Cara Memulai Usaha Jasa Laundry bagi Pemula

jasa-laundry

Bagaimana cara memulai usaha jasa laundry bagi pemula? Yuk, simak di sini!

Usaha laundry adalah sebuah usaha dalam bidang jasa. Bentuk jasa yang ditawarkan adalah mencucikan pakaian atau barang-barang lainnya yang umum digunakan oleh konsumen.

Usaha laundry sendiri lahir dari seorang imigran Tiongkok di Amerika Serikat pada abad ke-19. Pada masa itu, imigran asal Tiongkok memang banyak yang berdatangan ke Amerika Serikat untuk mencari kehidupan yang lebih baik. 

Pada awal berdirinya, usaha laundry di Amerika Serikat ini masih secara manual, yaitu dengan tangan. Seiring waktu, teknologi sudah berkembang, usaha laundry pun sudah menggunakan mesin cuci hingga saat ini.

Kini, usaha laundry bukan hanya soal pakaian saja. Perlengkapan rumah, sepanjang itu terbuat dari kain, pun bisa diterima oleh usaha laundry. Itu termasuk sprei, sarung bantal, selimut, tirai, sajadah, taplak meja, tas, dan masih banyak lagi.

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Ingin memiliki bisnis yang tidak menuntut banyak skill dan ramah untuk pemula maka usaha laundry adalah pilihannya. Skala bisnis ini bisa dijalankan mulai level rumahan sehingga relatif mudah direalisasikan. Meskipun bisnis ini terlihat sederhana, namun bisnis ini tetap beresiko jika cara memulainya tanpa perencanaan yang matang.

Tips Memulai Usaha Laundry

Strategi Bisnis Laundry bagi Pemula dengan Omzet Menguntungkan

Jauh sebelum memulai bisnis laundry, dibutuhkan tahapan riset dan penentuan strategi untuk bisnis tersebut. Berikut ini merupakan urutan cara yang akan memudahkan Anda mendirikan bisnis laundry, yaitu:

A. Menghitung Kebutuhan Modal

Membuka bisnis dengan cara riset terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam menghitung berapa kebutuhan modal. Modal usaha laundry bukan hanya berupa mesin cuci dan setrika, banyak faktor lain yang sebenarnya sulit terlihat jika tidak detail melihat bisnis ini.

Beberapa faktor yang menentukan banyaknya modal, yaitu sewa tempat, gaji karyawan, dan beberapa peralatan penunjang lainnya. Setelah semua faktor modal diketahui maka ini akan memudahkan opsi pembiayaan bisnis Anda. Apakah budget pribadi Anda sudah cukup atau perlu menggunakan dana pinjaman.

B. Menentukan Lokasi Usaha

Pentingnya Penentuan Lokasi Bisnis - bernas.id

Salah satu faktor penting yang menentukan sukses dan tidaknya bisnis laundry adalah strategi lokasi. Salah menentukan lokasi akan membuat bisnis Anda sepi pelanggan dan akhirnya cepat gulung tikar.

Sebelum menentukan lokasi bisnis, Anda harus paham mengenai siapa target market Anda. Siapa kira-kira masyarakat yang membutuhkan dan menggunakan jasa laundry?

Mahasiswa, pekerja kantoran, dan rumah tangga adalah market utama Anda. Oleh karena itu, pilihlah lokasi bisnis yang dekat dengan kos-kosan tempat tinggal mereka. Tujuannya agar mudah dijangkau dan ditemukan oleh mereka.

C. Mengamati Kompetitor

Usaha jasa laundry bukanlah ide bisnis baru. Bisnis ini sudah tersebar luas, bisa jadi keberadaannya sudah ada di sekitar Anda. Oleh karena itu, pada saat Anda menentukan titik lokasi bisnis ini maka hal yang Anda lakukan adalah mengamati apakah ada kompetitor di sekitar Anda.

Baca Juga: Jasa Service Kulkas Terdekat

Tidak ada kompetitor akan membuat peluang Anda semakin mulus. Jika kompetitor sudah terlebih dahulu menguasai tempat itu maka Anda butuh strategi marketing yang tepat agar bisa bersaing. Amati apa saja pelayanan yang diberikan oleh kompetitor Anda, mulai dari harga, pelayanan, dan marketingnya.

D. Penentuan Harga

Dengan adanya kompetitor di sekitar, setidaknya Anda akan tahu berapa harga pasaran untuk usaha laundry kiloan. Harga pasar akan membantu dalam menentukan strategi harga di bisnis Anda. Beberapa faktor yang menentukan harga adalah membeli peralatan atau modal awalnya, biaya sewa, gaji karyawan, beban listrik,  dan perawatan peralatan.

Setelah menghitung semua faktor harga tersebut lalu bandingkan dengan harga pasar. Jika harga  pasar masih memberikan profit maka Anda bisa bersaing di harga tersebut. Bisa juga memasang harga lebih mahal asalkan memberikan tambahan pelayanan yang lebih baik.

E. Buat Standar Pelayanan yang Memuaskan

Tertarik Bisnis Laundry, Pahami Dulu 5 Hal Ini | Dream.co.id

Harga murah bukalah satu-satunya untuk memenangkan persaingan antar laundry. Justru pelayanan yang memuaskan tetap memberikan peluang untuk menarik pelanggan meskipun harga lebih mahal.

Untuk menghadirkan pelayanan yang memuaskan, Anda perlu mengedukasi karyawan bagaimana cara mencuci yang benar sesuai jenis kainnya. Customer service juga perlu belajar bagaimana menangani komplain pelanggan. Selain itu, Anda juga butuh prosedur bagaimana mencegah terjadinya masalah yang sering dialami laundry, seperti pakaian tertukar, rusak, dan hilang.

Untuk meningkatkan pelayanan, berikan jaminan atas kesalahan yang dilakukan oleh bisnis laundry Anda. Contohnya mengganti kerugian pelanggan dengan kompensasi berupa uang atau memberikan gratis laundry untuk berapa kali.

F. Tentukan Strategi Marketing

Strategi marketing penting agar bisnis Anda dikenal oleh pelanggan. Strategi marketing awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyebarkan brosur ke lokasi tempat tinggal target market Anda.

Anda tahu bahwa market Anda kebanyakan adalah pengguna smartphone yang aktif di dunia online. Melihat kondisi ini maka Anda perlu memasukkan strategi online marketing ke bisnis Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa ditemukan secara online oleh pelanggan di sekitar Anda.

Anda bisa memasang jasa laundry anda di Aplikasi Suwun yang merupakan aplikasi marketplace jasa. Aplikasi ini membantu mempertemukan customer yg ingin mencari jasa dengan para penyedia jasa.

Yuk, cari jasa laundry di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan