Tips Memilih Ukuran AC Ruangan Sesuai Kebutuhan

AC merupakan salah satu alat elektronik yang dimanfaatkan oleh banyak orang bahkan jadi perangkat elektronik yang wajib ada di dalam rumah dan bagi Anda yang ingin memilih size AC ruangan, simak tipsnya berikut ini. 

Saat memilih AC perlu mempertimbangkan beberapa hal dan salah satunya adalah memilih ukurannya secara tepat. Pemilihan size AC untuk sebuah ruangan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Berbicara mengenai ukuran pasti ada hubungannya dengan kondisi udara dan hal ini tidak mengadu dengan dimensi fisik dari AC tersebut. 

Sebaliknya, bisa mengacu pada kapasitas pendinginan dan diukur dengan satuan British Thermal Units atau BTU. BTU tersebut merupakan hitungan berapa PK AC yang perlu Anda pilih dengan menggunakan rumus ruangan pada meter persegi.

Tips Memilih AC Ruangan dengan Tepat

Tips dalam menentukan ukuran AC pada ruangan sesuai dengan besaran PK AC adalah:

1. AC ½ PK

Ada beberapa ukuran PK AC yang tersedia dan biasanya digunakan sebagai acuan untuk menentukan sesuai dengan besar ruangannya. AC dengan ½ PK biasanya sama dengan 5000 BTU. Ukuran AC ini biasanya cocok untuk ruangan 10 meter persegi. AC untuk ruangan kamar dengan ukuran sedang bisa menggunakan AC ½ PK yang satu ini agar lebih efisien.

2. AC ¾ PK

AC dengan ukuran ¾ PK sama dengan 7000 BTU dan biasanya lebih cocok untuk ukuran ruangan 14 meter persegi. Biasanya jenis ruangan, seperti ruang tamu, keluarga dan ruangan lainnya yang cukup besar bisa menggunakan AC 3/4 PK.

3. AC 1 PK

AC dengan ukuran 1 PK sama dengan 9000 BTU dan biasanya lebih cocok untuk size ruangan 18 meter persegi. Bagi Anda yang penasaran berapa ukuran AC untuk ruangan kantor yang tepat bisa menggunakan AC 1 PK, khususnya untuk ukuran ruangan kantor yang tidak terlalu besar.

Baca juga: 8 Tips Memilih AC Rumah yang Tepat Sesuai Kebutuhan

4. AC 1 ½ PK

AC dengan ukuran 1 ½ PK sama dengan 12.000 BTU dan biasanya lebih cocok untuk size tempat 24 meter persegi. AC untuk ruangan yang ini lebih cocok untuk jenis ruangan yang cukup besar, seperti kantor hingga ruang meeting.

5. AC 2 PK

AC dengan size 2 PK sama dengan 18.000 BTU dan biasanya lebih cocok untuk ruangan 36 meter persegi. Size ruangan yang besar seperti kantor sangat cocok menggunakan AC 2 PK agar lebih efisien.

Nah, itulah beberapa cara memilih ukuran AC sesuai dengan kebutuhan yang bisa Anda perhatikan.

Pemilihan Ukuran AC Ruangan

Sejumlah orang menganggap AC lebih besar bisa membuat ruangan dingin lebih cepat. Namun, sebenarnya hal ini salah sebab selain bisa mendinginkan udara, AC juga bisa mengeluarkan kelembapan udara yang membuat kita merasa panas dan juga lengket. Meski udaranya lebih dingin, apabila AC tidak dapat beroperasi lama, maka kelembaban tidak bisa dikeluarkan dengan benar.

AC yang terlalu besar ukurannya juga kerap terjadi siklus hidup dan mati serta mempunyai tagihan listrik lebih besar. Hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah umumnya AC dipasang di ketinggian 2,5 sampai 3 meter pada dinding. AC yang diletakkan pada titik yang lebih tinggi, maka bisa memberikan udara dingin ke semua bagian ruangan.

Nah, itulah beberapa cara memilih ukuran AC ruangan yang tepat. Bagi Anda yang membutuhkan jasa pemasangan AC bisa mencari jasanya di  Suwun.co.id agar bisa mendapatkan jasa pemasangan AC yang tepat.

Suwun juga memiliki aplikasi yang bisa Anda download dengan mudah. Segera download aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store sekarang juga.

Artikel yang Direkomendasikan