Cara Menghitung Atap Rumah Limas dengan Tepat dan Mudah

cara-menghitung-atap-rumah

Bentuk atap rumah tentu bermacam-macam sesuai dengan desain yang diinginkan oleh pemilik rumah. Jika dulu bentuk atap rumah hanya ada satu bentuk misalnya pelana, kini kemajuan di bidang arsitektur membuat bentuk atap rumah semakin beragam.

Misalnya bentuk atap rumah limas dengan cara menghitung atap rumah limas, atap rumah sandar, atap rumah datar dan berbagai bentuk atap rumah lainnya. Untuk menentukan jumlah genteng yang sesuai, perlu dilakukan perhitungan terlebih dahulu terhadap tinggi dan luas atap rumah.

Atap rumah limas sendiri memiliki empat bagian yang saling terhubung oleh masing-masing sisinya, dua buah bidang pertama berbentuk segitiga yang disatukan oleh sebuah garis jural, kemudian untuk dua buah bidang kedua berbentuk trapesium yang ujungnya bertemu di bubungan bagian atas.

Kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara menghitung atap rumah limas dengan langkah yang cukup mudah. Simak baik-baik cara menghitungnya, ya!

Cara Menghitung Luas Atap Rumah Limas

Agar ukuran atap rumah limas Anda tepat, perlu perhitungan yang akurat. Ada empat bagian yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perhitungan atap rumah limas.

1. Dua bagian berbentuk segitiga

Bidang segitiga memiliki tiga sisi yang memiliki alas dan tinggi. Untuk dua bidang ini akan kita tandai sebagai bagian A dan B.

2. Dua bagian berbentuk trapesium

Bidang trapesium memiliki dua sisi sejajar yang tidak sama panjang yang memiliki alas dan tinggi. Dua bidang ini akan kita sebut sebagai bagian C dan D.

Baca juga: Tips Melakukan Renovasi Atap Rumah Hemat Anggaran

Menghitung Atap Rumah Limas Dari Segi Tinggi dan Luas Atap

Tentu saja sebuah bentuk bisa disebut bidang harus memiliki luas dan tinggi, termasuk atap rumah limas. Untuk hitung keseluruhan dari empat bidang yang kami sebutkan sebelumnya, Anda harus hitung luas dan tinggi atap rumah limas. Berikut cara menghitungnya.

1. Tinggi Atap Rumah Limas

Cara menghitung tinggi atap rumah limas Anda bisa melihat sisi samping segitiga yang diukur lurus dari sisi alas ke sudut runcing di bagian atas. Sedangkan untuk tinggi trapesium, Anda bisa mengukur dari pertemuan titik sudut sisi sejajar yang tidak sama panjang.

2. Cara Menghitung Atap Rumah Limas Berupa Luas

Cara menghitung luas atap limas bisa Anda lakukan pertama-tama dengan menghitung dua bidang segitiga. Masing-masing bidang bisa dihitung dengan rumus atap limas yang sama.

Luas A = (a×t)/2 dan Luas B = (a×t)/2, artinya alas dikali tinggi lalu dibagi dua.

Lalu untuk luas dua bidang trapesium, Hitung masing-masing bidang dengan rumus atap limas yang sama.

Luas C = ((s+s)/2)×t dan Luas D = ((s+s)/2)×t, artinya jumlahkan sisi sejajar dibagi dua kemudian dikali tinggi.

Untuk mendapatkan luas atap rumah limas, jumlahkan semua hasil dari perhitungan keempat bidang A, B, C, dan D. Maka sudah bisa didapatkan hasil dari luas atap rumah limas milik Anda.

Tentunya perhitungan ini penting agar bisa menyesuaikan kebutuhan genteng atap rumah Anda. Cara hitung atap rumah limas tadi cukup mudah, bukan? Jadi, pastikan perhitungan Anda benar agar tidak kekurangan material, ya!

Jika Anda bingung menemukan jasa renovasi atap rumah, ayo kunjungi Suwun.co.id dan pilih layanan yang Anda butuhkan. Untuk pengalaman lebih menarik, Suwun juga menyediakan aplikasi yang bisa Anda unduh melalui Play Store atau App Store. Anda pun bisa langsung menghubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan