Peta Pembagian Waktu Indonesia Sesuai Letak Astronomi

peta-pembagian-waktu-indonesia

Ketika Anda mempelajari ilmu geografi, biasanya akan mempelajari bab tentang peta pembagian waktu Indonesia. Seperti yang diketahui, negara Indonesia memiliki tiga zona waktu yang terbagi sesuai dengan pembagian wilayah sekaligus jarak antar provinsi yang ada.

Indonesia memiliki letak geografis pada garis bujur yang kemudian berdampak pada daerah yang satu dengan yang lainnya memiliki jeda waktu sekitar satu jam.

Dalam artikel berikut Kita akan mengulas secara lengkap tentang pembagian waktu yang ada di negara Indonesia.

Gambar Peta Pembagian Waktu Indonesia

Negara Indonesia memiliki lokasi astronomi yang ada di antara 96° BT hingga 141° BT yang kemudian sesuai dengan garis bujur tersebut dipakai untuk menghitung adanya perbedaan waktu sesuai dengan jarak tempuh bumi berotasi pada porosnya yaitu sekitar 24 jam. Anda bisa mendapatkan gambar peta pembagian waktu di Indonesia di atlas peta dunia atau mengaksesnya via internet.

Di bawah ini adalah daftar peta pembagian waktu Indonesia sesuai dengan zona waktu yang dimilikinya.

1. Peta Pembagian Waktu Indonesia: WIB atau Waktu Indonesia Barat

Untuk wilayah ini berada di garis 105° yang memiliki patokan pada GMT dengan jeda waktu sekitar 7 jam. Zona waktu ini sama dengan yang ada di area negara kawasan Asia Tenggara yaitu negara Thailand.

Zona WIB sendiri memiliki jeda waktu sekitar 1 jam lebih lambat daripada zona WITA dengan wilayah meliputi Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jakarta, Banten, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

2. WITA atau Waktu Indonesia Tengah

Untuk peta pembagian waktu Indonesia di zona waktu ini mempunyai jeda waktu sekitar 1 jam lebih cepat daripada zona waktu WIB, lebih tepatnya dengan perbedaan waktu selama 8 jam dengan GMT. Untuk wilayah yang termasuk ke dalam zona WITA ini adalah Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, NTB, NTT, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Baca juga: Konsultan Warisan dan Bantuan Hukum Pembagian Warisan

3. WIT atau Waktu Indonesia Timur

Kemudian zona waktu yang berikutnya adalah zona WIT yang mempunyai perbedaan waktu sekitar 2 jam dengan WIB atau satu jam lebih cepat daripada WITA. Untuk wilayah yang termasuk ke dalam zona ini adalah yang ada di lokasi garis 135° BT. Daerah yang masuk ke dalam zona ini diantaranya adalah Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, Papua, Maluku Utara dan Maluku.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengambil peta Indonesia dan pembagian waktu untuk negara Indonesia sehingga bisa melihat jarak serta lokasi yang dimiliki masing-masing zona yang disebutkan di atas.

Ketahui Manfaat dari Pembagian Zona Waktu

Penting untuk diketahui bahwa adanya peta pembagian waktu Indonesia bertujuan untuk bisa menyediakan waktu di seluruh dunia sesuai dengan zona wilayah yang dimilikinya. Dengan menggunakan metode tersebut, ditemukan cara yang jauh lebih praktis dan mudah untuk bisa melakukan perhitungan jam yang ada di setiap tempat sesuai kebutuhan.

Kemudian karena adanya perubahan waktu yang disesuaikan dengan wilayah yang ada di dunia tepatnya di lokasi Kita berada, bisa terjadi sebuah fenomena yang disebut dengan Jet Lag. Yang umumnya cukup memberikan pengaruh pada kehidupan sehari-hari pada mereka yang sering mengalaminya seperti pada profesi pilot dan pramugari.

Itulah ulasan singkat tentang peta pembagian waktu Indonesia yang ada di negara Indonesia dan keterangan wilayah yang termasuk ke dalam 3 zona tersebut. Semoga bisa membantu Anda untuk lebih mengenal tentang pembagian waktu sesuai daerahnya yang berlaku di Indonesia.

Nah, setelah mengetahui pembagian waktu di Indonesia, Anda dapat melakukan traveling dengan nyaman dan sesuai jadwal sekarang. Dapatkan jasa travel maupun tour yang nyaman dan menyenangkan hanya di Suwun.co.id.

Dengan jasa tour yang terpercaya, Anda bisa melakukan perjalanan sesuai dengan zona waktu yang dimiliki negara tujuan sehingga terhindar dari resiko jetlag. Unduh segera aplikasi Suwun di ponsel Anda untuk mendapatkan fitur dan layanan lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan