7 Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor saat Musim Hujan

cara-mengatasi-atap-bocor

Cara mengatasi atap bocor memang tak mudah, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan atap dan cara pemasangannya, terlebih lagi saat musim hujan seperti saat ini.

Memasuki musim penghujan, salah satu masalah yang biasa terjadi di rumah adalah terjadinya kebocoran di bagian atap. Kalau sudah begitu membuat sebagian orang repot karena harus menyiapkan beberapa alat ‘tempur’ untuk menampung kebocoran air dan memindahkan barang-barang yang ada di bawahnya. Yuk, simak beberapa penyebab atap rumah bocor dalam artikel ini.

Mengidentifikasi Penyebab Atap Rumah Bocor

Sebelum kita membahas solusi, penting untuk mengidentifikasi penyebab umum atap rumah bocor:

  1. Bahan Atap yang TuaAtap yang sudah tua rentan terhadap kebocoran. Pastikan untuk memeriksa kondisi atap secara berkala.
  2. Jenis Cuaca EkstremHujan deras dan cuaca ekstrem lainnya dapat menyebabkan atap bocor. Pertimbangkan peningkatan perlindungan atap Anda.
  3. Kerusakan StrukturalKerusakan struktural pada atap dapat menjadi penyebab utama kebocoran. Perbaiki segera setelah terdeteksi.

Solusi Langkah demi Langkah

1. Pemeriksaan Rutin dan Perawatan

Lakukan pemeriksaan rutin pada atap Anda untuk mendeteksi potensi masalah sejak dini. Perawatan preventif dapat mencegah atap bocor.

2. Pemilihan Material Atap yang Berkualitas

Investasikan dalam material atap yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Pilih bahan yang tahan terhadap cuaca ekstrem.

3. Pemasangan Pelapis Anti-Bocor

Pelapis anti-bocor dapat menjadi solusi efektif untuk mencegah kebocoran. Pastikan untuk memilih produk yang direkomendasikan.

4. Penanganan Cepat Terhadap Kerusakan

Jika terdapat kerusakan, tindakan cepat diperlukan. Panggil profesional untuk memperbaiki atap dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Selain dapat membuat rumah kita ‘kebanjiran’, atap bocor secara berkala juga dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur seperti lemari, kursi atau perabotan berbahan kayu lainnya.

Jadi, jangan pernah sepelekan soal atap bocor ini ya karena pengaruhnya pasti akan sangat menjengkelkan dan membuat perasaan tak karuan!

Baca Juga: Cara Menghitung Atap Rumah Limas

7 Tips Mengatasi Atap Rumah Bocor dengan Mudah

Sekarang, kami akan membagikan beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk memastikan atap terbebas dari bocor dan rembes. Untuk selengkapnya, simak artikel di bawah ini, ya!

1. Perbaiki Atap yang Rusak

Tips pertama, silahkan periksa kondisi atap rumahmu dan pastikan tidak mengalami kerusakan ataupun pelapukan akibat usia yang dapat menyebabkan rembes. Idealnya, kondisi genteng di atap rumahmu berada dalam kondisi yang prima dan kokoh serta merekat secara kuat pada rangka agar tak mudah lepas akibat angin kencang.

Pastikan kondisi atap rumah diperiksa secara rutin. Atap yang sudah mengalami kerusakan dapat mengakibatkan rembes dan bocor sehingga mengganggu kamu yang sedang beristirahat.

2. Hindari Menanam Pohon Dekat Atap Rumah

Hal ini sepele, tapi nyatanya menanam pohon terlalu dekat dengan atap rumah akan memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah lho.

Penyebabnya adalah pohon yang lama kelamaan tumbuh besar dan berbuah banyak, pasti akan merusak atap jika ditanam terlalu dekat dengan rumah.

Tentunya jika tertiup angin ranting yang tumbuh menjuntai ke atap rumah akan bergerak-gerak, maka membuat atap menjadi bergeser dari tempat semula. 

Bahkan buahnya pun akan jatuh ke bagian atap rumah yang bisa membuat retakan. Itulah kenapa sebaiknya nggak menanam pohon di dekat atap yang tak lain dapat memicu terjadinya kebocoran.

3. Gunakan Water Proofing

Perubahan cuaca setiap tahunnya tentu dapat menyebabkan atap rumah kita cepat bocor. Untuk itu, kita harus sering mengecek atap kita dan tidak lupa mengaplikasikan water proofing.

Sederhananya, water proofing berguna untuk menambal kebocoran yang terjadi pada atap rumah agar tak bermasalah lagi. Bagian atap bocor dapat ditambal dengan water proofing karena cat ini mengandung liquid yang anti-air sehingga air tidak rembes.

4. Membersihkan Sampah di Atap Rumah

Coba deh cek atap rumah, pastinya ada sampah daun kering dan ditemukan  menyangkut di bagian aliran air. Jika hal ini terjadi, maka itulah salah satu yang memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah.

Sebab daun kering yang menumpuk di bagian atap akan menghambat jalannya aliran air, sehingga air hujan akan menggenang. Genangan air inilah yang nantinya menimbulkan terjadinya kebocoran. Sebaiknya kamu rajin membersihkan bagian atap ya.

5. Perhatikan Kemiringan Atap

Atap rumah biasanya didesain miring agar aliran air hujan dapat lancar turun ke bawah. Karena itu, jika atap rumah kamu agak landai dan datar, hal itu dapat menyebabkan kebocoran atap lantaran air hujan melambat dan mampu menggenangi beton. Untuk itu, perhatikan kemiringan atap yang biasanya berkisar antara 30-40 derajat.

Tak cuma itu, kurangi pula sambungan atap karena ini juga berpotensi menyebabkan kebocoran. Jika saat pembangunan hal ini sudah diatur dengan matang, selanjutnya kamu bisa jadi lebih tenang.

6. Pasang Talang Atap Secara Optimal

Untuk meminimalisir rembes dan bocor, pilih ukuran dan bentuk talang air pada pinggir atap yang sesuai dengan debit air. Selain itu, minimalisir sambungan talang atap karena berpotensi meningkatkan rembes dan bocor, serta lakukan pembersihan talang atap secara rutin karena tumpukan sampah bisa menghambat saluran air.

7. Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah

Sistem ventilasi udara yang kurang baik menyebabkan atap lebih cepat mengalami keropos dan rembes. Jika sirkulasi udara di rumahmu kurang optimal, kamu bisa menambahkan sebuah jendela pada sisi atap atau pada bagian bawah genting supaya kerangka atap tetap kering. Dengan pembuatan ventilasi yang optimal, sirkulasi udara tetap lancar dan atap tidak terancam rembes.

Seringkali banyak orang dipusingkan dengan intensitas kebocoran atap yang terlalu banyak. Dengan 7 cara di atas bisa kamu terapkan ya.

Booking jasa Perbaikan Atap atau Roofing untuk Atap Bocor Anda melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan