. Adapun cara menghilangkan serangga di kasur bisa dilakukan dengan selalu rutin untuk membersihkan alas tidur atau karpet yang biasa dijadikan sarang berkembangbiak.

Baca Juga: Jasa Service Spring Bed Terbaik

4. Serangga putih kecil

Hewan serangga putih kecil di kasur yang satu ini juga kerap ada di beberapa bagian kasur. Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu kelihatan, namun serangga ini bisa membuat kulit terasa gatal dan iritasi. Untuk mengatasinya, tidak lain yakni dengan rutin membersihkan dan menjemur kasur secara berkala.

5. Sarcoptes Scabiei

Selama ini kita mengenal scabies hanya dapat menyerang hewan peliharaan, padahal scabies juga dapat menyerang manusia serta senang tinggal di tempat seperti kasur. Ukurannya yang kecil juga dapat menembus kulit, bahkan dapat bertelur dalam kulit manusia.

Itulah beberapa serangga di kasur yang tidak hanya mengganggu kenyamanan namun juga sangat membahayakan kesehatan. Serangga ini juga dapat berpindah secara mudah antarmanusia. Jika tidak ditangani dengan baik, masalah kulit akan cepat menyebar bahkan menimbulkan efek serius.

Kalau Anda kesulitan untuk melakukan pembersihan dan perawatan kasur, gunakan saja jasa profesional dari Suwun.co.id. Dengan adanya jasa profesional ini, tentu Anda tidak lagi kebingungan dengan beragam jenis serangga yang mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Artikel yang Direkomendasikan